F1 Berpeluang Gelar Balapan di Trek MotoGP

Rencana ini bakal diterapkan jika F1 gagal menggelar balapan di luar Eropa. Mereka sudah mengumumkan rencana melangsungkan delapan lomba hingga September.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 10 Jun 2020, 10:10 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2020, 10:10 WIB
Selebrasi Danilo Petrucci Juara MotoGP Italia
Suasana usai balapan MotoGP Italia 2019 di Mugello. Sirkuit tersebut berpotensi menggelar ajang F1 tahun ini. (AP Photo/Antonio Calanni)

Liputan6.com, Mugello - Formula 1 (F1) berpotensi menggelar balapan di trek MotoGP untuk musim 2020. Ajang tersebut bakal berlangsung di Mugello, Italia.

Rencana tersebut bakal diterapkan jika F1 gagal menggelar balapan di luar Eropa. Sejauh ini mereka sudah mengumumkan rencana melangsungkan delapan lomba (di enam lokasi) hingga September.

Di waktu bersamaan, penyelenggara menunggu perkembangan krisis Corona. Mereka berniat melangsungkan seri di Asia dan Amerika sebelum menutup musim di Timur Tengah.

Namun, situasi di Brasil dan Meksiko sedang sulit. Sementara kesiapan Rusia, Jepang, Amerika Serikat, dan Vietnam juga dipertanyakan.

"Terlalu banyak variabel bergerak dalam situasi ini. Hingga kondisi stabil, sulit menentukan ke mana kami pergi," ujar Direktur Pelaksana F1 Ross Brawn dikutip BBC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tambah Seri Eropa

Ilustrasi F1
Ilustrasi F1 (Liputan6.com/Abdillah)

Jika situasi di luar Eropa masih bergejolak, F1 berniat menambah putaran di Eropa. Namun, mereka tidak bisa menggunakan sirkuit di Belanda, Prancis, dan Monako yang sudah dibatalkan.

Opsi menggunakan sirkuit yang semula tidak masuk kalender pun jadi solusi alternatif. Salah satunya Hockenheimring yang dicoret pada kalender 2020.

Namun, setelah menggelar balapan di Monza, Italia juga tertarik kembali menjadi tuan rumah di Imola atau Mugello. Di antara keduanya, Crash menyebuut Mugello sebagai pilihan terbaik.

Mugello, yang berjarak berjarak 5,245 km, menggelar MotoGP Italia sejak 1994. Trek milik Ferrari ini tidak pernah menggelar GP F1 meski sempat digunakan saat tes pada 2012.

Sementara GP Italia di F1 berlangsung di Imola (dengan nama San Marino, 1981-2006) dan Monza (1921-sekarang).


Kalender F1 2020 Seri Eropa

Waktu-Lokasi

3-5 Juli: Spielberg, Austria

10-12 Juli: Spielberg, Austria

17-19 Juli: Budapest, Hungaria

31 Juli-2 Agustus: Silverstone, Inggris

7-9 Agustus: Silverstone, Inggris

14-16 Agustus: Barcelona, Spanyol

28-30 Agustus: Spa-Francorchamps, Belgia

4-6 September: Monza, Italia

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya