Harga Minyak Mentah Naik Lebih dari 1% pada Rabu

Persediaan minyak mentah AS turun sebesar 12,2 juta barel minggu lalu, menurut Administrasi Informasi Energi. Hal ini mendorong harga minyak dunia naik.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 04 Jul 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)
Ilustrasi harga minyak dunia hari ini (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah berjangka naik lebih dari 1% pada hari Rabu setelah penurunan besar harga minyak pada persediaan di AS menandakan peningkatan permintaan menjelang Hari Kemerdekaan pada tanggal 4 Juli.

Persediaan minyak mentah AS turun sebesar 12,2 juta barel minggu lalu, menurut Administrasi Informasi Energi. Persediaan bensin turun sebesar 2,2 juta barel.

"Baik bensin maupun distilat juga menunjukkan penurunan meskipun pengoperasian kilang lebih tinggi, dengan permintaan yang lebih tinggi untuk keduanya—terutama untuk bensin—karena pompa bensin menambah stok menjelang libur akhir pekan Hari Kemerdekaan," kata Matt Smith, analis minyak utama di Kpler.

Berikut adalah harga penutupan energi pada hari Rabu dikutip dari CNBC, Kamis (4/7/2024):

  • West Texas Intermediate- Kontrak Agustus: USD 83,88 per barel, naik USD 1,07 atau 1,29%. Sejak awal tahun, minyak AS naik 17%.
  • Brent- Kontrak September: $87,34 per barel, naik USD 1,10 atau 1,28%. Sejak awal tahun, patokan global naik 13,4%.

Liburan AS

Harga bensin rata-rata USD 3,51 per galon menjelang tanggal 4 Juli, naik sekitar 2 sen dari minggu lalu, menurut asosiasi pengemudi AAA. Diperkirakan 60 juta orang Amerika, yang merupakan rekor, akan melakukan perjalanan darat untuk liburan, menurut AAA.

Patrick De Haan, kepala analisis minyak di GasBuddy, mengatakan harga telah sedikit naik menjelang liburan karena harga minyak mentah naik USD 10 dalam beberapa minggu terakhir, meskipun permintaan bensin masih agak lemah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Capai Level Tertinggi Dua Bulan

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

West Texas Intermediate dan Brent mencapai harga tertinggi dalam dua bulan pada hari Selasa karena kekhawatiran bahwa Badai Beryl dapat mempengaruhi infrastruktur minyak di Pantai Teluk. Namun, harga akhirnya ditutup lebih rendah karena badai diperkirakan akan melemah sebelum mungkin mencapai Texas selatan seawal hari Minggu.

John Evans, analis di broker minyak PVM, mengatakan premi harga badai sebagian besar telah terkikis karena Beryl diperkirakan akan melemah menjadi badai tropis, tetapi penurunan besar pada persediaan minyak mentah "mungkin telah menyelamatkan penurunan harga lebih lanjut setelah berita badai tersebut."

Helima Croft, kepala global strategi komoditas di RBC Capital Markets, mengatakan dampak badai terhadap pasar minyak menjadi kurang jelas karena AS tidak lagi terlalu bergantung pada produksi minyak lepas pantai. Penutupan kilang bisa menjadi peristiwa bearish dengan membatasi permintaan.

"Kami dulu menganggap badai sebagai potensi perkembangan bullish jangka pendek yang tak diragukan lagi untuk pasar minyak, sekarang gambarnya tidak begitu jelas," kata Croft kepada CNBC's "Last Call" pada Selasa malam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya