Kisah 3 Nenek Petani Bersaudara yang Naik Haji Bersama, Nabung Sedikit demi Sedikit

"Kami bertiga petani mbak, kami nabung sedikit demi sedikit untuk berhaji. Alhamdulillah bisa terwujud," tutur Nenek Siti Maryam

oleh Nanik Ratnawati diperbarui 20 Mei 2024, 22:30 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2024, 22:30 WIB
Tiga nenek bersaudara yang naik haji bersama dengan menabung sedikit demi sedikit. (Foto: Liputan6.com/Kemenag)
Tiga nenek bersaudara yang naik haji bersama dengan menabung sedikit demi sedikit. (Foto: Liputan6.com/Kemenag)

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, seseorang akan lebih nyaman ketika berada di kelompok atau orang-orang terdekatnya. Maklum, di tempat baru dengan orang-orang asing, mereka perlu beradaptasi.

Sisi kenyamanan itulah yang memotivasi tiga nenek bersaudara tatkala mendaftar haji bersama. Mereka berharap, mereka bisa naik haji bersama.

Qodarullah, harapan ini menjadi kenyataan. Tiga wanita lansia ini bersama-sama naik haji pada 2024 ini.

Siti Komariah (76) mengembangkan senyumnya ketika menginjakkan kaki kali pertama di Bandara Amir Mohammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Digandeng dua saudara perempuannya yang juga turut serta menjadi jemaah haji, Komariah mengungkapkan rasa syukurnya.

"Alhamdulillah mbak, kami sudah sampai di sini," ungkapnya kepada petugas haji yang menyambutnya di Bandara Madinah (19/5/2024), dilansir dari laman Kemenag, Senin (20/5/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Nabung Sedikit demi Sedikit

Siti Komariah, Siti Maryam (73) dan Siti Badriyah (71) merupakan tiga bersaudara asal Lampung Selatan dari kelompok terbang (kloter) JKG-18. Kepada petugas, Nenek Siti Komariah bercerita, keinginan untuk beribadah haji akhirnya dapar terwujud setelah 12 tahun penantian.

"Dulu, kami sengaja, daftar haji bareng. Alhamdulillah terwujud, semoga kami bertiga bisa jadi haji mabrur," harapnya.

Kompak, kedua saudaranya mengamini doa ini. "Kami bertiga petani mbak, kami nabung sedikit demi sedikit untuk berhaji. Alhamdulillah bisa terwujud," tutur Nenek Siti Maryam.

"Kami mau bilang terima kasih, layanan petugas enak. Saya jadi gak perlu repot masak, tinggal makan saja." ucap Nenek Komariyah tersenyum sembari memperlihatkan deretan giginya yang mulai tidak utuh lagi.

Meski ketiganya masuk kategori lansia, tapi semangatnya untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima ini patut ditiru generasi muda. "Insya Allah kami sehat, lancar, ngibadah dateng Gusti Allah. Bisa pulang kembali dengan sehat," pungkas Nenek Komariyah.

Ketiganya begitu bersemangat menyambut undangan Rabb-nya tanpa keluh, menuju Baitullah. Labbaik Allahumma Labbaaik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya