Curah Hujan Tinggi, Harga Sayuran Merangkak Naik

Harga sayuran yang naik antara lain tomat dan kentang.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 13 Mar 2017, 10:16 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2017, 10:16 WIB
20151222-Jelang Natal, Harga-harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik-Jakarta
Pedagang menata tomat dagangannya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (22/12). Jelang Natal dan tahun baru, harga sayur mayur dan beberapa kebutuhan pokok lainnya di beberapa pasar tradisional di Jakarta merangkak naik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Curah hujan yang tinggi dalam beberapa minggu terakhir berdampak kepada kenaikan harga pangan, salah satunya sayuran. Kenaikan terjadi pada sayuran seperti tomat dan kentang.

Dari pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga tomat kini dijual seharga Rp 10 ribu per kilogram (kg), naik Rp 2.000 jika dibandingkan sebelumnya. Sedangkan harga kentang meningkat Rp 1.000 menjadi Rp 17 ribu per kg.

"Kalau musimnya sedang seperti ini, harga naik turun itu biasa, tinggal bagaimana kita menanggapinya saja. Tapi ya jangan sampai naik, terus tidak turun lagi," kata Maryani (48), penjual sayuran di Pasar Mampang, Senin (13/3/2017).

Sementara bahan pangan lainnya menunjukkan harga yang stabil. Meski beberapa di antaranya masih di posisi tinggi, seperti cabai dan bawang merah.

Cabai merah keriting dibanderol Rp 40 ribu per kg, cabai merah besar Rp 40 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 70 ribi per kg, dan cabai rawit merah masih berada di harga Rp 100 ribu per kg.

Untuk jenis bawang, bawang putih kini seharga Rp 40 ribu per kg. Sedangkan bawang merah jika dibandingkan hari sebelumnya stabil di harga Rp 40 ribu per kg.

"Bawang merah ini kalau dibandingkan kemarin, harganya tetap, tapi kalau minggu lalu, turun. Minggu lalu itu Rp 45 ribu per kg," ucap pedagang sayuran lainnya, Rodiyah (42).

Adapun harga beras, untuk yang berkualitas medium dijual seharga Rp 10 ribu per kg dan kualitas premium seharga Rp 12 ribu per kg.

Minyak goreng per kg saat ini seharga Rp 14 ribu per kg, daging ayam broiler Rp 30 ribu per ekor, telur ayam Rp 20 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per kg dan daging sapi Rp 120 ribu per kg. (Yas/nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya