Koeman Ingin Ubah Mentalitas Pemain : Barcelona Harus Selalu Menang

Koeman juga menyinggung tentang perubahan institusional yang tengah dialami Barcelona. Dia menegaskan timnya harus selalu menang.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 25 Des 2020, 18:00 WIB
Diterbitkan 25 Des 2020, 18:00 WIB
FOTO: Barcelona Pecundangi Juventus di Allianz Stadium
Pemain Barcelona Lionel Messi mencetak gol ke gawang Juventus pada pertandingan Grup G Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu (28/10/2020). Barcelona menaklukkan Juventus 2-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Liputan6.com, Jakarta Ronald Koeman mewarisi Barcelona dalam kondisi tak menentu usai mereka dikalahkan Bayern Munchen di Liga Champions. Koeman kini telah menangani klub Catalan itu, dengan penuh gejolak.

Dilansir Mundo Deportivo, Koeman menyinggung tentang paruh musim pertamanya sebagai pelatih dan pemikirannya tentang berbagai masalah seputar klub.

Hal terpenting bagi Koeman adalah memastikan perubahan budaya di mana pemain menyadari pentingnya menang. “Saya pikir pada akhirnya kami harus bermain untuk memenangkan pertandingan dan gelar,” katanya.

“Tidak ada bonus untuk finis keempat, mereka diberikan untuk finis pertama. Itulah mentalitas yang harus ada di sini, kita tidak bisa menerima yang kurang. "

Pelatih asal Belanda itu juga menyinggung tentang perubahan institusional yang tengah dialami klub. Dia menjelaskan bahwa meski mereka harus menyadari kesulitan keuangan yang dialami Barcelona. Mereka masih memiliki harapan untuk dipenuhi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini


Harus Menang

FOTO: Lionel Messi Resmi Lewati Rekor Pele saat Bantu Barcelona Gulung Valladolid
Gelandang Valladolid, Joaquin Fernandez mencoba menahan kapten Barcelona, Lionel Messi pada laga pekan ke-15 Liga Spanyol di Stadion Jose Zorrilla, Selasa (22/12/2020). Messi resmi melewati rekor Pele saat membantu Barcelona menggulung Valladolid 3-0 dalam laga tersebut. (Cesar Manso/Pool via AP)

“Barcelona masih tim yang harus menang, mengetahui kami telah melakukan perubahan, tapi tetap bercita-cita maksimal dan menuntut yang maksimal,” ujarnya. "Itulah mentalitas dan kami harus melanjutkan mentalitas ini."

Sejauh ini, Lionel Messi memang tetap menjadi bagian penting dari tim utama Barcelona. Bahkan, dia selalu mendominasi berita Barcelona pada tahun 2020.


Peran Messi

FOTO: Lionel Messi Resmi Lewati Rekor Pele saat Bantu Barcelona Gulung Valladolid
Megabitang Barcelona, Lionel Messi berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Valladolid pada laga pekan ke-15 Liga Spanyol di Stadion Jose Zorrilla, Selasa (22/12/2020). Messi resmi melewati rekor Pele saat membantu Barcelona menggulung Valladolid 3-0 dalam laga tersebut. (Cesar Manso/Pool via AP)

Koeman pun juga sempat menyinggung hubungannya dengan dia. "Jika dia fit untuk bermain, dia bermain," kata Koeman.

“Leo tentu saja lebih tua dari sebelumnya tapi dia masih pemain yang suka berada di sana dan memenangkan pertandingan. Dia menikmati setiap hari dalam pelatihan dan sangat terlibat," jelasnya.

“Sebagai pelatih saya berbicara dengan para pemain saya dan saya juga berbicara dengan Leo tentang hal-hal lain karena dia adalah kapten tim. Kami membahas banyak hal, bukan hanya permainannya. "


Pemain Muda

Barcelona Pesta Gol atas Ferencvaros
Bek Ferencvaros, Miha Blazic (kiri) berebut bola dengan penyerang Barcelona, Ansu Fati pada laga pertama Grup G Liga Champions 2020-2021 di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. Main dengan 10 pemain, Barcelona mampu mencukur Ferencvaros 5-1. (LLUIS GENE / AFP)

Titik terang yang tidak diragukan dari skuatnya saat ini adalah munculnya Ansu Fati dan Pedri sebagai tim utama kelas atas. “Berbicara tentang anak-anak muda itu bagus karena mereka pantas mendapatkannya, tapi mereka juga orang muda yang harus banyak belajar.

“Ansu dan Pedri baru berusia 17 dan 18 tahun, tetapi apa yang telah mereka lakukan, berada di level tertinggi bersama tim utama Barcelona, ​​adalah sesuatu yang sangat besar. Dalam kasus Pedri, datang dari Las Palmas dan sudah bermain dalam pertandingan melawan [Real] Madrid dan Juventus dengan level yang telah dia tunjukkan sangat fantastis. ”


Klasemen Liga Spanyol

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya