Laut Merah Kembali Memanas, Harga Minyak Mentah Dunia Berpotensi Naik Lagi

Harga minyak turun pada hari Selasa karena para pedagang memantau meningkatnya ketegangan di Laut Merah

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 03 Jan 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 08:00 WIB
FOTO: Kapal Kargo Ever Given Berhasil Dievakuasi dari Terusan Suez
Harga minyak turun pada hari Selasa karena para pedagang memantau meningkatnya ketegangan di Laut Merah (Suez Canal Authority via AP)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada hari Selasa karena para pedagang memantau meningkatnya ketegangan di Laut Merah di tengah rekor produksi minyak mentah AS dan kekhawatiran terhadap permintaan di Tiongkok.

Diktuip dari CNBC, Rabu (3/1/2024), harga minyak Kontrak West Texas Intermediate untuk bulan Februari kehilangan USD 1,27, atau 1,77%, menjadi menetap di USD 70,38 per barel. Kontrak Brent untuk bulan Maret turun USD 1,15, atau 1,49%, diperdagangkan pada USD 75,89.

Harga minyak mentah telah melonjak lebih dari 2% pada awal sesi perdagangan karena meningkatnya ketegangan di Laut Merah, yang merupakan titik persimpangan perdagangan global yang penting.

Helima Croft, kepala strategi komoditas global di RBC Capital Markets, mengatakan harga minyak tidak mencerminkan peningkatan ketegangan karena para pedagang tidak yakin bahwa gangguan pasokan besar akan segera terjadi.

“Pasar pada dasarnya mengatakan 'kami akan menunggu dan melihat sampai sesuatu terjadi,'” kata Croft kepada CNBC pada hari Selasa. “Tetapi setiap hari keadaannya menjadi semakin serius,” katanya mengenai ketegangan di wilayah tersebut.

Rekor Produksi AS

Para pedagang lebih fokus pada latar belakang makroekonomi dari rekor produksi AS dan melemahnya permintaan di Tiongkok, kata Adi Imsirovic, seorang pedagang minyak veteran yang kini menjadi pakar keamanan energi di Pusat Studi Strategis dan Internasional.

Raksasa pelayaran Denmark, Maersk, Selasa mengatakan pihaknya akan menghentikan pengiriman melalui Laut Merah sampai pemberitahuan lebih lanjut setelah salah satu kapalnya diserang oleh militan pada akhir pekan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Iran Kerahkan Kapal Perang

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Dan Iran pada hari Senin mengerahkan kapal perusaknya ke Laut Merah, menurut kantor berita Tansim. Laporan tersebut tidak menguraikan rincian misi kapal perang tersebut, namun mengatakan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei menekankan perlunya mempertahankan kehadiran di perairan internasional.

Tindakan Teheran terjadi setelah helikopter Angkatan Laut AS menghancurkan tiga kapal pemberontak Houthi yang didukung Iran. Angkatan Laut menanggapi panggilan darurat dari kapal berbendera Singapura Maersk Hangzhou yang diserang Houthi, kata Komando Pusat AS dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara pemberontak pada hari Minggu, kelompok Houthi menyatakan bahwa kapal-kapal tersebut sedang melakukan “tugas resmi untuk mengamankan rute maritim”, sebuah saluran berita milik pemberontak menyatakan.

“Setiap eskalasi konflik di wilayah ini tentu akan menambah premi risiko pada Brent,” kata Analis Energi Senior Bernstein, Neil Beveridge, kepada CNBC. Namun, dia mencatat bahwa belum akan ada dampak besar.

“Kami belum pernah melihat serangan angkatan laut Iran sebelumnya. Dan selama tidak mengarah pada eskalasi, maka saya tidak melihat dampak signifikan pada level ini,” tambahnya.

 


Pembalasan Gaza

Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/wirestock
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/wirestock

Kelompok Houthi telah menyerang kapal-kapal di Laut Merah, menargetkan kapal-kapal Israel dan kapal-kapal lain yang menuju atau dari Israel, sebagai pembalasan atas perang di Gaza yang sejauh ini telah menewaskan hampir 22.000 orang di sana.

Perusahaan pelayaran besar berhenti melintasi rute Terusan Suez dan Laut Merah pada awal Desember, dan memilih mengubah rute melalui Afrika bagian selatan – perjalanan yang lebih lama dan lebih mahal dengan tarif angkutan laut yang mencapai $10.000 per kontainer.

Pengirim kontainer Jerman Hapag-Lloyd mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya akan terus mengalihkan kapalnya di sekitar Terusan Suez.

AS telah meluncurkan kekuatan maritim multinasional, Operation Prosperity Guardian, dalam upaya melindungi perdagangan di jalur perairan utama tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya