MotoGP: Loyo di Latihan Bebas, Rossi Keluhkan Tambalan Aspal

Salah satu yang dikeluhkan Rossi adalah banyak tambalan di lintasan MotoGP Spanyol.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 06 Mei 2017, 12:50 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2017, 12:50 WIB
MotoGP, Valentino Rossi
Ekspresi kekecewaan Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, usai mendapatkan hasil buruk pada latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Spanyol 2017. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi gagal mendapatkan hasil bagus pada latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Spanyol 2017 di Sirkuit Jerez, Jumat (6/5/2017). Catatan waktunya terpaut jauh dari Dani Pedrosa.

Pada latihan bebas pertama MotoGP Spanyol 2017, Rossi hanya bisa menempati posisi ke-16 dengan waktu 1 menit 53,263 detik. Posisinya pada latihan bebas kedua memang sedikit lebih baik. Ia duduk di urutan ke-12 dengan waktu 1 menit 40,698 detik.

Pada latihan bebas pertama, para pembalap beraksi di lintasan yang basah. Berbeda dengan pada latihan bebas kedua di mana lintasan sangat kering. Sayangnya, baik balapan basah ataupun kering, Rossi tak bisa memaksimalkannya.

"Itu adalah hari yang sulit. Saya agak khawatir dengan latihan pagi ini karena sudah basah kuyup dan kami sedikit menderita. Kami tak menemukan setting yang tepat. Dengan motor lama di tempat basah, semuanya lebih mudah," kata Rossi seperti dikutip Crash.

"Sore hari kondisi lintasannya sangat kering, tapi tidak terlalu kering. Ada banyak tikungan dengan tambalan dan agak berbahaya sehingga sulit. Anda tak bisa membalap 100%. Saya tidak cukup cepat," Rossi melanjutkan.

Terlepas dari apa yang dihadapi pada dua sesi awal latihan bebas MotoGP Spanyol, hal itu tak bisa dijadikan indikasi bahwa Rossi bakal mendapatkan hasil buruk. Pasalnya, pembalap berusia 38 tahun itu kini mendapatkan julukan baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sunday Racer

Ia disebut-sebut sebagai Sunday Racer karena selalu cepat saat balapan meski tertatih-tatih di latihan bebas dan kualifikasi. Bahkan, banyak pihak yang menyebut The Doctor tak butuh latihan bebas untuk mendapatkan podium saat balapan.

Aksi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi pada latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Spanyol 2017. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Tren itu kembali terlihat di musim ini. Bahkan, Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang konsisten meraih podium di tiga balapan awal. Sukses itu pula yang membuat Rossi memuncaki klasemen pembalap dengan keunggulan enam poin atas rekan setimnya, Maverick Vinales.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya