The Fed Tahan Suku Bunga Acuan di 5,25%-5,5%

Federal Reserve (The Fed) kembali mempertahankan suku bunga acuannya. Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan pinjaman dalam kisaran 5,25%-5,5%.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Des 2023, 08:11 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 08:10 WIB
The Fed
Federal Reserve (The Fed) kembali mempertahankan suku bunga acuannya. Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan pinjaman dalam kisaran 5,25%-5,5%. (www.n-tv.de)

Liputan6.com, Jakarta Federal Reserve (The Fed) kembali mempertahankan suku bunga acuannya dan bersiap untuk melakukan beberapa pemangkasan pada 2024 mendatang. Ini merupakan langkah ketiga kalinya bank sentral Amerika Serikat mempertahankan suku bunga.

Mengutip CNBC International, Kamis (14/12/2023) para pengambil kebijakan di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan pinjaman dalam kisaran 5,25%-5,5%.

Seiring dengan keputusan untuk tetap mempertahankan suku bunga, anggota komite memperkirakan setidaknya tiga kali penurunan suku bunga pada tahun 2024, dengan asumsi kenaikan seperempat poin persentase.

Jumlah tersebut kurang dari empat harga pasar, namun lebih agresif dari yang diindikasikan para pejabat The Fed sebelumnya.

"Inflasi telah mereda dari titik tertingginya, dan hal ini terjadi tanpa peningkatan pengangguran yang signifikan. Itu kabar baik," demikian pernyataan Ketua Jerome Powell saat konferensi pers.

Suku Bunga The Fed ke Level Tertinggi

Pasar telah mengantisipasi secara luas keputusan untuk tetap mempertahankan suku bunga tersebut, yang dapat mengakhiri siklus kenaikan suku bunga sebanyak 11 kali, mendorong suku bunga The Fed ke level tertinggi dalam lebih dari 22 tahun.

Namun terdapat ketidakpastian mengenai seberapa ambisius FOMC dalam melakukan pelonggaran kebijakan.

Ekspektasi masing-masing anggota menunjukkan empat pemangkasan suku bunga pada tahun 2025, atau satu poin persentase penuh.

Kemudian berlanjut dengan 3 kali pengurangan suku bunga AS pada tahun 2026 akan menurunkan suku bunga dana Fed Fund menjadi antara 2%-2,25%, mendekati perkiraan jangka panjang, meskipun terdapat perbedaan besar dalam perkiraan untuk dua tahun terakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Inflasi AS

Mengenal Konsep Inflasi dalam Ekonomi
Ilustrasi Konsep Inflasi Credit: pexels.com/pixabay

Namun, pasar menindaklanjuti pertemuan dan konferensi pers Ketua Jerome Powell dengan memperkirakan jalur penurunan suku bunga yang lebih agresif, mengantisipasi penurunan suku bunga sebesar 1,5 poin persentase pada tahun depan, dua kali lipat kecepatan yang ditunjukkan FOMC.

Dengan kemungkinan kenaikan suku bunga telah berakhir, pernyataan tersebut mengatakan bahwa komite akan mempertimbangkan berbagai faktor untuk apa pun pengetatan kebijakan lagi, sebuah kata yang belum pernah muncul sebelumnya.

"Meskipun cuaca di luar masih dingin, The Fed telah menyarankan potensi pencairan suku bunga tinggi yang dibekukan selama beberapa bulan ke depan, kata Rick Rieder, kepala investasi pendapatan tetap global di manajemen aset BlackRock.

Seiring dengan kenaikan suku bunga, The Fed telah mengizinkan hasil obligasi hingga USD 95 miliar per bulan yang jatuh tempo untuk dikeluarkan dari neracanya.

Proses tersebut terus berlanjut, dan belum ada indikasi bahwa The Fed bersedia membatasi porsi pengetatan kebijakan tersebut.

Pejabat The Fed memprediksi inflasi inti AS akan turun menjadi 3,2 persen pada tahun 2023 dan 2,4 persen pada tahun 2024, kemudian menjadi 2,2 persen pada tahun 2025.

Terakhir, inflasi AS diproyeksi kembali ke target 2 persen pada tahun 2026.


Fed Perlu Pangkas Suku Bunga 5 Kali di 2024

Wall Street
Pedagang bekerja di New York Stock Exchange saat Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara setelah mengumumkan kenaikan suku bunga di New York, Amerika Serikat, 2 November 2022. (AP Photo/Seth Wenig)

Pengamat menilai Federal Reserve (The Fed) perlu memangkas suku bunga setidaknya sebanyak lima kali di 2024 mendatang, untuk menghindari ekonomi AS masuk ke dalam resesi.

Salah satu pendiri dan mitra pengelola MBMG Group, Paul Gambles mengatakan bahwa The Fed berada di belakang kurva pemotongan suku bunga, dan untuk menghindari siklus pengetatan moneter yang ekstrem dan berlarut-larut, perlu melakukan setidaknya lima pemangkasan di 2024.

"Saya pikir kebijakan The Fed saat ini sangat terputus dari faktor ekonomi dan kenyataan, sehingga Anda tidak dapat membuat asumsi apa pun mengenai kapan The Fed akan bangkit dan mulai mencium besarnya kerusakan yang sebenarnya mereka timbulkan terhadap perekonomian," ujar Gambles, dikutip dari CNBC International, Selasa (5/12/2023).

Seperti diketahui, suku bunga kebijakan AS saat ini berada pada angka 5,25%-5,50%, tertinggi dalam 22 tahun terakhir.

Para pedagang sekarang memperkirakan pemotongan sebesar 25 basis poin pada awal Maret 2024, menurut CME FedWatch Tool.

Sementara itu, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan kemenangan atas inflasi, sehingga melemahkan ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga tahun depan.

"Masih terlalu dini untuk menyimpulkan dengan yakin bahwa kita telah mencapai sikap yang cukup membatasi, atau berspekulasi mengenai kapan kebijakan akan dilonggarkan," ujar Powell dalam pernyataannya.

Data terbaru dari AS mengisyaratkan berkurangnya tekanan inflasi, namun Powell menekankan bahwa para pengambil kebijakan berencana untuk menjaga kebijakan suku bunga tetap ketat, sampai mereka yakin bahwa inflasi kembali ke target bank sentral 2 persen.

Pada Oktober 2023, inflasi AS tidak berubah dibandingkan bulan sebelumnya, meningkatkan harapan bahwa siklus kenaikan suku bunga The Fed yang agresif mulai menurunkan inflasi.

Indeks harga konsumen Departemen Tenaga Kerja, yang mengukur sejumlah besar barang dan jasa yang umum digunakan, naik 3,2 persen pada bulan Oktober namun tetap datar dibandingkan bulan sebelumnya.


Perkiraan Investor

Wall Street
Pedagang bekerja di New York Stock Exchange, New York, 10 Agustus 2022. (AP Photo/Seth Wenig, file)

Investor veteran David Roche mengatakan bahwa, kecuali ada guncangan eksternal yang besar terhadap inflasi AS dalam bentuk energi atau makanan, maka “hampir pasti” bahwa The Fed akan menaikkan suku bunganya, yang juga berarti pergerakan berikutnya akan turun.

“"Saya akan tetap pada 3 persen, yang menurut saya sudah tercermin dalam banyak harga aset. Saya rasa kita tidak akan lagi menekan inflasi hingga 2 persen. Hal ini terlalu melekat pada perekonomian dalam berbagai hal," kata Roche, presiden dan ahli strategi global di Independent Strategy.

"Bank sentral tidak perlu melakukan perlawanan sekeras sebelumnya. Oleh karena itu, tingkat inflasi yang tertanam akan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yaitu sebesar 3 persen bukan 2 persen," beber Roche, yang dengan tepat memperkirakan krisis Asia pada tahun 1997 dan krisis keuangan global tahun 2008.

Saat ini, pasar tengah menanti rencana suku bunga The Fed pada pertemuan berikutnya dan terakhir tahun ini pada 13 Desember mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya