4 Jurus Bisa Menabung dan Berinvestasi demi Hidup Sesuai Mimpi

Berikut hal harus diperhatikan bila ingin memiliki tabungan dan investasi.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Des 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 31 Des 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi keuangan
Tips keuangan. (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Menabung dan berinvestasi mungkin memang diperlukan, tetapi seringkali hal ini terasa seperti tugas. Keduanya menjadi jauh lebih bermanfaat ketika anda menganggapnya lebih dari sekadar menyebarkan uang ke berbagai kategori investasi, seperti saham dan obligasi untuk mendanai masa depan tanpa jaminan.

“Kami terobsesi dengan alokasi investasi, tetapi kami tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan alokasi lain,” kata Christine Benz, Direktur Keuangan Pribadi dan Perencanaan Pensiun Morningstar melansir laman CNBC, Sabtu (31/12/2022).

Benz mendorong semua orang untuk fokus pada apa yang dia sebut alokasi "time on earth" Anda. Artinya, pikirkan tentang apa yang penting dan apa yang benar-benar ingin dilakukan lebih banyak, tidak hanya di masa pensiun tetapi hari ini dan di masa mendatang. Bisa jadi Anda ingin lebih sering bepergian bersama orang tua yang sudah lanjut usia.

Mungkin Anda ingin keluar dari dunia kerja selama beberapa tahun untuk berada di rumah bersama anak-anak. Atau tinggalkan pekerjaan bergaji tinggi yang untuk pekerjaan yang gajinya tidak terlalu tinggi tetapi lebih memuaskan. Atau mungkin hanya ingin berlibur ke luar negeri.

“Bagi banyak orang [menabung untuk membeli] rumah pertama adalah katalisator untuk mengatur seluruh kehidupan finansial mereka. Anda perlu melihat hasilnya," kata Benz.

Itu sangat penting bagi orang dewasa muda. “Orang-orang berusia 20-an dan 30-an tidak mengidentifikasi dengan diri mereka yang berusia 65 tahun. … Penting untuk mencari jalan keluar jangka pendek,” tambahnya.

Disimak tips investasi berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tipsnya

[Fimela] Investasi
Ilustrasi investasi | unsplash.com/@precondo

Berikut hal harus diperhatikan:

1. Memenuhi tujuan 'time on earth' 

Menghabiskan lebih banyak waktu Anda dengan cara yang penting bagi adalah tujuannya. Menyiapkan keuangan untuk mendukung tujuan tersebut dapat mengubah tabungan dan investasi dari memenuhi kewajiban menjadi menciptakan dana kebebasan finansial untuk diri sendiri

2. Cari tahu bagaimana mengalokasikan pendapatan untuk pengeluaran dan investasi

“Bagaimana Anda menyebarkan aliran pendapatan Anda? Apakah Anda membuat keputusan cerdas untuk menggunakan modal itu di seluruh peluang keuangan Anda?” kata Benz.

Misalnya untuk dorongan jangka pendek seperti membayar liburan mewah, menabung untuk rumah kedua atau bahkan mendanai cuti panjang yang dirindukan dalam beberapa tahun itu mungkin tidak apa-apa untuk melawan konvensi, terutama jika Anda memiliki waktu yang lama.

 


Tips Lain

Ilustrasi investasi, investasi saham (Photo by Tech Daily on Unsplash)
Ilustrasi investasi, investasi saham (Photo by Tech Daily on Unsplash)

3. Pertimbangkan pengorbanan

“Kami membuat begitu banyak keputusan yang merupakan pengorbanan waktu-uang,” kata Benz. Ini bisa menjadi keputusan untuk menyewa pembantu rumah tangga versus melakukan semuanya sendiri.

Apakah itu akan merusak keuangan anda untuk mendapatkan bantuan jika itu membebaskan waktu Anda di akhir pekan untuk bersama teman dan keluarga?

Atau apakah Anda mendapatkan kepuasan dari membersihkan dan menyimpan uang? Atau bisa jadi keputusan yang lebih mahal, seperti memutuskan apakah akan membeli rumah yang lebih besar dengan banyak perawatan versus rumah yang lebih kecil.

Apakah Anda perlu tinggal di rumah yang besar atau akankah rumah yang lebih kecil di dekat tempat anda bekerja akan lebih baik?

4. Cari cara untuk menguranginya sekarang

Ya, anggaran bisa mengganggu. Tetapi jika itu membantu membebaskan uang tunai dengan mengekang pengeluaran Anda saat ini untuk hal-hal yang tidak benar-benar membuat Anda bahagia, ada baiknya dicoba.

“Mengidentifikasi pemotongan pengeluaran adalah cara paling kaya bagi kebanyakan orang. Itu bisa mendukung keputusan Anda untuk pindah ke pekerjaan dengan gaji lebih rendah atau pensiun lebih awal.” kata Benz.

 

Penulis: Nita Suci Lydiarti

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya