Tumbangkan Denmark, Indonesia Juara Grup C Piala Sudirman

Dalam partai yang sudah tidak menentukan lagi, pasangan Jordan/Debby harus mengakui keunggulan ganda campuran Denmark.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 13 Mei 2015, 16:21 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2015, 16:21 WIB
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto tersingkir di semifinal Yonex All England Open 2015

Liputan6.com, Dongguan - Indonesia menang tipis 3-2 atas Denmark di ajang Piala Sudirman 2015 yang digelar di Dongguan, Tiongkok. Dengan hasil ini, Indonesia keluar sebagai juara grup C kejuaraan dunia bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman 2015.

Indonesia memetik angka pertama dari pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Setelah itu, tunggal putri Bellaetrix Manuputty turut menyumbang poin.

Tim Merah Putih harus kehilangan angka setelah pebulutangkis muda Indonesia, Firman Abdul Kholik, dikalahkan Jan O Jorgensen. Kemenangan Indonesia ditentukan pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang mengalahkan Maiken Fruergaard/Maria Helsbol 21-16, 21-13.

Tapi, dalam partai yang sudah tidak menentukan lagi pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto takluk dari tangan Mads Pieler Kolding/Sara Thygesen 21-9, 17-21 dan 11-21.

Pasangan Jordan/Debby seperti akan dengan mudah mengalahkan lawannya. Di set pertama mereka begitu menguasai permainan dan menyudahi pertandingan dengan angka 21-9.

Seperti di awal pertandingan, pasangan Denmark di set kedua banyak melakukan kesalahan sendiri. Penempatan maupun pengembalian bola  Kolding/Thygesen sering tidak akurat. Jordan/Susanto langsung unggul 5-2.

Namun, seperti belajar dari kekalahan di set pertama, Kolding/Thygesen, mulai agresif melakukan serangan. Smash keras Kolding selalu menyulitkan Jordan dan Debby. Perolehan poin pun mulai ketat.

Postur Kolding yang tinggi sering dimanfaatkan untuk mementahkan bola-bola lambung dari pasangan Indonesia. Setelah skor sama 17-17, pasangan Kolding/Thygesen dengan gampang mengumpulkan angka dan menutup set kedua 21-17.

Pertarungan lebih seru berlangsung di set ketiga. Kejar-mengejar angka sering terjadi di babak penentuan ini. Namun, Jordan/Susanto mulai sering kerepotan membalas tekanan pasangan Denmark. Mereka ketinggalan jauh 5-12.

Alih-alih mengejar angka, penempatan bola Jordan/Debby malah sering tidak akurat. Pasangan Denmark dengan gampang menambah poin dan menyelesaikan set ketiga dengan angka 21-11.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya