Langkah-Langkah Indosat Ooredoo Hutchison Lindungi Data Pribadi Pelanggan

Indosat Ooredoo Hutchison memahami keamanan data jadi aspek penting dalam layanan mereka. Berikut adalah berbagai langkah perusahaan melindungi keamanan data pribadi dan memastikan seluruh instrumen perusahaan turut melindungi data pribadi.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 03 Sep 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 15:00 WIB
IDCamp 2022 Siapkan Talenta Digital Berkelas Dunia
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha (Liputan6.com/HO/Rizki)

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menegaskan komitmen perusahaan untuk melindungi data pribadi pelanggan. Indosat bukan hanya menyediakan layanan yang bisa menghubungkan dan memberdayakan masyarakat, tetapi juga berkomitmen menjaga keamanan dan privasi pelanggan.

 Presiden Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyebut, perusahaan yang dipimpinnya itu punya misi besar untuk menghubungkan dan memberdayakan melalui teknologi digital.

"Namun, kami juga memahami bahwa keamanan data pribadi adalah fondasi dari kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memastikan menjaga standar tertinggi dalam perlindungan data," kata Vikram, dalam keterangan Indosat Ooredoo Hutchison.

Vikram menyebutkan, wujud dari komitmen melindungi data pribadi pelanggan adalah dengan berbagai inisiatif dan layanan yang diimplementasikan. Baik di internal maupun bagi pelanggan.

Indosat, melalui brand IM3 memperkenalkan IMSecure. Ini merupakan solusi keamanan data yang dirancang untuk melindungi pelanggan dari berbagai ancaman digital.

Melalui IMSecure, pelanggan IM3 mendapatkan perlindungan komprehensif terhadap ancaman seperti pencurian identitas dan serangan siber.

Adapun teknologi keamanan IMSecure dikembangkan melalui kolaborasi dengan perusahaan global yang memiliki pengalaman dalam keamanan digital. Hal ini untuk memastikan bahwa standar perlindungan yang diterapkan adalah yang terbaik di industri.

IMSecure tidak hanya melindungi pelanggan, tetapi juga menjadi bagian dari misi Indosat dalam memberdayakan masyarakat melalui digitalisasi yang merata dan aman.

Indosat menyadari, dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang terhubung ke dunia digital, perlindungan data pribadi menjadi semakin krusial.

Sekadar informasi, IMSecure hadir sebagai solusi yang menjawab kebutuhan tersebut. Solusi ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati manfaat digitalisasi tanpa harus mengorbankan keamanan data pribadi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sesuai Ketentuan PDP

Indosat Ooredoo Hutchison
Logo Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat juga meluncurkan berbagai inisiatif yang bertujuan memperluat perlindungan data pribadi sesuai ketentuan Pelindungan Data Pribadi.

Termasuk di antaranya, Indosat mengimplementasikan program kesadaran privasi data. Program ini mencakup pelatihan dan sosialisasi terkait Undang-Undang PDP kepada seluruh karyawan.

Tujuan dari program ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh tim memahami dan mematuhi aturan yang berlaku dalam mengelola data pribadi pelanggan.

Selain itu, Indosat juga telah melakukan pemetaan jenis data dan penilaian kesesuaian dengan PDP. Inisiatif ini penting sebagai bagian dari upaya Indosat mematuhi undang-undang terkait.

Dalam hal ini, Indosat melakukan pemetaan jenis data yang dikumpulkan dan diproses. Selanjutnya, perusahaan juga menentukan dasar hukum pengolahan data tersebut.

Hasil pemetaan ini kemudian dibandingkan dengan ketentuan dalam PDP untuk memastikan bahwa seluruh proses pengolahan data sesuai dengan regulasi yang berlaku.


Pengelolaan Data Pribadi hingga Penghapusan Data

Indosat Ooredoo Hutchison 5G Partner Formula E Jakarta 2022
IOH bersama mitra strategisnya Ericsson, akan menghadirkan layanan 5G di sekitar lokasi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). (Foto: Corpcomm Indosat Ooredoo Hutchison).

Lebih lanjut, Indosat juga telah mengembangkan kebijakan dan prosedur teknis yang mencakup seluruh aktivitas terkait pengelolaan data pribadi.

Hal ini mulai dari pengumpulan, pembagian, hingga mekanisme penghapusan data. Kebijakan ini dirancang untuk meminimalkan risiko pelanggaran data dan memastikan integritas data pelanggan.

Untuk memastikan bahwa tidak terjadi pelanggaran data, Indosat telah mengimplementasikan sistem dan alat perlindungan data yang canggih.

Sistem ini dirancang untuk mengelola kepatuhan terhadap PDP dan melindungi data pribadi dari ancaman keamanan, termasuk saat menggunakan layanan pihak ketiga.

 

 


Edukasi akan Pentingnya Data Pribadi

Presdir & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha memberikan sambutan di peluncuran program Pemberdayaan Perempuan Indosat SheHacks 2024
Presdir & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha memberikan sambutan di peluncuran program Pemberdayaan Perempuan Indosat SheHacks 2024 (Foto: Corpcomm Indosat Ooredoo Hutchison)

Dalam konteks pemerataan digitalisasi, Indosat juga menekankan pentingnya membangun kepercayaan di ekosistem digital.

Melalui IMSecure dan berbagai inisiatif literasi digital, Indosat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan data pribadi.

Program edukasi yang diluncurkan mencakup panduan untuk mengenali dan menghindari ancaman digital, seperti phishing dan malware, serta langkah-langkah untuk menjaga privasi online.

“Kami menyadari, keamanan adalah kunci dari keberlanjutan dan kepercayaan dalam ekosistem digital. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam perlindungan data pribadi, memastikan bahwa setiap orang yang terhubung melalui jaringan kami dapat melakukannya dengan aman dan penuh keyakinan,” kata Vikram.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya