Mengenal Roy Jones Jr, Calon Lawan Mike Tyson di Atas Ring

Roy Jones Jr bakal berhadapan dengan Mike Tyson pada 28 November 2020.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 19 Nov 2020, 16:30 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2020, 16:30 WIB
Roy Jones Jr
Calon lawan Mike Tyson pada laga amal di California, AS pada 28 November 2020 (MAX VETROV / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Roy Jones Jr bakal kembali naik ring lagi setelah bertahun-tahun pensiun. Petinju yang sudah berusia 51 tahun tersebut akan bertemu legenda hidup tinju kelas berat, Mike Tyson, 28 November 2020. 

Pertarungan akan berlangsung 8 ronde di Staples Arena, Los Angeles, California, Amerika Serikat Kedua mantan petinju rela turun gunung dan baku pukul demi mengumpulkan uang untuk amal. 

Namun Roy Jones Jr sebenarnya bukanlah lawan yang sejak awal diharapkan bakal meladeni Tyson. Sebab para pencinta tinju dunia tentu saja masih penasaran dengan duel Mike Tyson Vs Evander Holyfield. Maklum, duel kedua mereka sempat meninggalkan noda hitam di dunia tinju profesional. 

Pertarungan terpaksa dihentikan pada ronde ketiga gara-gara Tyson menggigit telinga Holyfield. Akibatnya, Mike Tyson didiskualifikasi dan harus kehilangan lisensi bertandingnya selama saat. 

Namun Tyson sudah memilih Jones Jr meski keduanya tidak punya riwayat bertanding sebelumnya.

Lalu siapa Jones Jr?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik di bawah ini


Petinju Penjelajah

Roy Jones Jr calon lawan Mike Tyson di laga amal, 28 November mendatang
Roy Jones Jr calon lawan Mike Tyson di laga amal, 28 November mendatang (Ethan Miller/AFP)

Seperti dilansir TalkSport, Jones Jr merupakan petinju penjelajah. Petinju kelahiran Florida itu pernah menjadi juara dunia di 4 kelas berbeda, middle, supermiddleweight, lihtweight, dan kelas berat. 

Karier Roy Jones Jr berawal dari kelas middleweight dan pernah menjadi juara dunia versi badan IBF. Jones Jr juga berjaya saat tampil di kelas super middleweight dan menjadi juara dunia versi IBF. 

Sementara di kelas light heavyweight, Jones Jr adalah mantan penguasa gelar juara dunia WBA.

Gelar ini semakin lengkap setelah pada tahun 2000, Jones Jr berhasil merebut gelar juara dunia kelas berat versi WBA dengan mengalahkan John Ruiz pada tahun 2003. Ini merupakan satu-satunya gelar juara dunia kelas berat yang pernah diraih petinju yang memiliki julukan Superman tersebut. 

Kejuaraan dunia terakhir yang diikuti Jones Jr berlangsung pada 2009 lalu. Saat itu, dia berniat merebut gelar juara dunia kelas cruiser versi IBO, tapi kalah di tangan Danny Green. Sepanjang kariernya, Roy Jones Jr sudah mencatatkan rekor bertanding 66 (47KO) -9 (5KO) -0.

 


Rela Mati di Atas Ring

Roy Jones Jr
Penandatanganan permohonan kewarganegaraan baru Roy Jones Jr (fightnews.com)

Terlepas dari pengalamannya yang minim di kelas berat, Jones Jr sudah siap bertemu Mike Tyson. Pertarungan keduanya sebenarnya hanyalah ekhsibisi. Aturannya juga sudah dirancang untuk mencegah kedua petinju saling melukau, tapi Jones Jr sadar bahaya yang mengintainya. 

"Anda kena pukulan Mike Tyson, apapun bisa terjadi. Pukulan Mike Tyson tidak biasa. Dia salah satu yang bisa berbuat seperti itu kepada Anda. Jadi Anda harus tahu apa yang sedang Anda hadapi dan Anda harus siap untuk itu, karena dia adalah Mike," kata Jones tentang duel melawan Tyson.  

"Bagiku, saya tidak terlalu ambil pusing. Saya hidup dari tinju. Saya rela mati untuk olahraga ini. Saya tidak mengada-ada, karena resiko kematian itu nyata. Itu bisa menimpa siapa saja," bebernya. 

Setelah pensiun dari tinju profesional, Jones Jr mencoba menggeluti berbagai bidang. Mulai dari kepelatihan, aktor, rapper, hingga komentator. Jones Jr juga dikenal memiliki dua kewarganegaraan, yakni Amerika Serikat dan Rusia. Simak juga tale of tape lengkah Jones Jr di halaman selanjutnya. 

 

 


Tale of the Tape

Roy Jones

Usia : 51

Asal: Amerika Serikat

Tempat Tinggal: Pensacola, Florida

Tinggi : 5ft 11 (180cm)

Jangkauan: 74in (188cm)

Gaya bertarung: Orthodox

Rekor: 66 / 9 / 0

Menang KO : 47

Debut Pro: 6 Mei 1989

Medali amatir: Perak (Light middleweight) di Olimpiade Seoul 1988 Seoul 

Gelar yang pernah direbut: IBF middleweight, IBF super middleweight, undisputed light heavyweight, dan WBA heavyweight.

Julukan: Junior, Superman, Captain Hook

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya