Banyak Daerah Berlakukan PSBB, KAI Bantu Angkut Bahan Pangan

Selain bahan pangan seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya, barang retail juga termasuk yang dakan disalurkan oleh KAI.

oleh Arie Nugraha diperbarui 21 Apr 2020, 15:25 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2020, 15:25 WIB
Petugas Rail Express tengah melakukan bongkar muat barang yang hendak dikirim. (sumber foto : Humas PTKA Daop 2 Bandung)
Petugas Rail Express tengah melakukan bongkar muat barang yang hendak dikirim. (sumber foto : Humas PTKA Daop 2 Bandung)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Daerah Operasi (PT KA Daop) 2 Bandung menyatakan kesiapannya melayani distribusi bahan pangan dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah diterapkan di berbagai daerah. Selain bahan pangan seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya, barang retail juga termasuk yang dakan disalurkan oleh otoritas perjalanan kereta api di Bandung tersebut.

Juru bicara PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, pengangkutan berbagai barang itu menggunakan fasilitas Rail Express yang melayanai antar stasiun dari 60 stasiun yang ada di Pulau Jawa. Noxy menyebutkan pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan.

"Sesuai Permenkes No 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, disampaikan bahwa perusahaan transportasi logistik untuk bahan pangan masih dapat beroperasi tanpa pembatasan. Semoga layanan ini dapat membantu masyarakat yang ingin mendistribusikan barangnya pada masa Pandemi Covid-19," kata Noxy dalam keterangan resmi, Selasa (21/4/2020).

Noxy menjelaskan sebelumnya fasilitas Rail Express telah melayani angkutan bahan pangan seperti telur dari Blitar ke Jakarta, bawang merah dari Nganjuk ke Jakarta, salak dari Purwosari ke Jakarta, sayur dan buah dari Malang ke Jakarta, serta angkutan bahan pangan lainnya ke berbagai tujuan. Pelayanan Rail Express untuk di wilayah Daop 2 Bandung sendiri, dapat dilayani di tujuh stasiun yang meliputi Stasiun Bandung, Kiaracondong, Gedebage, Leles, Cipeundeuy, Tasikmalaya dan Stasiun Banjar.

Noxy menuturkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa pengiriman Rail Express, dapat menyerahkan barang yang ingin dikirim melalui Loket Rail Express yang tersedia di 7 stasiun tersebut. Noxy mengklaim dengan Rail Express pelayanan lebih murah dan cepat.

"Sebagai contoh untuk pengiriman barang dari Bandung menuju Cirebon dipatok Rp 200 per kilogram atau jika akan mengirim motor 130 cc ke bawah, hanya dikenai tarif Rp 40.000,” jelas Noxy.

Untuk tarif sebut Noxy, Rail Express menetapkan harga per satuan kilogram dan per tujuan, dimana pengiriman barang dapat dilayani di seluruh wilayah rel kereta api di Pulau Jawa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Maksimalkan

Jelang Libur Panjang, KAI Operasikan 11 Kereta Api Tambahan
Penumpang membawa barang bawaannya usai menaiki kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sementara itu, di tengah pandemi Covid-19 KAI memaksimalkan angkutan barang dalam bisnisnya. Hal ini karena angkutan penumpang terus mengalami penurunan jumlah penumpang dan berimbas kepada pembatalan sebagian besar perjalanan kereta api.

“Di tengah menurunnya volume angkutan penumpang, KAI akan memaksimalkan lini angkutan barang menggunakan kereta api. Diharapkan KAI mampu mempercepat pendistribusian logistik yang dibutuhkan di berbagai daerah, termasuk logistik yang sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan Covid-19,” ucap Noxy.

Berikuta daftar kereta yang melayani pengiriman Rail Express dari wilayah Daop 2 adalah :

1. KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar jadwal keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pukul 23.15 dengan relasi pengiriman ke Cipeundeuy, Banjar sampai dengan Blitar

2. KA Parcel Selatan relasi Bandung - Surabaya Kota jadwal keberangkatan Stasiun Bandung pukul 20.05 WIB dengan relasi pengiriman ke Kiaracondong, Gedebage, Leles, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar sampai dengan Surabaya Kota

3. KA Harina relasi Bandung - Surabaya Pasarturi jadwal keberangkatan Stasiun Bandung pukul 21.40 WIB dengan relasi pengiriman ke Cikampek, Cirebon, sampai dengan Surabaya Pasarturi. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya