Bungkam Bilbao, Barcelona Buka Jalan ke Semifinal Copa del Rey

Barcelona menang 2-1 atas Athletic Bilbao pada leg pertama perempat final Copa del Rey.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 21 Jan 2016, 05:07 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2016, 05:07 WIB
Athletic Bilbao Vs Barcelona
Dua pemain Barcelona, Neymar dan Munir El Haddadi merayakan gol ke gawang Athletic Bilbao pada leg pertama perempat final Copa del Rey di San Mames Baria, Kamis (21/1/2016). (Liputan6.com/REUTERS/Vincent West)

Liputan6.com, Bilbao - Untuk kali kedua dalam waktu empat hari Barcelona harus menghadapi Athletic Bilbao. Pertama pada ajang La Liga Spanyol yang digelar di Camp Nou, 18 Januari lalu. Saat itu, Barca menang telak 6-0 atas Bilbao.

Kali ini, giliran Barca yang bertandang ke kandang Bilbao di Stadion San Mames Baria, Kamis (21/1/2016) dini hari WIB, pada leg pertama perempat final Copa del Rey. Hasilnya, Barca menang tipis dengan skor 2-1.

Di laga ini, pelatih Barca Luis Enrique tidak bisa memainkan dua pemain bintangnya, yakni Lionel Messi dan Luis Suarez. Messi mengalami cedera ringan saat melawan Bilbao pada akhir pekan kemarin. Sementara Suarez tengah menjalani sanksi dua laga.

Meski demikian, Barca mampu mendominasi jalan pertandingan. Ditemani Munir El Haddadi dan Arda Turan di lini depan, Neymar mampu mengancam pertahanan Bilbao. Barca membuka keunggulan di menit ke-18 lewat Munir. Umpan silang mendatar Ivan Rakitic disambut kaki kiri Munir guna menjebol gawang Atletico.

Dua pemain Barcelona, Neymar dan Munir El Haddadi merayakan gol ke gawang Athletic Bilbao pada leg pertama perempat final Copa del Rey di San Mames Baria, Kamis (21/1/2016). (Liputan6.com/REUTERS/Vincent West)

Skor 1-0 untuk Barca tak bertahan lama. Enam menit berselang, Neymar menggandakan keunggulan tim tamu. Berawal dari umpan terobosan, bola coba dipotong kiper Iago Herrerin yang meninggalkan gawangnya. Namun, upaya itu gagal dan bola dikuasai Neymar. Dengan tenang, Neymar mengelabui bek Bilbao sebelum menceploskan bola ke gawang kosong. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Bilbao langsung tampil menggebrak. Permainan keras menjurus kasar diperagakan anak asuh Ernesto Valverde guna mengimbangi agresivitas Barcelona. Hasilnya, empat kartu kuning harus diterima empat pemain Bilbao.

Striker Athletic Bilbao Aritz Aduriz merayakan gol ke gawang Barcelona pada leg pertama perempat final Copa del Rey, Kamis (21/1/2016). (Liputan6.com/REUTERS/Vincent West))

Upaya Bilbao untuk mencetak gol baru tercipta pada menit ke-89. Tendangan San Jose dari luar kotak penalti disambut sontekan Aduriz dan tak bisa diantisipasi kiper Marc Andre ter Stegen. Skor 2-1.

Di sisa waktu, Bilbao mencoba mencetak gol penyeimbang. Namun, hingga pertandingan usai tidak ada lagi gol yang tercipta. Leg kedua akan berlangsung di kandang Barca di Camp Nou pada 28 Januari mendatang.

Susunan pemain

Athletic Bilbao: 13 Iago Herrerin, 16 Etxeita, 4. A Laporte, 30 Lekue, 14 Susaeta (19 Muniain, 56), 7 Benat (6 San Jose, 68), 8 Iturraspe, 10 De Marcos, 5 Eraso (25 Sabin, 62), 20 Aduriz, 15 Inaki Williams

Barcelona: M. ter Stegen, 6 Dani Alves, 3 Pique, 14 J. Mascherano, 8 Iniesta, 7 A. Turan (22 Aleix Vidal, 66), 4 I. Rakitic, 5 Busquest, 20 Sergi Roberto (21 Adriano Correia, 74), 11 Neymar, 17 Munir (19 Sandro Ramirez, 80)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya