Prediksi Piala AFF 2020 Singapura vs Indonesia: Jangan Terlena!

Timnas Indonesia akan dijamu Singapura di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 nanti malam.

oleh Thomas diperbarui 22 Des 2021, 16:13 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 09:30 WIB
Piala AFF 2020 Singapura vs Indonesia
Piala AFF 2020 Singapura vs Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2020 nanti malam, Rabu (22/12/2021). Pasukan Shin Tae-yong berhadapan dengan tuan rumah Singapura di National Stadium, Kallang.

Memasuki babak semifinal, Piala AFF memakai format kandang-tandang. Pertandingan berlangsung dua kali, namun peraturan gol tandang tidak berlaku. Karena digelar dengan sistem bubble maka di Piala AFF 2020, seluruh laga dilangsungkan di Singapura. Indonesia pun dua kali harus bertanding di markas Singapura.

Menghadapi Singapura, Indonesia lebih diunggulkan. Performa Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan sangat ciamik di fase grup Piala AFF 2020. Indonesia belum pernah kalah dari empat laga. Singapura sendiri sudah kalah sekali saat bertemu Thailand.

Timnas Indonesia juga menjadi tim tersubur di Piala AFF 2020. Dari empat pertandingan, Indonesia melesakkan 13 gol. Hanya saat melawan Vietnam saja, ketajaman Skuat Garuda bisa diredam.

Berbicara sejarah, Indonesia juga unggul jauh dalam rekor head to head. Indonesia dan Singapura sudah 60 kali bertemu. Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Singapura 31 kali. Singapura menang 18 kali. Sedangkan sisa 11 laga lain berakhir imbang.

Namun timnas Indonesia jangan sampai terlena dengan rekor pertemuan dan juga performa di fase grup. Singapura punya keuntungan sudah sangat mengenal lapangan pertandingan.

Indonesia baru sekali main di National Stadium pada Piala AFF 2020 saat bertemu Malaysia. Pada tiga laga Grup B lainnya mentas di Bishan Stadium.

Dukungan suporter Singapura juga bisa jadi pelecut bagi Ikhsan Fandi dan kawan-kawan. Tiket pertandingan untuk tribun suporter Singapura sudah terjual habis sejak akhir pekan kemarin.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Egy Absen

Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong. (PSSI).

Shin Tae-yong pun meminta anak asuhnya untuk tak terlena. STY mengharapkan timnya memperlakukan laga semifinal layaknya final dengan terus bekerjas keras.

“Kami harus memperlakukan pertandingan ini sebagai final karena kami akan melawan tuan rumah. Kami harus memotivasi para pemain seperti itu. Singapura akan berbeda jadi kami harus bermain lebih baik dengan kerja keras yang maksimal," ujar STY dalam jumpa pers sebelum pertandingan.

Di leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Indonesia belum bisa diperkuat winger Egy Maulana Vikri. Pemain asal Sumatera Utara itu baru tiba di Singapura, Selasa (21/12/2021) dari Slovenia.

Singapura sendiri juga pincang di semifinal Piala AFF 2020. Bek kiri andalannya Shakir Hamzah harus absen di sisa Piala AFF 2020 karena cedera. Pemain miskin pengalaman Nur Adam Abdullah akan menggantikan posisi.

Pelatih Singapura Tatsuma Yoshida sangat mewaspadai kecepatan pemain Indonesia. Yoshida meminta anak asuhnya meredam kecepatan Indonesia.

“Banyak hal positif dalam permainan Indonesia. Kami jelas harus menghentikan laju mereka karena mereka memiliki beberapa individu yang cepat," tutur Yoshida.

 


5 Pertemuan Terakhir

 9 November 2021 Singapura 1-0 Indonesia (AFF Cup)

25 November 2021 Singapura 1-2 Indonesia (AFF Cup)

28 November 2021 Indonesia 1-0 Singapura (AFF Cup)

4 November 2009 Singapura 3-1 Indonesia (uji coba)

9 Desember 2008 Indonesia 0-2 Singapura (AFF Cup)


Prakiraan Susunan Pemain

Foto: Terkesan Anggap Remeh usai Unggul Jauh, Timnas Indonesia Harus Puas Hanya Menang 4-2 di Laga Pertama Grup B Piala AFF 2020
Timnas Indonesia tampil enerjik di babak pertama, hingga mampu unggul 3-0 hingga menit ke-33. Dua gol sundulan Rachmat Irianto memanfaatkan skema tendangan sudut dan satu gol dari Evan Dimas memberi harapan banjir gol di depan mata. (Dok. PSSI)

Singapura: Sunny, Baharudin, Irfan Fandi, Nur Adam, Suzliman, Sulaiman, Harun, Anuar, Syahin, Ramli, Ikhsan Fandi

Indonesia: Nadeo, Dewangga, Baggott, Asnawi, Arhan, Irianto, Kambuaya, Witan, Rumakiek, Irfan Jaya, Walian

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya