Anak Buah Menko Luhut Cek Gladi Resik Indonesia Sustainability Forum 2023 di Park Hyatt Jakarta

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bermitra dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) akan menggelar Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023.

oleh Arthur Gideon diperbarui 06 Sep 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 22:00 WIB
Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengecek kesiapan gelaran Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023. (Sulaeman/Merdeka.com)
Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengecek kesiapan gelaran Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023. (Sulaeman/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin mengunjungi di Park Hyatt Jakarta untuk mengecek kesiapan gelaran Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023. Gelaran yang mengangkat isu keberlanjutan ini akan digelar mulai besok 7-8 September 2023.

"Ya alhamdulillah, di atas kita melaksanakan gladi resik (ISF 2023) so far so good, acaranya besok pagi. Kita lagi final touch," ucap Rachmat Kaimuddin kepada awak media di Park Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

Dia mengungkapkan, Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri akan menghadiri ISF 2023. Selain itu, Presiden Bank Dunia (World Bank) Ajay Banga hingga Managing Director IMF Kristalina Georgieva juga akan menjadi pembicara dalam acara tersebut.

"InsyaAllah Perdana Menteri (PM) RRT (Li Qiang) dan PM Papua Nugini (James Marape) bersama pejabat negara sahabat juga hadir," ujar Anak Buah Menko Luhut tersebut.

Rachmat mengungkapkan, ISF merupakan ajang yang mempertemukan para pemimpin dunia maupun pelaku bisnis untuk membahas isu-isu terkait keberlanjutan lingkungan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong pengembangan ekonomi hijau.

"Kebetulan Indonesia punya banyak sekali potensi untuk membantu dunia melaksanakan agenda ini (keberlanjutan) kita punya critical minerals, kita punya nature based solutions," bebernya.

Dia berharap ISF 2023 menjadi rapat tahunan (annual meeting) untuk membahas isu-isu terkait keberlanjutan lingkungan. Sehingga dapat menjadi forum diskusi bagi pemimpin dunia maupun pelaku bisnis.

"Harapan kita (ISF) akan menjadi forum annual meeting buat Indonesia, menjadi tempat berkumpul untuk membicarakan isu-isu sustainability," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar 10 Panel Diskusi Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023

Pemerintah akan menggelar Indonesia Sustainability Forum 2023 pada 7-8 September 2023 di Jakarta.
Pemerintah akan menggelar Indonesia Sustainability Forum 2023 pada 7-8 September 2023 di Jakarta.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bermitra dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) akan menggelar Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023.

Acara akbar yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh dunia ini akan berlangsung pada 7-8 September 2023 di Park Hyatt Jakarta. Agenda ini menjadi perhelatan resmi dan akbar pertama pemerintah Indonesia yang menyoroti isu keberlangsungan (sustainability).

Terdapat 10 sesi panel diskusi dan 14 sesi tematik yang akan menghadirkan lebih dari 100 pembicara dari pemimpin pemerintahan, pelaku bisnis global serta pakar yang akanmembahas isu-isu terkini dalam agenda sustainability.

Berikut ini daftar 10 panel diskusi dalam Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023:

  • Panel 1: Downstreaming the Critical Mineral Industry forDecarbonization
  • Panel 2: Sustainable Mining of Critical Minerals to Bolster Decarbonization
  • Panel 3: Greening the Power Sector as the Backbone for Energy Transition
  • Panel 4: Accelerating the New Energy Vehicle to Transform the Automotive Industry
  • Panel 5: Fuels of the Future for Low Carbon Industry Solutions
  • Panel 6: Green Business Opportunities in Indonesia
  • Panel 7: Technology and Human Capital Enablers to Pave the Path to Sustainable Growth
  • Panel 8: Biodiversity Protection and Circular Economy Opportunities for a Livable Planet
  • Panel 9: Advancing Carbon Capture Partner, Boston Consulting Group to Reverse Carbon Emissions
  • Panel 10: Putting a Price on Carbon Company, Singapore to Advance Low-Carbon Growth.
 
 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya