Ini Sederet Kebijakan Jokowi yang Bakal Dilanjutkan Prabowo-Gibran

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan sejumlah kebijakan pemerintah yang akan dilanjutkan nantinya. Mulai dari hilirisasi hingga pembangunan lumbung pangan atau food estate.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 05 Agu 2024, 21:30 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 21:30 WIB
Jokowi, Prabowo dan Erick Thohir
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Senin, (24/7/2023). Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan sejumlah kebijakan pemerintah yang akan dilanjutkan nantinya. Mulai dari hilirisasi hingga pembangunan lumbung pangan atau food estate.

Artinya, sejumlah kebijakan itu akan tetap dijalankan pada masa pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

"Berikutnya kita melihat beberapa kebijakan yang terus dilanjutkan oleh pemerintah. Adalah kita terus dorong hilirisasi, terus bangun infrastruktur, kemudian juga aksesi kita terhadap OECD, kita berproses juga dengan ratifikasi dari IPEF, IndoPasific Economic Framework," ungkap Menko Airlangga dalam Konferensi Pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (5/8/2024).

"Kemudian juga kita mengembangkan kawasan sentra pangan, baik itu di Merauke maupun di Kalimantan Tengah," sambungnya.

Pada saat yang sama, pemerintah juga akan membidik pengembangan industri digital. Mengingat sektor digital ini menyimpan potensi USD 80 miliar tahun ini dan bisa meningkat ke USD 400 miliar di 2030 mendatang.

"Dan dengan digitalisasi di ASEAN ini diharapkan angkanya bisa double menjadi USD 2 triliun, dan ini menjadi salah satu andalan Indonesia ke depan," ucapnya.

Upaya ini dilakukan misalnya dengan pengembangan semikonduktor di Indonesia. Menurutnya, industri Indonesia sudah memiliki pasar di Amerika.

"Karena salah satu yang penting adalah pengembangan micro chips atau micro design. Kemarin saya dengan Tsinghua University yang hari Sabtu yang terkait dengan MIT-nya China. Mereka juga akan men-support. Demikian pula dari Amerika menawarkan kerja sama dengan Purdue University. Dan berbagai lembaga pendidikan termasuk di Jerman United Academy," urainya.

"Dan selanjutnya juga kita akan mendorong terkait dengan pengembangan biotechnology yang sangat diperlukan untuk industri kesehatan," sambung Menko Airlangga Hartarto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemerintah Mau Kebut Belanja di Sisa Tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers tentang capaian Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers tentang capaian Pertumbuhan Ekonomi Indonesia (dok: Arief)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan menggenjot belanja negara di sisa tahun 2024 ini. Harapannya, hal itu bisa turut mendorong angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Diketahui, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,05 persen pada kuartal II-2024 ini. Sebelumnya, ekonomi nasional tumbuh 5,11 persen di kuartal I-2024.

"Ya pertama untuk Q3 dan Q4 tentu pemerintah melihat faktor apa lagi yang kita bisa dorong. Namun salah satu yang pemerintah akan dorong juga terkait dengan belanja pemerintah. Sehingga belanja pemerintah diharapkan bisa digenjot di kuartal III ini," kata Menko Airlangga dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Sejalan dengan itu, diturut menimbang adanya kemudahan yang diberikan kepada sektor konstruksi. Kemudian, turut mendorong sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk ikut tumbuh.

 


Restrukturisasi Kredit UMKM

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ekon.go.id)

Sial UMKM ini, dia mendorong adanya restrukturisasi kredit UMKM bagi akad per tahun 2022 lalu. Ketentuan lengkapnya diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Beberapa hal yang terkait dengan UMKM, kan kemarin pemerintah sudah mendorong dalam kebijakan untuk UMKM yang terlibat dalam kredit usaha rakyat yang akadnya sudah ditandatangani di tahun 2022 itu bisa direstrukturisasi sesuai dengan regulasi OJK," paparnya.

"Itu keputusannya juga sudah dibahas dalam rapat komite dari KUR," imbuh Menko Airlangga.

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya