Bola Ganjil: Lawan Bapak Waktu, Cetak Gol Hingga 4 Dekade

Waktu adalah pemakan segalanya. Pesepak bola turut merasakan itu dengan penurunan performa seiring bertambahnya usia. Tetapi ada saja yang mampu melawan. Kemampuan disiplin menjaga diri membantu mereka memiliki karier panjang.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 11 Jan 2022, 00:30 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2022, 00:30 WIB
AC Milan
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kanan), merayakan golnya pada pertandingan sepak bola Serie A antara Venezia dan AC Milan di stadion Penzo, Venesia, Italia, Minggu 9 Januari 2022. (Paola Garbuio/LaPresse via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Waktu adalah pemakan segalanya. Pesepak bola turut merasakan itu. Para aktor lapangan lapangan hijau tidak kuasa mencegah penurunan performa seiring bertambahnya usia.

Tetapi ada saja yang mampu melawan. Kemampuan disiplin menjaga diri membantu mereka memiliki karier panjang.

Bob Crompton, Billy Meredith, Pietro Ferraris, Stanley Matthews, Enrico Albertosi, Peter Shilton, Manfred Burgsmuller, dan Steve Ogrizovic adalah penghuni daftar pesepak bola yang sukses berkiprah selama empat dekade di kasta tertinggi lima negara top Eropa (Inggris, Italia, Jerman, Spanyol, Prancis).

Turut masuk kelompok terhormat itu Lotthar Matthaeus, John Lukic, Ronnie Simpson, Gianlugi Buffon, Giuseppe Favalli, dan Zlatan Ibrahimovic.

Di antara mereka, ada dua nama yang paling mencolok. Mereka sukses mencetak gol setidaknya sekali di tiap dekade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Legenda City dan MU

ilustrasi BOLA GANJIL
BOLA GANJIL (Liputan6.com/Abdillah)

Meredith adalah nama pertama. Dia mencetak gol untuk Manchester City ke gawang Blackburn Rovers pada 2 September 1899.

Sosok asal Wales tersebut kemudian mencatatkan nama di papan skor pada 1900-an, 1910-an, hingga 1920-an. Korban terakhirnya adalah Everton pada partai yang berlangsung 12 Februari 1921. Kala itu dia membela Manchester United.


Magis Ibra

Foto: 5 Pemain yang Langsung Nyetel dengan AC Milan usai Didatangkan pada Bursa Transfer Musim Dingin Eropa, termasuk Zlatan Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic. Di periode keduanya bersama AC Milan, striker Swedia ini datang pada Januari 2020 dari LA Galaxy. Tampil 18 laga di Liga Italia hingga akhir musim, ia mencetak 10 gol dan 6 assist. Musim 2021/2022 ini ia telah tampil 11 kali, mencetak 7 gol dan 2 assist. (AFP/Marco Bertorello)

Dari daftar tersebut sudah jelas siapa sosok kedua. Ibrahimovic sudah menunjukkan ketajaman sejak usia remaja hingga kini memasuki usia 40-an.

Performa impresif bersama Malmo dan Ajax Amsterdam membawanya ke Juventus. Dia lalu membuat gol pada debut Serie A melawan Brescia, 12 September 2004.

Masih merumput hingga sekarang, terakhir kali Ibrahimovic merobek gawang Venezia pada 9 Januari 2022.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya