Pecahkan Rekor Penjualan, Windows Phone Nokia Makin Bertaring

Nokia telah menjual 8 juta unit sepanjang kuartal ketiga tahun 2013 lalu dan menjadi rekor baru penjualan Lumia.

oleh Denny Mahardy diperbarui 22 Okt 2013, 11:15 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2013, 11:15 WIB
windows-phone-131022b.jpg
Sistem operasi mobile Windows Phone memang masih kalah populer dibanding Android dan iOS. Meski begitu, platform mobile buatan Microsoft ini tak lagi bisa dipandang sebelah mata.

Penjualan smartphone berbasis Windows Phone alias WP disebutkan terus meningkat secara signifikan. Menurut Wall Street Journal, smartphone seri Lumia buatan Nokia telah terjual sebanyak 8 juta unit sepanjang kuartal ketiga tahun 2013.

Dilansir Phone Arena, Selasa (22/10/2013), raihan penjualan Nokia ini disebutkan juga menjadi rekor baru penjualan Lumia. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi daripada jumlah penjualan Lumia di periode yang sama tahun 2012 lalu maupun pada awal tahun 2013 ini.

Vendor asal Finlandia tersebut sebelumnya disebutkan telah menguasai sekitar 90% pangsa pasar Windows Phone di seluruh dunia. Kesuksesan Nokia ini disebutkan karena produk buatannya telah masuk di semua segmen smartphone. Beberapa handset kelas atas yang mampu bersaing dengan smartphone dari platform lain dengan mengandalkan kualitas kamera juga cukup membantu Nokia di pasaran.

Sebelum resmi mengakusisi divisi mobile Nokia, Microsoft disebutkan ragu memberi dukungan penuh pada WP karena khawatir akan lebih menguntungkan Nokia sebagai rekanannya. Namun, setelah mengakuisisi Nokia, Microsoft tidak lagi menghadapi masalah internal untuk mendorong ekosistem WP dengan sumber daya manusia maupun finansial.

Setelah berada di bawah Microsoft, Nokia masih akan mengeluarkan beberapa produk terbaru berbasis WP, termasuk phablet seri Lumia 1520 'Bandit' maupun 'Sirius' alias tablet Lumia 2520 yang akan menjadi tablet Windows pertama dari Nokia. Jajaran perangkat berbasis WP itu diprediksi akan diumumkan di Abu Dhabi di ajang Nokia World. (den/vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya