Hanya Didenda, West Ham Batal Ditendang dari Piala FA

West Ham bisa bernafas lega lolos dari sanksi ditendang dari Piala FA dan bisa fokus lawan MU.

oleh Defri Saefullah diperbarui 05 Feb 2015, 12:31 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2015, 12:31 WIB
Diafra Sakho
Diafra Sakho (Daily Mail)

Liputan6.com, London: West Ham akhirnya batal ditendang dari Piala FA usai FIFA sempat mempermasalahkan dimainkannya striker Senegal, Diafra Sakho di babak keempat Piala FA lawan Bristol City. FIFA mempermasalahkan Sakho yang awalnya disebut tak bisa membela Senegal di Piala AFrika karena cedera, malah turun di laga tersebut.

West Ham sempat diancam ditendang dari Piala FA jika terbukti bersalah. Namun, FIFA akhirnya melunak dan hanya menjatuhkan sanksi denda 71 ribu pounds (Rp1,3 Miliar). Sakho seperti diketahui diturunkan sebagai pemain pengganti di menit ke-57 pada laga West Ham vs Bristol City.

Sakho mencetak gol penentu kemenangan di kemenangan 1-0 West Ham atas Bristol City. Ini yang dipermasalahkan FIFA karena seharusnya Sakho membela Senegal di Piala AFrika.

West Ham sendiri bersikeras tak bersalah dan sangat lega dengan keputusan FIFA ini.West Ham berdalih jika Sakho sebelumnya memang mengeluh cedera punggung sehingga tak bisa berangkat membela timnas Senegal.

"Klub dan pemain sudah menerima keputusan ini dan bakal fokus di laga melawan Manchester United pada Sabtu nanti," bunyi pernyataan resmi klub seperti dikutip Guardian.

Sanksi denda dari FIFA seakan "melanggar" bunyi aturan yang mereka buat sendiri yang berbunyi," jika klub menolak untuk melepas pemain, komite status pemain bakal meminta asosiasi negara bersangkutan untuk menyatakan klub pelanggar kalah dari lawannya."

Jika itu dijalankan, West Ham bakal terlempar dari babak kelima Piala FA dan harus menyerahkan hadiah yang diterima pada babak keempat Piala FA kepada Bristol City. Bristol pula yang dinyatakan lolos ke babak kelima, namun itu tak terjadi.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk tanggapan Bristol City----->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Bristol City

Bristol City langsung bereaksi dengan keputusan FIFA ini. Mereka sangat kecewa karena batal mendapatkan "limpahan" lolos ke babak kelima.

Apalagi sanksi 71 ribu pounds masih lebih kecil dari uang hadiah 90 ribu pounds yang didapatkan West Ham saat lolos ke babak kelima Piala FA.

Selain itu, West Ham bakal mendapatkan 250 ribu pounds dari hak siar televisi untuk duel West Ham vs West Bromwich Albion di babak kelima Piala FA. Bristol buruknya tak bisa melakukan banding atas keputusan FIFA ini.

"Klub sangat kecewa dengan sanksi denda yang diberikan FIFA kepada West Ham dan saat ini masih memikirkan tindakan berikutnya yang harus dilakukan," bunyi pernyataan resmi klub.

Baca juga:

"Inter Milan Tim Ayam"

5 Pemain Asal Pilih dari Sir Alex Ferguson

Liverpool Tantang Klub Milik Pengusaha Indonesia

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya