Piala Asia Basket 2021 Tiru Prokes IBL, Penonton Mungkin Bisa Hadir

Piala Asia Basket akan digelar di Jakarta pada Agustus 2021 nanti.

oleh Thomas diperbarui 08 Jun 2021, 21:30 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2021, 21:30 WIB
Foto Final IBL: Kalahkan Pelita Jaya, Titel IBL 2021 Milik Satria Muda
Ilustrasi IBL (Foto: Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta- Kesuksesan IBL menyelesaikan musim 2021 membuat Panitia Pelaksana (Panpel) FIBA Asia Cup 2021 atau Piala Asia Basket 2021 semakin optimistis dan percaya diri bila kejuaraan bola basket elite antarnegara Asia ini akan sukses di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui IBL baru saja menyelesaikan musim 2021 dengan sistem bubble atau gelembung. Lokasi pertandingan digelar di dua tempat, Robinson Resort Cisarua dan Mahaka Arena Kelapa Gading. Satria Muda Pertamina keluar sebagai juara.

Pelaksanaan IBL mendapatkan pujian sejumlah tokoh di Tanah Air seperti Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berkaca pada kesuksesan IBL, panpel FIBA Asia Cup 2021 akan mencoba menerapkan protokol kesehatan yang sama. Kebetulan ketua Panpel FIBA Asia Cup 2021 juga merupakan direktur IBL, Junas Miradiarsyah.

"Apresiasi dari berbagai pihak kepada IBL membuat kita yakin bisa menerapkan model serupa yang mengedepankan protokol kesehatan ketat di FIBA Asia Cup, dengan beberapa penyesuaian sesuai arahan dari FIBA," kata Junas dalam keterangan tertuis, Selasa (8/6/2021).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Menarik Ini


Dihadiri Penonton dan Awak Media

Direktur IBL, Junas Miradiarsyah
Direktur IBL, Junas Miradiarsyah. (IBL)

FIBA Asia Cup 2021 kemungkinan akan mengadopsi apa yang dilakukan IBL di fase kedua. Saat itu IBL sudah mengizinkan wartawan datang meliput langsung. Selain itu, kerabat dekat para pemain juga bisa menonton di arena meski jumlahnya sangat terbatas.

Para penonton yang merupakan kerabat pemain dan awak media harus melewati protokol kesehatan ketat terlebih dahulu sebelum masuk ke arena.


Masih Digodok

Model fase kedua berpeluang bisa diterapkan di FIBA Asia Cup 2021, di mana wartawan bisa meliput langsung kegiatan dan penonton diizinkan menyaksikan pertandingan dalam jumlah terbatas di Istora, Senayan, Jakarta. Panpel saat ini tengah menggodok jumlah orang yang mungkin diperbolehkan hadir di tribun penonton saat FIBA Asia Cup berlangsung nanti.

Junas mengatakan, panpel akan berusaha keras mengatasi setiap batasan yang muncul karena pandemi Covid-19 ini. Ia meyakini kerja sama kuat dari semua elemen dan disiplin tinggi terhadap protokol kesehatan akan membawa kesuksesan serupa pada penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya