Sejarah, Atlet Transgender Bakal Berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2021

Lifter Laurel Hubbard bakal menjadi atlet transgender pertama yang tampil di Olimpiade.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 23 Jun 2021, 00:01 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2021, 00:01 WIB
Laurel Hubbard
Laurel Hubbard bakal berkompetisi di nomor putri pada Olimpiade Tokyo. Sebelumnya dia sempat berkompetisi sebagai pria. (AFP)

Liputan6.com, Auckland - Lifter Laurel Hubbard bakal menjadi atlet transgender pertama yang tampil di Olimpiade setelah skuat Selandia Baru untuk multi-event di Tokyo.

Kini berusia 43 tahun, Hubbard sebelumnya turun di kelas putra sebelum berganti kelamin menjadi perempuan pada 2013. Di Tokyo, dia akan bertanding di kelas +87kg putri.

“Saya bersyukur dan berterima kasih atas kebaikan dan dukungan yang telah diberikan kepada saya oleh begitu banyak warga Selandia Baru,” kata Hubbard.

Ketua Komite Olimpiade Selandia Baru Kereyn Smith mengatakan keikutsertaan Hubbard sebagai atlet transgender di Olimpiade menjadi catatan sejarah dalam olahraga dan kontingen.

“Kami tahu ada banyak pertanyaan tentang keadilan atlet transgender yang bersaing di Olimpiade. Tapi saya tegaskan Laurel telah memenuhi semua kriteria yang ditetapkan,” kata Smith.

Saksikan Video Berikut Ini


Dapat Keuntungan?

Atlet Angkat Besi di Commonwealth Games 2018
Laurel Hubbard. (AFP Photo/William West)

Hubbard telah memenuhi syarat untuk tampil di Olimpiade sejak 2015 ketika Komite Olimpiade Internasional (IOC) merilis pedoman bagi atlet transgender untuk bersaing sebagai perempuan. Asalkan kadar testosteron mereka di bawah 10 nanomol per liter setidaknya dalam 12 bulan sebelum kompetisi.

Namun, beberapa ilmuwan mengatakan atlet transpuan tetap mendapat keuntungan karena telah melewati masa pubertasnya sebagai laki-laki.


Dukungan Selandia Baru

Laurel Hubbard
Laurel Hubbard berhasil mengangkat besi dalam perebutan final angkat besi wanita + 90kg pada Commonwealth Games di Gold Coast, Australia, (9/4). Hubbard adalah wanita transgender yang pernah berkompetisi dalam angkat berat pria. (AP Photo/Manish Swarup)

Kendati demikian, pemerintah Selandia Baru tetap memberikan dukungannya terhadap Hubbard.

“Kami bangga kepadanya seperti kami bangga kepada seluruh atlet kami. Selandia Baru akan terus mendukungnya,” kata Menteri Olahraga Selandia Baru Grant Robertson.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya