Sebabkan Pipa Gas di Cawang Bocor, Waskita Karya Minta Maaf

Waskita Karya telah melakukan metode kerja sesuai standar operasional prosedur sebelum memulai pengerjaan proyek revitalisasi melalui joint survey bersama dengan PGN.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Jul 2022, 18:15 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2022, 18:15 WIB
20160921-Pekerja Jaringan Pipa Gas PGN-Jakarta- Helmi Afandi
Pekerja merawat jaringan pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jakarta, Rabu (21/9/2016). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Kontraktor pelaksana proyek revitalisasi halte busway PT Waskita Karya (Persero) Tbk meminta maaf atas insiden kebocoran pipa gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Kebocoran ini terjadi di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Selatan.

"Kami menyampaikan permohonan maaf bagi para pengguna jalan dan pengguna fasilitas umum atas kejadian ini," kata Sekretaris Perusahaan Waskita Karya Novianto Ari Nugroho dikutip dari Antara, Rabu (20/7/2022).

Novianto mengatakan Waskita Karya telah melakukan metode kerja sesuai standar operasional prosedur sebelum memulai pengerjaan proyek revitalisasi tersebut melalui joint survey bersama dengan pihak PGN pada 23 Mei 2022 untuk menentukan tracing jalur pipa gas eksisting.

Selain itu, Waskita Karya juga telah melakukan tes pit untuk mengetahui jalur pipa PGN pada 30 Mei 2022 sampai 6 Juni 2022.

Titik yang saat ini dilakukan pekerjaan sheetpile berada jauh dari lokasi indikasi pipa gas PGN yang sudah dilakukan join survey bersama. Ketika pelaksanaan pekerjaan Waskita telah didampingi oleh pihak PGN.

"Saat ini tim Proyek sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini PGN untuk melakukan penutupan valve, memperbaiki pipa yang bocor, serta strerilisasi area kerja dengan Pihak Kepolisian untuk membantu pengaturan lalu lintas dan Pemadam Kebakaran untuk antisipasi terjadinya percikan api," kata Novianto.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kejadian itu tidak terdapat korban jiwa dan lalu lintas di jalan MT Haryono sudah dibuka kembali.

Perseroan terus berkomitmen mengedepankan aspek mutu, keselamatan dan kesehatan kerja di seluruh proyek.

"Atas kejadian ini penyelesaian proyek tetap akan diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan," kata Novianto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PGN Terjun Langsung Atasi Kebocoran Pipa Gas Bumi di Cawang

PT PGN Tbk akan fokus utilisasi gas bumi untuk domestik dengan mengembangkan dan mengombinasikan infrastruktur pipa dan beyond pipeline. (Dok PGN)
PT PGN Tbk akan fokus utilisasi gas bumi untuk domestik dengan mengembangkan dan mengombinasikan infrastruktur pipa dan beyond pipeline. (Dok PGN)

PT PGN Tbk menyampaikan bahwa telah terjadi kebocoran pipa gas bumi di Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Selatan, pada Rabu, 20 Juli 2022 sekitar pukul 11.00 WIB. Saat ini petugas Tim Penanganan Gangguan (TPG) PGN sudah berada di lokasi dan sedang memastikan kondisi infrastruktur dan perimeter sekeliling lokasi dalam keadaan aman.

Area Head PGN Jakarta Sheila Marlianty menjelaskan, petugas TPG PGN telah mengamankan area sekitar kebocoran pipa gas dari aktivitas warga dengan memasang safety line. Petugas juga dalam proses identifikasi dampak kejadian serta rencana perbaikan sesegera mungkin.

"PT PGN Tbk juga telah berkoordinasi bersama pihak terkait untuk mengidentifikasi pelanggan yang terdampak," jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022).

Untuk penyebab kejadian sampai saat ini masih dalam proses investigasi bersama aparat namun di duga disebabkan aktifitas pihak ketiga disekitar lokasi.

"Kami akan memastikan bahwa layanan pelanggan gas bumi tidak terdampak terlalu lama dan akan meningkatkan koordinasi dengan pihak ketiga agar kehandalan dan keselamatan jaringan gas bumi termasuk personel dapat dikelola sesuai prinsip HSSE," tambah Sheila Marlianty.

 


Polisi Sebut Kebocoran Pipa Gas di Cawang karena Aktivitas Pengeboran

Kanit Laka Lantas Polsek Tebet AKP Estu menyebut dugaan sementara kebocoran pipa gas akibat aktivitas pengeboran. Hal ini setelah adanya peristiwa kebocoran pipa gas di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, sekira pukul 11.30 WIB tadi.

"Ya karena ada pengeboran ya. Kan mau bikin pondasi. Ini buat TransJakarta ini kan nanti terintegrasi dari LRT," kata Estu kepada wartawan, Rabu (20/7/2022).

Informasi kebocoran diterima pihak kepolisian pada pukul 11.30 WIB. Saat itu, kondisinya gas masih menyembur keluar. Untungnya, tak sampai menimbulkan ledakan maupun semburan api.

"Tidak ada (ledakan-red). Bagusnya nggak ada api hanya gas aja membumbung. Ada tanah yang muncrat juga tadi tapi udah dibersihkan," ujar dia.

Estu mengungkapkan, situasi arus lalu lintas sempat terganggu akibat adanya penutupan ruas jalan. Kemacetan kendaraan yang mengular terjadi di jalan MT. Haryono, Pancoran arah Cawang, Jakarta.

"Tadi sempat ditutup begitu ada semburan," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya