Meski Berstatus Pengangguran, MU dan City Tak Lagi Berselera Boyong Messi

Messi hampir bergabung dengan Manchester City setahun yang lalu. Tapi, kini City dan MU memiliki prioritas lain sekarang.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 03 Jul 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2021, 21:00 WIB
Lionel Messi 2 Gol, Barcelona Pesta Gol ke Gawang Getafe
Penyerang Barcelona, Lionel Messi melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Getafe pada pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di di stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Jumat (23/4/2021). Messi mencetak dua gol dan mengantar Barcelona menang telak atas Getafe 5-2. (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta Setahun hampir meninggalkan Barcelona, Lionel Messi kini telah melihat kontraknya dengan Blaugrana sudah berakhir. Meskipun suasananya yang luar biasa jauh lebih meyakinkan 12 bulan lalu, ketika pemain Argentina itu berusaha memaksa keluar dari klub La Liga itu.

Sekarang dia benar-benar tersedia - dan tersedia untuk apa-apa - meski tidak banyak saran bahwa Messi benar-benar akan meninggalkan klub. Tampaknya ada harapan bahwa Messi akan menyetujui kesepakatan baru dengan Barcelona, apalagi terpilihnya kembali Joan Laporta sebagai presiden klub.

Tapi sampai kesepakatan itu ditandatangani dan disegel Messi, secara teknis dia adalah agen bebas, dan tawaran cukup menarik untuk pemain dengan 672 gol dalam 778 pertandingan untuk Barcelona dan enam penghargaan Ballon d'Or di jubahnya.

Messi hampir bergabung dengan Manchester City setahun yang lalu. Tapi, kini City termauk Manchester Uniteiliki prioritas lain sekarang.

Peluang dia berakhir di Manchester memang lebih tipis ketimbang tahun lalu. Tapi, bahkan jika itu tidak mungkin sekarang, dapatkah salah satu klub membelinya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prioritas Lain

Lionel Messi 2 Gol, Barcelona Pesta Gol ke Gawang Getafe
Bek Barcelona, Sergi Roberto berusaha merebut bola gelandang Getafe, Takefusa Kubo pada pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di di stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Jumat (23/4/2021). Tambahan tiga angka membuat Barcelona kini mengumpulkan 68 angka di urutan ketiga. (AP Photo/Joan Monfort)

City selalu mendekati situasi Messi dengan hati-hati dan Pep Guardiola secara teratur mengulangi keinginannya sendiri untuk melihat Messi mengakhiri kariernya bersama Barcelona. Ketika dia meminta untuk meninggalkan klub setahun yang lalu, City sudah siap, tetapi mereka juga tetap menghormatinya.

Ketika berbicara dengan Manchester Evening News pada bulan Oktober, chief operating officer City Omar Berrada telah menyarankan jika ada peluang untuk mengontrak Messi. Tapi, sekarang City punya prioritas lain musim panas ini


Bocor

Espanyol Vs Barcelona
Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Espanyol pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Rabu (8/7/2020). Barcelona menang 1-0 atas Espanyol. (AP/Joan Monfort)

Pada bulan Februari rincian kontrak Messi bocor di pers Spanyol dan mereka menyarankan dia mendapatkan lebih dari 100 juta pounds setahun di Nou Camp. Angka itu kemungkinan akan turun mengingat keadaan keuangan Barcelona sejak pandemi melanda. Meski begitu itu adalah jumlah yang signifikan untuk ditanggung klub, bahkan tanpa biaya transfer.

Dan setelah menyarankan uang tersedia setahun yang lalu, City memprioritaskan langkah lain musim panas ini, seperti mengontrak Jack Grealish dari Aston Villa dan mencoba menggoda Tottenham untuk berpisah dengan Harry Kane.


Rekor Transfer

Lionel Messi Raih Ballon d'Or 2019, Ukir Sejarah Baru
Pemain Barcelona Lionel Messi memegang trofi Ballon d'Or 2019 di Chatelet Theatre, Paris, Prancis, Senin (2/12/2019). Messi mengukir sejarah dengan memenangkan Ballon d'Or untuk keenam kalinya. (AP Photo/Francois Mori)

Kedua kesepakatan itu bisa memecahkan rekor transfer City, yang tentu saja menunjukkan bahwa Messi tidak lagi masuk dalam agenda. Bahkan jika ada ketidakpastian atas beberapa pemain skuad di Etihad yang secara teori bisa menciptakan ruang pada tagihan upah.

Adapun Manchester United, itu tidak pernah menjadi proposisi yang realistis, meski ada beberapa publikasi asing mengaitkan Messi ke Old Trafford musim panas lalu.


Tekanan

Begitulah cara United, yang telah terbiasa melihat nama mereka digunakan untuk membangkitkan minat pada seorang pemain. Mereka memberi tekanan pada pembicaraan kontrak atau hanya menjual beberapa surat kabar.

Mereka juga melakukan pendekatan keuangan yang hati-hati selama pandemi dan secara konsisten menolak untuk berbisnis dengan Borussia Dortmund untuk Jadon Sancho musim panas lalu, ketika harga yang diminta tidak pernah turun dari £108 juta.


Simak Video Menarik Berikut Ini

KONTRAK DI BARCELONA BERAKHIR, MESSI BERSTATUS PEMAIN GRATIS
KONTRAK DI BARCELONA BERAKHIR, MESSI BERSTATUS PEMAIN GRATIS
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya