​5 Trik Ini Bantu Anda Siapkan Anggaran di 2017

Untuk memberi semangat, catat perubahan positif yang bisa saja terjadi misalnya, ada kenaikan gaji bulanan.

oleh Dhita Koesno diperbarui 28 Des 2016, 10:00 WIB
Diterbitkan 28 Des 2016, 10:00 WIB
anggaran 2017
Untuk memberi semangat, catat perubahan positif yang bisa saja terjadi misalnya, ada kenaikan gaji bulanan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang menghitung kembali anggaran rumah tangga ketika ingin pergi berlibur di akhir tahun. Langkah tersebut wajar karena untuk mencegah kelebihan biaya yang sudah diprediksi.

Apalagi jika sampai dana liburan menggunakan anggaran bulan-bulan berikutnya. Dampaknya akan tidak baik, terutama buat keluarga.

Nah, apakah Anda termasuk tipe seperti ini? Jika ya, ini adalah waktu yang tepat untuk melihat lebih jauh ke depan dan mempelajari bagaimana cara menggunakan dan mempersiapkan anggaran di tahun depan.

Melansir laman wkyc.com, Rabu (28/12/2016), berikut adalah beberapa petunjuk bermanfaat yang bisa dipertimbangkan dalam mempersiapkan anggaran ke depan:

Mengantisipasi Perubahan

Jika Anda memiliki perubahan besar yang cukup bisa diantisipasi, seperti tagihan biaya sekolah anak atau cicilan pinjaman baru, maka masukkan dalam rencana anggaran sedini mungkin meskipun belum mengetahui nilainya secara pasti. Karena bila menunggu sampai tahu persis nilai tagihan-tagihan tersebut, hal ini mungkin tidak memberikan Anda cukup waktu untuk menyesuaikan biaya lainnya.

Untuk memberi semangat, catat juga perubahan positif yang bisa saja terjadi misalnya, ada kenaikan gaji bulanan.

Membuat Perkiraan konservatif

Bila tidak tahu nilai harga-harga barang atau apapun yang berhubungan dengan pembayaran di masa depan, buatlah perkiraan yang konservatif. Ini memang bertentangan dengan sifat manusia, tapi perkiraan konservatif akan membantu seseorang untuk hal-hal atau sesuatu yang berjalan tidak seperti yang direncanakan.

Asumsikan bahwa biaya rutin seperti bahan makanan, keperluan pribadi, dan gas akan terus meningkat. Saat ini, kenaikan 2 persen akan memperhitungkan inflasi di sebagian besar pengeluaran sehari-hari, tapi gas dan keperluan pribadi sehari-hari di masa mendatang biasanya juga sulit diprediksi penurunan dan kenaikan harganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tinjau hasil sebelumnya

Tinjau Hasil Sebelumnya

Tahun belum berakhir, tapi sekarang, Anda telah memiliki tujuan untuk menghadapi tahun depan. Minimal Anda akan tahu kapan saat mengurangi pengeluaran, meningkatkan jumlah tabungan, memotong utang, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan penganggaran belanja dan kebutuhan.

Bila masih sulit memprediksinya, Anda bisa mengacu dan mempelajari pada pengalokasian anggaran sebelumnya, hal ini tentunya akan sangat membantu.

Tetapkan Tujuan Baru

Merevisi dan merubah tujuan yang pernah dibuat tidaklah salah. Misalnya, jika saat ini masih memiliki cicilan rumah atau mobil yang berakhir di 3 atau 4 tahun lagi, tapi Anda sudah punya uang yang cukup untuk melunasinya saat ini. Sebaiknya putuskan mempercepat pelunasannya dengan asumsi bahwa suku bunga akan naik pada akhir tahun depan (hal ini cukup masuk akal dan minimal tidak menambah beban pikiran).

Sesuaikan Anggaran

Dengan tujuan baru dan asumsi yang sudah direncanakan, sesuaikanlah anggaran yang dimiliki untuk menangani situasi di tahun depan.

Bisa memprediksi anggaran setiap bulanan adalah hal terbaik bagi semua orang, meskipun semuanya tetap kembali Anda yang menentukan.​ 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya