Pembalap WSBK Keturunan Indonesia Antusias Jajal Sirkuit Mandalika

Michael van der Mark mengungkapkan sudah tidak sabar untuk membalap di Sirkuit Mandalika sebagai final musim ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Nov 2021, 19:02 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2021, 08:30 WIB
Michael van der Mark
Tim Movistar Yamaha resmi menunjuk Michael van der Mark untuk menggantikan Valentino Rossi pada MotoGP Aragon. (Crash)

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan ini, Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) akan menyambangi sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia. Sirkut tersebut merupakan hal yang baru bagi seluruh pembalap dan tim, tak terkecuali BMW dan Michael van der Mark.

WSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika akan menjadi ronde penentu juara dunia WSBK 2021. Banyak pembalap WSBK yang sudah tidak sabar menggeber motornya di Sirkuit Mandalika. Termasuk pembalap WSBK keturunan Indonesia, Michael van der Mark.

Perlu diketahui, Michael van der Mark merupakan pembalap asal Belanda yang masih mempunyai darah keturunan Indonesia dari Ambon Maluku.

Melansir laporan BMW Motorrad WorldSBK Team, Van der Mark pun mengungkapkan sudah tidak sabar untuk membalap di Mandalika sebagai final musim ini. Balapan akhir pekan itu akan spesial karena sang rider punya darah keturunan Indonesia.

“Luar biasa bisa berkendara di Indonesia. Selalu menyenangkan punya trek baru dalam kalender, terutama di Asia. Saya sangat menikmati perjalanan ke sana." Katanya

"Ini juga luar biasa karena jadi akhir pekan penutup musim ini. Tidak sabar untuk mencoba lintasan di Mandalika,” lanjutnya.

“Karena apa yang saya lihat sejauh ini terlihat sangat bagus. Mengenal trek baru tidak terlalu sulit. Saya pikir ini akan menjadi akhir musim yang bagus. Kami memiliki akhir pekan yang kuat tahun ini, dan itulah yang kami inginkan untuk mengakhiri musim ini.” pungkas pembalap keturunan Indonesia itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Van der Mark di WSBK

World Superbike
World Superbike atau akrab dikenal WSBK merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia

Untuk pertama kalinya sejak Barcelona, ​​BMW akan turun dengan kedua pembalap regulernya, Tom Sykes dan Michael van der Mark. Nama pertama sebelumnya absen di Jerez (Spanyol), Portimao (Portugal), dan San Juan (Argentina) karena cedera.

Untuk Van der Mark, ini semua tentang hasil individu yang kuat. Rider Belanda tersebut saat ini berada di peringkat keenam klasemen, tertinggal 34 poin dari Andrea Locatelli (Pata Yamaha) di posisi kelima.

Sebelumnya, WSBK juga pernah berlangsung di Indonesia dari 1994 hingga 1997 yang diadakan di Sentul. Kini setelah 24 tahun, kejuaraan tersebut kembali digelar di Indonesia. Kali ini, giliran Sirkuit Mandalika yang menjadi venue ajang balap Internasional tersebut.

Panjang sirkuit yang baru rampung ini adalah 4,310 kilometer (km) dan memiliki 17 tikungan. Ketika tidak ada balapan, trek digunakan sebagai jalanan umum. Paddock dan tribune hanya disiapkan sementara untuk acara balap.

Balapan WSBK di Sirkuit Mandalika akan digelar mulai Jumat (19/11) sampai Minggu (21/11). Balapan tersebut akan berlangsung sebanyak tiga kali dengan rincian Race 1, Race 2, dan Superpole Race.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya