Real Madrid vs Barcelona, Siapa Lebih Beruntung Bila La Liga Tanpa Penonton karena Virus Corona?

Virus Corona bukan tidak mungkin memaksa pertandingan La Liga berlangsung tanpa penonton.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 06 Mar 2020, 20:15 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2020, 20:15 WIB
Gelandang Barcelona, Sergio Busquets.
Gelandang Barcelona, Sergio Busquets, pada laga kontra Real Madrid di Santiago Bernabeu, Minggu (1/3/2020). Pada laga pekan ke-26 La Liga tersebut, Barca takluk 0-2 dari Madrid. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Liputan6.com, Jakarta La Liga belum terpengaruh wabah virus Corona. Dua laga yang terpaksa digelar tanpa penonton baru level Eropa yang mempertemukan Valencia dengan Atalanta dan Getafe dengan Inter Milan.

Valencia dijadwalkan menjamu Atalanta di Estadio Mestalla, Valencia pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, 10 Maret 2020. Sementara pertandingan antara Getafe melawan Inter Milan yang merupakan lanjutan babak 16 besar Liga Europa 2019/2020 akan berlangsung, 19 Maret 2020. 

Penyebaran virus Corona sebenarnya sudah sampai ke Spanyol. Data terbaru menyebutkan, di Negeri Matador sudah terdapat 261 kasus positif virus Corona di mana 3 di antaranya meninggal dunia. 

Meski demikian, La Liga masih berjalan normal. Sejauh ini belum ada pembatalan maupun instruksi untuk menggelar pertandingan tanpa penonton seperti yang sudah berlaku di Italia sebulan ke depan.

Saat ini, Real Madrid masih memimpin papan klasemen dengan koleksi 56 poin. Los Blancos unggul 1 poin dari rival abadinya, Barcelona. Pasukan Zinedine Zidane mengambil alih tampuk pimpinan usai memenangkan El Clasico melawan Barcelona dengan skor 2-0, Senin (2/3/2020) lalu. 

Persaingan tentu saja belum usai. Sebab masing-masing tim masih menyisakan setidaknya 12 pertandingan lagi. Begitu juga dengan Real Madrid dan Barcelona yang bersaing di puncak klasemen Masing-masing masih memiliki enam laga kandang plus enam partai away tersisa pada musim ini. 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:


Real Madrid di Atas Angin

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, dan Eden Hazard. (AFP/Jose Jordan)

Dalam kondisi normal, Real Madrid boleh bernapas lega. Sebab lawan-lawan yang tersisa boleh dikatakan lebih ringan ketimbang sang rival Barcelona yang masih harus berhadapan dengan dua lawan tangguh, yakni menjamu Atletico Madrid (26/4/2020) dan bertandang ke Sevilla (5/4/2020).

Los Blancos sendiri sudah melewati adangan kedua tim ini. Meski demikian, tim ibu kota juga masih punya dua laga krusial, saat menjamu Getafe di Bernabeu dan ketika bertandang ke markas Real Sociedad--satu-satunya laga tandang Madrid melawan tim penghuni 7 besar papan klasemen. 

Batu sandungan Madrid lainnya, mungkin bakal datang dari tuan rumah Athletic Bilbao. Seperti diketahui, sejak 2017 lalu, Real Madrid selalu kesulitan untuk menang saat tampil di San Memes. 

Menurut media asal Spanyol, AS, perjalanan Real Madrid diperkirakan semakin ringan bila La Liga akhirnya menerapkan kebijakan laga tanpa penonton seperti Serie A saat virus Corona semakin tidak terkendali. Dalam situasi seperti ini, atmosfer pertandingan setiap pekannya juga akan berubah.

Barcelona menurut AS, bakal dirugikan karena masih harus menjamu Real Sociedad di Camp Nou, Minggu ini. Tanpa kehadiran penonton, tekanan psikologis terhadap tim lawan tentu akan berkurang. 

Barcelona juga akan menjamu lawan-lawan tergolong berat lainnya, seperti Athletic Bilbao (12/4), Atletico Madrid (26/4), dan debry melawan Espanyol (10 Mei). Seluruhnya juga bakal berlangsung tanpa kehadiran 80 ribu fans di Camp Nou bila situasi penyebaran virus Corona di Spanyol memburuk. 

Real Madrid justru bernasib sebaliknya. Sebab kebijakan tanpa penonton bakal meringankan beban mereka saat bertandang ke markas Real Sociedad, 3 Mei mendatang. Kebijakan ini juga setidaknya bakal meredam keangkeran markas Atheletic Bilbao, Stadion San Memes, pada 24 Mei 2020.  

 

 


Sisa Pertandingan Real Madrid dan Barcelona

Logo La Liga
Logo La Liga (Istimewa)

Laga-Jadwal-Real Madrid-Barcelona

27 7/8 Maret:  Betis - Real Soc.

28 13/14 Maret: Eibar - Mallorca

29 21/22 Maret: Valencia - Leganés

30 5 April:    Real Soc - Sevilla

31 12 April:  Mallorca - Athletic

32 22 April:  Espanyol - Celta

33 26 April:  Getafe - Atlético

34 3 Mei:     Athletic - Villarreal

35 10 Mei:   Alavés - Espanyol

36 13 Mei:   Granada - Valladolid

37 17 Mei:   Villarreal - Osasuna

38 24 Mei:   Leganés - Alavés

Cetak Tebal: Laga Kandang

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya