Luar Biasa, Porto Permalukan Bayern Munich

FC Porto mengawali leg pertama babak perempat final Liga Champions dengan hasil positif yakni mengalahkan Bayern Muenchen 3-1.

oleh Risa Kosasih diperbarui 16 Apr 2015, 03:51 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2015, 03:51 WIB
Mengesankan, Porto Bungkam Bayern 3-1 (udah)
FC Porto mengawali leg pertama babak perempat final Liga Champions dengan hasil positif yakni mengalahkan Bayern Muenchen 3-1.

Liputan6.com, Porto - FC Porto mengawali leg pertama babak perempat final Liga Champions dengan hasil positif yakni mengalahkan Bayern Munich 3-1. Bermain di kandang mereka Estadio Do Dragao pada Kamis (16/4) dini hari WIB, gol Porto dicetak Jackson Martinez dan Ricardo Quaresma (2 gol). Sementara gol Bayern dilesakkan Thiago Alcantara.

Laga baru berjalan dua menit namun penampilan Bayern harus dicederai oleh kesalahan Xabi Alonso yang gagal menghentikan Jackson Martínez di depan kotak penalti. Kiper Bayern Manuel Neuer dengan spontan menghentikan laju penyerang tersebut hingga kartu kuning pertama keluar dari kantung wasit Carlos Velasco pada menit kedua dan menunjuk titik putih.

Quaresma yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil membuka keunggulan dengan tendangan penaltinya tepat ke kanan bawah gawang Neuer. Tak beberapa lama dari gol pertama, giliran blunder bek tengah Dante yang memaksa jala gawang Bayern bergetar lagi.

Berawal dari aksi solo-run Quaresma di menit ke sepuluh, yang gagal dihentikan Dante, sang skipper dengan bebas melakukan tembakan usai mengelabui Neuer. Skor 2-0 untuk Porto.

Pada menit ke 28, Die Roten akhirnya memperkecil ketertinggalan lewat tendangan cantik Thiago Alcantara hasil umpan dari sisi kiri gawang kiper Fabiano. Thiago yang memiliki posisi tepat depan sang penjaga gawang dan tanpa pengawalan, langsung membelokkan umpan rekannya tersebut.

 Bayern Munich's Thiago Alcantara (C) holds the ball after scoring a goal against Porto during their Champions League quarterfinal first leg soccer match at Dragao stadium in Porto April 15, 2015. REUTERS/Miguel Vidal

Hingga babak pertama berakhir, skor tak berubah 2-1 untuk keunggulan Porto.

Susunan Pemain

Porto: Fabiano; Danilo, Martins Indi, Maicon, Alex Sandro, Casemiro, Brahimi, Herrera, Óliver Torres, Quaresma, Martínez.

Bayern: Neuer; Rafinha, Dante, Boateng, Bernat, Alonso, Lahm, Thiago, Götze, Müller. Lewandowski.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Jackson Martinez
Porto's Jackson Martinez celebrates after scoring his goal against Bayern Munich during their Champions League quarterfinal first leg soccer match at Dragao stadium in Porto April 15, 2015. REUTERS/Rafael Marchante

Di babak kedua ini, Bayern seperti kehilangan ketajamannnya. Meski penguasaan bola kedua tim cenderung berimbang 50:50, Die Roten kehilangan bola di separuh lapangan.

Pada menit ke 65, Porto malah mencetak gol ketiga dalam pertandingan ini lewat kaki Jackson Martinez. Berawal dari umpan jauh bek Alex Sandro dari sisi kanan, Martinez terlibat duel udara dengan pemain belakang lawan, Jerome Boateng.

Sayang, bola langsung dikuasai Martinez dan penyerang Kolombia tersebut menggiring ke dalam area berbahaya Bayern. Dengan mengelabui Neuer, bola dilesakkan ke sisi kanan gawang.

Absennya Arjen Robben dan Frank Ribery membuat aliran bola terpaku pada Muller dan Lewandoski. Tetapi, pergerakan keduanya berhasil ditutup oleh para pemain belakang Porto dan hanya bisa bermain-main di lini tengah.

Berniat mempertajam serangan, pelatih Pep Guardiola menarik Xabi Alonso untuk memasukkan Badstuber pada menit ke 74. Sedangkan Mario Goetze harus digantikan oleh Sebastian Rode.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan, tak ada tambahan gol yang tercipta. Skor berakhir 3-1 untuk kemenangan Porto dan langkah anak-anak asuhan pelatih Julen Lopetegui ini sedikit ringan untuk menghadapi leg kedua di kandang Bayern 22 April mendatang.

Susunan Pemain:

Porto XI: Fabiano; Danilo, Martins Indi, Maicon, Alex Sandro, Casemiro, Brahimi (Hernani 80), Herrera, Óliver Torres (Neves 75), Quaresma (Evandro 84), Martínez.

Bayern XI: Neuer; Rafinha, Dante, Boateng, Bernat, Alonso (Badstuber 74)), Lahm, Thiago, Götze (Rode 56), Müller. Lewandowski.

Baca Juga:

"Musim Depan, MU Juara Liga Premier Inggris!"

4 Tim Raksasa Eropa yang Gagal Diperkuat Eks Striker Persib

Timnas Indonesia Jumpa Thailand, Van Dijk Malah Kebingungan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya