Pengusaha Ekspor Impor Kini Lebih Mudah Kirim Barang Pakai Kereta Api

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, menyatakan bahwa melalui layanan KALOG Plus, khususnya layanan kereta api kontainer, perusahaan hadir di kawasan strategis yang dekat dengan pelabuhan

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 19 Sep 2024, 14:45 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 14:45 WIB
KAI Logistik
KAI Logistik

 

Liputan6.com, Jakarta PT KAI Logistik, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), terus memperkuat posisinya di sektor logistik Indonesia. Dengan mengutamakan layanan logistik terpadu yang mudah dan efisien dengan kereta api, KAI Logistik fokus meningkatkan konektivitas untuk mendukung kelancaran distribusi dalam rantai pasok nasional.

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, menyatakan bahwa melalui layanan KALOG Plus, khususnya layanan kereta api kontainer, perusahaan hadir di kawasan strategis yang dekat dengan pelabuhan.

"Ini memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam melakukan pengiriman dan distribusi multimoda, termasuk logistik ekspor dan impor," katanya, Kamis (19/9/2024).

Saat ini, KAI Logistik telah menghubungkan layanan kereta api ke sejumlah kawasan strategis, seperti:

  • Jakarta International Container Terminal (JICT) ke Pelabuhan Tanjung Priok
  • Stasiun Sungai Lagoa ke Pelabuhan Tanjung Priok
  • Stasiun Ronggowarsito ke Pelabuhan Tanjung Mas
  • Stasiun Kalimas ke Pelabuhan Tanjung Perak

Selain itu, layanan KA Kontainer KAI Logistik juga terhubung dengan lokasi-lokasi strategis lainnya seperti:

  • Stasiun Klari ke Kawasan Industri Surya Cipta di Karawang
  • Stasiun Sungai Lagoa ke Kawasan Berikat Nusantara Marunda di Jakarta
  • Stasiun Ronggowarsito ke Kawasan Industri Wijayakusuma dan Kawasan Industri Terpadu Batang di Semarang

Angka Pengiriman Kontainer

Pada Agustus 2024, KAI Logistik mencatat peningkatan signifikan dalam pengiriman kontainer, dengan total 1.433.988 ton barang, meningkat 26% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pencapaian ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam memperkuat jaringan logistik nasional melalui transportasi kereta api.

"Kami berkomitmen menyediakan solusi logistik yang terintegrasi, cepat, dan efisien dengan terus memperkuat konektivitas guna mengoptimalkan rantai pasok nasional," ujar Fredi.

Konektivitas ini diharapkan mampu memfasilitasi pelaku industri, baik untuk distribusi dalam negeri maupun untuk ekspor dan impor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Komitmen Perusahaan

KAI Logistik terus berinovasi dalam meningkatkan layanan logistik berskala kecil melalui KALOG Express.
KAI Logistik terus berinovasi dalam meningkatkan layanan logistik berskala kecil melalui KALOG Express. (dok: KAI Logistik)

Lebih lanjut, Fredi menambahkan bahwa perusahaan berharap dapat memperluas jangkauan layanan ke lebih banyak stasiun yang terintegrasi dengan kawasan strategis lainnya, sejalan dengan komitmen KAI Logistik untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional.

"Dengan konektivitas yang semakin baik, KAI Logistik optimis dapat menjadi pemain utama dalam ekosistem logistik nasional, memperkuat distribusi barang dan mendorong pertumbuhan ekonomi," tutup Fredi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya