Erick Thohir Mau Percantik Kawasan Monas

Erick Thohir menggandeng Heru Budi untuk memaksimalkan peran aset-aset BUMN tadi sebagai dukungan untuk memperkuat daya tarik kawasan Monas.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 02 Agu 2024, 20:20 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 20:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menjamu Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di kantor Kementerian BUMN.(Instagram Erick Thohir)
Menteri BUMN Erick Thohir menjamu Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di kantor Kementerian BUMN.(Instagram Erick Thohir)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir berencana memperindah kawasan Monumen Nasional (Monas). Harapannya kawasan ini bisa menarik lebih banyak wisatawan.

Hal ini disampaikam Erick Thohir saat menjamu Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di kantor Kementerian BUMN. Erick melihat pemugaran kawasan Monas bisa mengerek ekonomi DKI Jakarta.

"Pagi tadi saya rapat dengan PJ Gubernur DKI Pak @herubudihartono membahas rencana menjadikan dan merenovasi kawasan Monas sebagai City Center yang bisa meningkatkan ekonomi daerah Jakarta dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta," tulis Erick melalui akun Instagram @erickthohir, dikutip Jumat (2/8/2024).

Dia menjelaskan, kawasan Monas dikelilingi oleh banyak aset BUMN. Misalnya, ada 13 aset yang dikelola oleh Danareksa.

Erick menggandeng Heru Budi untuk memaksimalkan peran aset-aset BUMN tadi sebagai dukungan untuk memperkuat daya tarik kawasan Monas.

13 Aset BUMN

"Kami terus berkonsolidasi dengan Pemerintah DKI Jakarta untuk mengoptimalisasi 13 aset BUMN yang dikelola Danareksa," kata Erick.

Rencana ini memang sudah sering digulirkan Erick di beberapa kesempatan. Termasuk rencana menambahkan pepohonan di sekitar kawasan, sejalan dengan upaya memperindah kantor-kantor BUMN di lingkar kawasan Monas.

"Dukungan dari Pemerintah DKI Jakarta sangat penting untuk menjadikan kawasan ini menjadi lebih menarik, lebih hijau, dan lebih terintegrasi, sehingga bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru," harapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rencana Erick Thohir

Erick Thohir Bahas Jiwasraya
Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan paparan dalam rapat dengan Panitia Kerja (Panja) DPR RI untuk skandal di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/1/2020). Erick Thohir diundang untuk membahas penyelesaian sengkarut Jiwasraya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, nantinya kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta tak akan kalah dengan Central Park, New York, Amerika Serikat (AS). Hal ini ditandai dengan dimulainya pembangunan BSI Tower, di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Erick mengatakan, kawasan Monas sendiri merupakan kawasan yang potensial. Dia juga mengaku telah membangun diskusi dengan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk pengembangannya.

"Kalau kita lihat memang potensi di wilayah ini luar biasa," ujarnya dalam seremoni Groundbreaking BSI Tower, di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Dia mengatakan, nantinya kawasan monas akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Jakarta. Ini ditaksir bisa terjadi setelah pusat pemerintahan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kalau kita lihat sesuai diskusi saya dengan Pj Gubernur Pak Heru waktu itu bahwa kawasan Monas ini ketika kita pindah ke IKN ini akan jadi salah satu city center atau tempat pertumbuhan ekonomi Jakarta ke depan," ungkapnya.

 


Sekelas Central Park New York

Bahkan, dia mencoba membandingkan dengan kawasan Central Park di New York. Dia bermimpi kawasan Monas tak akan kalah dengan hadirnya BSI Tower.

"Dimana kawasan Monas ini akan dihijaukan, jadi enggak kalah dengan kota besar lain, kalau di New York ada Central Park, di London ada yang lain, kita juga punya nanti di depan. Jadi untuk berinvestasi di sini saya rasa BUMN tak salah, apalagi ini aset yang luar biasa," paparnya.

"Dan Ini menjadi salah satu tentu financial center dan kita awali, kita kawali membangun 2 gedung kembar, yaitu Danareksa Tower dan BSI Tower," sambung Erick Thohir.

Infografis Erick Thohir Bakal Pangkas BUMN Jadi Hanya 30. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Erick Thohir Bakal Pangkas BUMN Jadi Hanya 30. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya