Apresiasi Inovasi, Keberlanjutan dan Inklusivitas, ASEAN Business Awards 2023 Umumkan 26 Penerima Penghargaan

ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) kembali menyelenggarakan penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023.

oleh Septian Deny diperbarui 05 Sep 2023, 17:34 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2023, 14:42 WIB
ASEAN-BAC
ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) kembali menyelenggarakan penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023, sebagai wujud apresiasi dan perhatian kepada dunia usaha dan individu yang mengedepankan inovasi, keberlanjutan, dan inklusivitas di kawasan ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) kembali menyelenggarakan penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023, sebagai wujud apresiasi dan perhatian kepada dunia usaha dan individu yang mengedepankan inovasi, keberlanjutan, dan inklusivitas di kawasan ASEAN.

ABA 2023 berhasil menjaring lebih dari 700 submisi, baik itu korporasi, usaha mikro kecil menengah (UMKM), maupun individu, yang berasal dari negara-negara di kawasan ASEAN. Sebanyak 26 peserta terbaik dengan 13 kategori diberikan kepada korporasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta individu dari kawasan, pada malam penganugerahan ABA 2023 yang digelar di Ritz-Carlton Pacific Place Hotel, Jakarta. 

Wakil Presiden (Wapres)  Ma’ruf Amin saat menyampaikan pidato kunci,  menekankan pentingnya budaya kerja sama, perdamaian, dan penghormatan kepada keberagaman sebagai landasan kekuatan ASEAN. 

“Kekuatan ASEAN berpusat pada budaya kerja sama, perdamaian, dan penghormatan atas keberagaman negara-negara ASEAN,” kata  Wapres  pada acara Malam Penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023 di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Senin (4/9/2023).

Pada kesempatan itu, Wapres secara khusus  menyampaikan komitmen Indonesia untuk menjaga harmoni dalam keberagaman, mendorong pendekatan damai dalam penyelesaian konflik, dan menghormati hukum internasional.

“Sebagai negara yang Bineka, Indonesia paham betul pekerjaan berat dalam merawat harmoni dan persatuan dalam keberagaman. Itulah sebabnya Indonesia teguh mendorong pendekatan-pendekatan damai, dialog konstruktif, serta kepatuhan pada hukum internasional dalam penyelesaian konflik,” kata Wapres.


Pilar Penting

ASEAN-BAC
ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) kembali menyelenggarakan penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023, sebagai wujud apresiasi dan perhatian kepada dunia usaha dan individu yang mengedepankan inovasi, keberlanjutan, dan inklusivitas di kawasan ASEAN.

Sementara itu, Ketua ASEAN-BAC 2023 yang juga Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, dunia usaha menjadi salah satu pilar penting untuk  memajukan  perekonomian ASEAN. Sebagai Ketua ASEAN-BAC tahun 2023, Indonesia berada di garda terdepan untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang dinilai berjasa di berbagai sektor ekonomi.

“Dunia usaha harus mendapatkan porsi yang seharusnya karena berperan penting  membantu pemerintah meningkatkan perekonomian dan daya tarik kawasan,” kata Arsjad.

Arsjad mengatakan, ASEAN-BAC secara konsisten memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang selama ini menjadi penggerak perusahaan maupun usaha mikro kecil menengah (UMKM). Para pelaku usaha, lanjutnya, telah menciptakan kinerja positif,  inovasi, inklusi, dan pertumbuhan berkelanjutan di ASEAN.

“Ini menjadi tanggung jawab ASEAN-BAC untuk memberikan pengakuan dan penghormatan atas berbagai capaian yang telah diraih. Adalah sebuah langkah positif yang dilakukan Indonesia untuk memberikan penghargaan atas capaian kinerja industri, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan individu,” kata Arsjad.

Mengusung tema “Menyatukan Visi, Mendorong Pertumbuhan,” ABA 2023 terdiri atas delapan pilar penghargaan, mencakup lima pilar yang dikhususkan untuk perusahaan besar dan skala UMKM. Sedangkan, satu pilar lainnya adalah untuk kategori individu.

 


Kategori Penghargaan

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid dalam ASEAN Business & Investmen Summit, Jakarta, Selasa (5/9/2023). (Tira/Liputan6.com)
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid dalam ASEAN Business & Investmen Summit, Jakarta, Selasa (5/9/2023). (Tira/Liputan6.com)

Secara keseluruhan terdapat 13 kategori penghargaan di berbagai sektor dan bidang. Lima pilar bagi perusahaan dan UMKM terdiri atas pilar Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan, Fasilitasi Perdagangan dan Investasi, serta tiga pilar bagi individu.

Pilar ini mencakup 10 kategori penghargaan, yaitu Digital Innovation, The Best CX, Net-Zero Leader, Plastic Waste Circularity, Sustainable Crop Production, Tech for Sustainable Agriculture, Health Innovation, Corporate Health Achievement, Export Growth, dan Innovative Investment.

Selain itu, pilar ini juga mencakup 3 kategori penghargaan bagi individu terdiri atas ASEAN Women Leader, ASEAN Under 40, dan Friends of ASEAN Awards.

Arsjad yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan memasuki tahun ke-17, ASEAN-BAC secara konsisten terus  memperkuat kepemimpinan industri, meningkatkan daya saing, dan memperkuat pengakuan global.

Selain menganugerahkan penghargaan, ABA 2023 juga menjadi ajang pameran warisan budaya yang kaya dan beragam di kawasan ASEAN. “Kami menyuguhi pertunjukan budaya inovatif yang merangkum semangat dan tradisi kawasan, termasuk pengalaman imersif menawan.

Malam penganugerahan ini juga akan menampilkan penyanyi ternama yang akan menambah sentuhan glamor dan seni pada perayaan.

“Yang membedakan ABA 2023 adalah kehadiran para kepala negara, menteri, dan pemimpin bisnis berpengaruh dari berbagai negara. Negara-negara ASEAN, semakin mengangkat pamornya untuk membangun kawasan yang lebih kuat dan sejahtera,” tutup Arsjad.

 


Pemenang Penghargaan: Korporasi

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), Arsjad Rasjid (dok: Natasha)

Pada bagian perusahaan, PT Espay Debit Indonesia atau dikenal DANA menjadi pemenang penghargaan The Best Consumer Experience dari transformasi digital dari kategori perusahaan besar. Sementara itu, pada jenis penghargaan yang sama, ada UMKM asal Laos, Loca Company Limited.

Selanjutnya, pada jenis penghargaan Digital Inovation, ada Aboitiz Data Innovation dari Filipina sebagai pemenang kategori UMKM. Serta, Ho Chi Minh City Joint Stock Commercial Bank (HDBank) asal Vietnam dari kategori perusahaan besar.

Pada jenis penghargaan Net-Zero Leader, ada Agrabah Ventures dari Filipina dari kategori UMKM. Serta, ada Keppel Infrastructure Holdings Pte Ltd dari Singapura di kategori perusahaan besar.

Pada jenia penghargaan Plastic Waste Circularity, ada PT Amandina Bumi Nusantara dari kategori UMKM dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dari kategori perusahaan besar. Keduanya berasal dari Indonesia.

Pada jenis penghargaan Sustainable Crop Production ada Cambodian Standard Development and Supply Co., Ltd dari Kamboja dari kategori UMKM. Serta ada Sorosoro Ibaba Development Cooperative dari Filipina di kategori perusahaan besar.

Selanjutnya, pada jenis penghargaan Tech for Sustainable Agriculture ada Eden Agritech dari Thailand di kategori UMKM. Serta eFishery dari Indonesia sebagai perusahaan besar.

Selanjutnya, pada jenis penghargaan Health Innovation ada Speco dari Singapura di kategori UMKM dan Health Management International asal Singapura di kategori perusahaan besar.

Lalu, pada jenis penghargaan Corporate Health Achievement ada Orange and Bronze Software Laba Inc dari Filipina di kategori UMKM dan Baao Parish Multi-purpose Cooperative dari Filipina untuk kategori perusahaan besar.

Pada jenis penghargaan Export Growth ada Bella Interiors Company Limited dari Myanmar untuk kategori UMKM dan C.P Intertrade Company Limited sari Thailand untuk kategori perusahaan besar.

Selanjutnya, jenis penghargaan Innovative Investment ada Bintang Capital Partners Berhad dari Malaysia untuk kategori UMKM dan Funding Societies Modalku Group dari Indonesia sebagai perusahaan besar.


Pemenang Penghargaan: Individu

Founder dan Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal
Founder dan Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal mengungkapkan bahwa ia memprediksi persaingan politik dan ekonomi antara Amerika Serikat dan China akan tetap bertahan dan menjadi hal yang semi permanen di perbatasan Indo-Pasifik.
  • Kyaw Thu Htet dari Myanmar dan Suebsit Sarntisart dari Thailand menang kategori ASEAN Under 40.
  • Khin Chaw Su Win dari Myanmar dan La Hieu Hue dari Vietnam menang kategori ASEAN Women Leader.
  • Serta Dino Pati Djalal dari Indonedia dan Nik Hafimi binti Abdil Haadii dari Brunei Darussalam sebagai pemenang Friends of ASEAN.
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya