Pemudik Jalur Laut Diprediksi Capai 2,4 Juta Orang, Bamsoet Wanti-Wanti Potensi Kepadatan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kemenhub untuk mulai mengecek sarana dan prasarana pelabuhan dalam mengantisipasi lonjakan pemudik.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 17 Mar 2023, 15:50 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2023, 15:50 WIB
Puncak arus Mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak Banten
Pemudik saat berada di atas kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Sabtu (30/4/2022) dini hari. Berdasarkan data PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) cabang Merak, tercatat hingga Jumat (29/4) sebanyak 112.608 orang melakukan perjalanan mudik di Pelabuhan Merak. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan memprediksi [lonjakan](/5155080 "") pemudik via jalur laut akan mencapai 18 persen tahun ini, atau sebesar 2,4 juta pemudik pada mudik Lebaran 2023

Dengan besarnya jumlah pemudik tahun ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Jenderal perhubungan Darat, maupun Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, untuk mulai melakukan pengecekan. 

Pengecekan ini termasuk pada sarana dan prasarana pelabuhan, rambu-rambu, sekaligus kelayakan armada dengan ramp check, guna memastikan seluruh sarana prasarana khususnya transportasi laut aman dan nyaman bagi para pemudik,  disamping meminimalkan kecelakaan pada tingkat zero accident khususnya untuk moda transportasi laut.

"Meminta Kemenhub bersama pengusaha moda transportasi untuk mengantisipasi lonjakan pemudik baik via jalur laut, darat maupun udara, dengan menyiapkan dan menambah jumlah armada angkutan kapal penumpang sebagai langkah riil pemerintah dalam menghadapi arus mudik dan potensi penumpukan pemudik," demikian pernyataan Ketua MPR RI, dikutip Jumat (17/3/2023).

Ketua MPR RI juga "Meminta Kemenhub bersama PT ASDP Indonesia untuk mengoptimalkan layanan mobile e-ticketing di setiap pintu pelabuhan, sebagai salah satu cara atau upaya dalam mempercepat antrean dan mengurangi terjadinya penumpukan."

Selain itu, ASDP Indonesia dan PT Pelni juga diminta untuk berkomitmen mendukung pemerintah dalam melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik pada tahun ini khususnya via jalur laut.

"Dengan tetap menerapkan Peraturan Menteri Perhubungan terkait keselamatan dan keamanan penyelenggaraan angkutan penyebrangan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kemenhub Buka Mudik Gratis Sepeda Motor via Kapal Laut, Ada Kuota 10.000 Orang

Deretan sepeda motor terlihat dalam mudik gratis Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (13/6). Kementerian Perhubungan memberi kuota penumpang pada mudik gratis ini sebanyak 11.938 pemudik. (Merdeka.com/Imam Buhori)
Ribuan Peserta Ikuti Mudik Gratis Kemenhub dengan Kapal Laut

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program mudik gratis sepeda motor via kapal laut dengan tujuan Tanjung Priok Jakarta-Tanjung Emas Semarang.

Kegiatan ini akan dilakukan dalam dua gelombang, baik arus berangkat mudik gratis pada 15 dan 17 April 2023, serta arus balik per 25 dan 28 April 2023.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting menyampaikan, program pendaftaran mudik gratis motor via kapal laut ini dibuka mulai 20 Maret 2023 sampai 5 April 2023.

Dalam empat kali perjalanan mudik gratis tersebut, total kuota disediakan untuk 10.000 orang penumpang dan 5.000 unit sepeda motor.

"Kuota penumpang 2.500 orang, sedangkan sepeda motor 1.250 motor. Sehingga total kuota mudik adalah 5.000 orang dan 2.500 motor, sedangkan balik 5.000 orang dan 2.500 motor," jelas Hendri dalam sesi media briefing di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Lebih lanjut, Hendri memaparkan prosedur pendaftaran untuk program mudik gratis motor ini. Pendaftaran dibuka secara online mulai 20 Maret-5 April 2023.

"Pendaftar mudik gratis sepeda motor yang tidak melakukan verifikasi paling lambat 2 hari setelah pendaftaran online, maka nomor pendaftaran akan dibatalkan. Verifikasi pendaftaran akan dilakukan 20 Maret-7 April 2023," imbuhnya.

Tak hanya online, ia menambahkan, pendaftaran offline juga akan dibuka mulai 6 April-17 April 2023. Adapun lokasi pendaftaran offline dan verifikasi data berlokasi di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok dan Kantor Kementerian Perhubungan, Gedung Cipta lantai dasar, Jakarta.


Pelabuhan Ketapang Siapkan 49 Kapal Sambut Arus Mudik Lebaran 2023

Kepadatan penumpang di Pelabuhan Ketapang pada saat libur panjang Nataru 2023 (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Kepadatan penumpang di Pelabuhan Ketapang pada saat libur panjang Nataru 2023 (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Balai Pengelolaan Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur, menyatakan 49 kapal siap melayani penyeberangan Ketapang- Gilimanuk saat mudik Lebaran 2023.

“Kami sudah rampcheck kapal penumpang. Dari 49 kapal semuanya sudah laik laut atau siap beroperasi untuk angkutan mudik lebaran,”ujar Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi pada Balai Pengelola Transportasi Deaerah (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Rocky Surentu, Kamis (16/3/2023).

 Kata dia, hasil uji kelaikan kapal penumpang untuk persiapan angkutan mudik lebaran itu sudah dilaporkan ke pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Dalam pelaksanaan ramcheck kapal penumpang itu petugas BPTD merekomendasikan kepada perushaan pelayanan mengenai aspek pelayanan kapal angkutan orang.

“Temuan kami dari aspek pelayanan seperti kursi rusak, kamar mandi kotor dan musala serta tempat ibu menyusui sudah disampaikan secara internal agar segera diperbaiki, sehingga calon pemudik nyaman di atas kapal. Aspek pelayanan  harus dipersiapkan juga, ada standar pelayanan minimal,”paparnya.

Menurut Rocky, moda transportasi laut dilakukan persiapan lebih awal dengan uji kelaikan kapal penumpang sebagai upaya keselamatan pelayanan serta antisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2023.

Dia juga juga telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang kapal feri pada mudik Lebaran 2023.

Infografis titik rawan macet mudik Lebaran 2018
Infografis titik rawan macet mudik Lebaran 2018 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya