Fakta Menarik Semifinal Liga Champions

Liga Champions 2017/18 telah mencapai babak semifinal. Liverpool, Real Madrid, Bayern Munchen, dan AS Roma menjadi tim yang akan berlaga di sana.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 12 Apr 2018, 13:45 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2018, 13:45 WIB
Logo Liga Champions
Logo Liga Champions (Ilustrasi stadion)

Liputan6.com, Madrid - Liga Champions 2017/18 telah mencapai babak semifinal. Liverpool, Real Madrid, Bayern Munchen, dan AS Roma menjadi tim yang akan berlaga di sana.

Di antara para semifinalis, Real Madrid bisa jadi tim yang paling diunggulkan. Maklum, mereka adalah juara bertahan sekaligus pemegang gelar juara terbanyak Liga Champions dengan 12 kali.

Di belakang Madrid, ada Bayern Munchen dan Liverpool. Keduanya sama-sama mengoleksi lima gelar juara Liga Champions.

Hanya saja, Munchen boleh jadi sedikit di atas Liverpool jika melihat prestasi dalam beberapa musim belakangan. Liverpool sendiri terakhir kali menginjak babak semifinal pada musim 2007/08.

Sementara, Munchen terakhir kali ke semifinal pada musim 2015/16. Munchen juga sempat juara pada musim 2012/13.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Roma Kejutan

Daniele De Rpssi
Daniele De Rossi menyebut keyakinan suporter AS Roma membuat dirinya dan para pemain termotivasi untuk mengalahkan Barcelona. (AFP/Andreas Solaro)

Di sisi lain, AS Roma mungkin menjadi tim underdog di babak semifinal ini. Maklum, Il Lupi -julukan AS Roma terakhir kali masuk semifinal pada musim 1983/84.

Namun Edin Dzeko dan kawan-kawan tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, mereka lolos usai menyingkirkan calon kuat juara, Barcelona.

Yang lebih mengejutkan, Roma lolos setelah membalikkan keadaan tertinggal 1-4 pada leg pertama. Pada leg kedua di Olimpico, Roma menang 3-0 atas Barcelona, dan lolos berkat produktivitas gol tandang.


Fakta Menarik Semifinal Liga Champions

Beberapa fakta menarik seputar semifinal Liga Champions kali ini pun hadir. Apa saja fakta tersebut?

1. Ini adalah kali pertama sejak musim 2009/10 di mana empat tim semifinal berasal dari empat negara berbeda. Pada semifinal 2009/10, empat tim yang bermain adalah Inter Milan (Italia), Bayern Munchen (Jerman), Olympique Lyonnais (Prancis), dan Barcelona (Spanyol).

2. Meski belum pernah juara, AS Roma ternyata menempati peringkat UEFA lebih tinggi ketimbang Liverpool. Roma berada di peringkat 23, sementara Liverpool 25. Real Madrid berada di posisi pertama, sedangkan Bayern di posisi ketiga.

3. AS Roma menjadi satu-satunya tim semifinalis yang belum pernah juara. Real Madrid menjadi pengoleksi terbanyak dengan 12 gelar, disusul Liverpool dan Munchen dengan lima gelar.

4. Ini adalah kali pertama dalam tiga musim terakhir, di mana Spanyol hanya menempatkan satu wakil di semifinal. Pada tiga musim sebelumnya, selalu ada dua wakil Spanyol di semifinal.

5. Cristiano Ronaldo berada di posisi pertama di antara para pencetak gol terbanyak dari masing-masing tim. CR7 telah mencetak 15 gol, disusul Roberto Firmino dan Mohamed Salah dari Liverpool (masing-masing delapan gol), Edin Dzeko dari AS Roma dengan enam gol, dan Robert Lewandowski dari Bayer Munchen dengan lima gol.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya