OJK Janji Awasi Keuangan Konglomerasi Bank Lebih Ketat

Melihat perkembangan bisnis yang semakin besar, OJK berjanji akan memberikan perhatian serius pada keuangan kelompok perusahaan perbankan. Perhatian dilakukan karena sudah banyak perbankan yang memiliki anak perusahaan.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Mar 2013, 14:40 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2013, 14:40 WIB
muliaman130325b.jpg

Melihat perkembangan bisnis yang semakin besar, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berjanji akan memberikan perhatian serius pada keuangan kelompok perusahaan perbankan. Perhatian dilakukan karena sudah banyak perbankan yang memiliki anak perusahaan.

"Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap keuangan grup perusahaan, yang menjadi bagian dari prioritas utama OJK," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad ketika ditemui di Jakarta, Senin (25/3/2013).

Muliaman mengakui, proses untuk pengawasan keuangan dari konglomerasi perbankan ini sudah cukup jauh,. Bahkan pihaknya kini sudah dalam tahap finalisasi ketentuan pengawasan konglomerasi perbankan tersebut.

OJK memastikan institusinya akan terus mengawasi semua induk perusahaan keuangan yang dari tahun ketahun terus mengalami perkembangan. Keuangan group yang dimaksud adalah perbankan yang memiliki banyak anak usaha atau yang memiliki banyak anak usaha di lembaga keuangan.

"Kalau pun ketika pengawasan sudah beralih ke OJK, maka approach ke group keuangan juga akan difinalisasi, sehingga nanti akan ada penerapannya," kata Muliaman.

Ia menambahkan, pihak OJK akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat banyak mengenai pengawasan group keuangan tersebut, karena OJK disini merupakan salah satu harapan masyarakat. (Dis/Shd)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya