VIDEO: KPU Sleman Gelar Simulasi Pencoblosan Penyandang Tunanetra

KPU Kabupaten Sleman, Yogyakarta menggelar simulasi pencoblosan untuk penyandang tunanetra.

oleh Liputan6 diperbarui 02 Des 2015, 14:13 WIB
Diterbitkan 02 Des 2015, 14:13 WIB
VIDEO: KPU Sleman Gelar Simulasi Pencoblosan Penyandang Tunanetra
KPU Kabupaten Sleman, Yogyakarta menggelar simulasi pencoblosan untuk penyandang tunanetra.

Liputan6.com, Yogyakarta - 6 Hari jelang pilkada serentak, KPU Kabupaten Sleman, Yogyakarta menggelar simulasi pencoblosan untuk penyandang tunanetra. Sementara ratusan ribu surat suara di Jambi, hari ini ditemukan dalam kondisi rusak.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (2/12/2015), simulasi pencoblosan kepada pemilih tunanetra digelar dengan pertimbangan tingginya angka golput dan suara tidak sah di kalangan pemilih penyandang tunanetra di Kabupaten Sleman.

Selain tata cara pemilihan pasangan calon bupati, wakil bupati, simulasi juga dilakukan untuk mengenalkan penggunaan alat bantu bagi tunanetra, agar tidak canggung saat masuk ke bilik suara pada 9 Desember mendatang. Dengan ini diharapkan angka suara tidak sah bisa semakin kecil.

Sementara, KPU Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, hari ini mendistribusikan logistik pilkada ke kawasan paling ujung Sukabumi, dan dianggap paling rawan bencana alam longsor saat musim hujan tiba.

Wilayah itu antara lain Kecamatan Tegal Buleud, Cidolog, Curug Kembar, Sagaranten, Pabuaran, Lengkong, Cidadap, Purabaya, Nyalidnung, dan Jampang Tengah.

10 Daerah itu dianggap rawan karena berada di perbukitan. Petugas TPS tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk menjangkau daerah-daerah tempat pemungutan suara.

Di Jambi, jelang pilkada serentak pemilihan gubernur dan wakil gubernur, ratusan surat suara ditemukan dalam kondisi rusak. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung.

KPUD Jambi menemukan lebih dari 360 ribu surat suara di berbagai kabupaten dan kota di Jambi rusak. Terbanyak ada di Kota Jambi, 100 ribu surat suara.

Kerusakan antara lain surat suara robek, warnanya pudar, serta terdapat bintik hitam dan lubang di salah satu foto pasangan calon. Hingga saat ini belum semua kertas suara selesai dilipat maupun didistribusikan karena masih dalam proses sortir.

KPUD Jambi sudah mengajukan penggantian surat suara yang rusak ke pihak percetakan, namun belum dikirim.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya