Harga Minyak Mentah Dunia Melonjak, Sentuh Level Tertinggi Seminggu

Harga minyak berjangka naik sekitar 1% ke level tertinggi satu minggu pada hari Jumat

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 26 Agu 2023, 08:29 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2023, 08:29 WIB
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Artphoto_studio
Harga minyak berjangka naik sekitar 1% ke level tertinggi satu minggu pada hari Jumat. Foto: Freepik/Artphoto_studio

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak berjangka naik sekitar 1% ke level tertinggi satu minggu pada hari Jumat karena harga solar AS melonjak, jumlah rig minyak turun dan kebakaran terjadi di kilang di Louisiana.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (26/8/2023), harga minyak mentah berjangka Brent naik USD 1,12, atau 1,3%, menjadi USD 84,48 per barel.  Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 78 sen, atau 1,0%, menjadi USD 79,83.

Harga solar melonjak sekitar 5% ke level tertinggi dalam hampir tujuh bulan, meningkatkan penyebaran crack diesel, yang merupakan ukuran margin keuntungan penyulingan, ke level tertinggi sejak Januari 2023.

“Hal utama adalah kekhawatiran mengenai harga solar, penyebaran bahan bakar solar, dan kekhawatiran tentang kekurangan solar saat kilang melakukan pemeliharaan,” kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group. Dia menambahkan harga juga mendapat dukungan dari kebakaran di kilang Louisiana dan jatuhnya anjungan minyak AS.

Data Ekonomi AS Melemah

Data ekonomi yang lemah dan penguatan dolar AS membatasi kenaikan. Untuk minggu ini, Brent turun kurang dari 1% dan WTI kehilangan sekitar 2%. Pekan lalu, kedua benchmark tersebut turun sekitar 2%.

Kebakaran di tangki penyimpanan nafta raksasa berhasil diatasi pada Jumat sore di kilang Marathon Petroleum yang berkapasitas 596.000 barel per hari (bph) di Garyville, Louisiana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengurangan Produksi

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Pada bulan Agustus, perusahaan-perusahaan energi AS mengurangi jumlah rig minyak aktif selama sembilan bulan berturut-turut, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes dalam laporannya yang diikuti dengan cermat.

Harga minyak mentah naik meskipun ada berita ekonomi lemah dari Jerman, negara dengan ekonomi terbesar di Eropa, dan dolar AS naik ke level tertinggi dalam 11 minggu terhadap sejumlah mata uang lainnya setelah Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan kenaikan suku bunga lebih lanjut mungkin diperlukan untuk melawan inflasi.

Suku bunga yang lebih tinggi dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak. Penguatan dolar juga dapat memperlambat permintaan karena membuat minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Sementara itu, sentimen konsumen AS sedikit turun pada bulan Agustus, seiring memburuknya ekspektasi inflasi jangka pendek dan jangka panjang, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat.

 


Prediksi Harga Minyak

Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/wirestock
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/wirestock

Analis di Morgan Stanley mengatakan mereka memperkirakan harga Brent akan didukung dengan baik di kisaran $80 per barel, dengan minyak mentah kemungkinan akan tetap mengalami defisit selama sisa tahun ini sebelum kembali ke surplus kecil pada awal tahun 2024.

Namun kemungkinan defisit minyak mentah tidak dapat dipastikan, kata John Evans dari pialang minyak PVM.

Perusahaan energi Norwegia, Equinor, misalnya, mengatakan pihaknya memulai produksi di ladang Statfjord Ost yang diperluas enam bulan lebih cepat dari jadwal. di lapangan Statfjord Ost yang diperpanjang enam bulan lebih cepat dari jadwal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya