Bungkam Uzbekistan, Tiongkok ke Perempat Final

Tiongkok menang tipis 2-1 atas Uzbekistan di laga kedua Grup B.

oleh Juprianto Alexander Sianipar diperbarui 14 Jan 2015, 19:11 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2015, 19:11 WIB
Sun Ke
Sun Ke (REUTERS/Edgar Su)

Liputan6.com, Brisbane - Tiongkok menandai kiprah di Piala Asia 2015 setelah 11 tahun absen dengan impresif. Berkat kemenangan tipis atas Uzbekistan 2-1 di Stadion Suncorp, Brisbane, Rabu (14/1/2015), tim asuhan Alain Perrin melaju ke babak perempat final.

Saat ini, Tiongkok sudah mengoleksi enam poin dari dua pertandingan Grup B. Jumlah poin itu membuat mereka unggul tiga poin dari Arab Saudi dan Uzbekistan yang nangkring di peringkat kedua dan ketiga grup.

Di laga sore tadi, Tiongkok harus tertinggal lebih dahulu dari Uzbekistan, semifinalis Piala Asia 2011. Odil Ahmedov membawa Uzbekistan unggul 1-0 lewat golnya di menit ke-22. 

Tendangan kerasnya yang coba dihalau pemain Tiongkok justru berbalik arah dan mengelabui kiper Wang Dalei. Skor 1-0 untuk Uzbekistan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Tiongkok mampu menyamakan kedudukan. Adalah gelandang bertahan Wu Xi yang bikin skor 1-1 lewat golnya pada menit ke-55. 

Di menit ke-68, Tiongkok bahkan sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1. Keputusan Perrin memasukan Sun Ke berbuah manis karena pemain yang memperkuat Jiangsu Sainty muncul sebagai penentu kemenangan timnya.

Selepas gol Sun Ke ke gawang Ignatiy Nesterov, Tiongkok terus mendominasi permainan. Sayang, dua peluang melalui Zhang Linpeng dan Sun Ke tidak berujung gol. Skor akhir pun tetap 2-1 hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir berbunyi.

Susunan Pemain
Tiongkok (4-2-3-1) : Wang Dalei; Zhipeng, Linpeng, Ren Hang, Mei Fang; Wu Xi, Zheng Zhi; Chengdong/ Binbin (81), Wu Lei, Yu Hai/ Junmin (46); Gao Lin/ Sun Ke (66)
Pelatih : Alain Perrin

Uzbekistan (4-5-1) : Nesterov; Ismailov, Shorakhmedov, Mulladjanov/ Tuhtahujaev (46), Denisov; Haydarov, Tursunov/ Hasanov (71), Kapadze, Djeparov/ Rashidov (61), Ahmedov; Sergeev
Pelatih : Mirdjalal Kasimov

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya