Louis Van Gaal Menderita Kanker Prostat, MU dan Barcelona Beri Dukungan

Mantan Manajer Manchester United dan Barcelona menderita kanker prostat. Pengakuan ini baru diumumkan pada salah satu acara televisi Belanda, Hamberto.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Apr 2022, 11:30 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2022, 11:30 WIB
6 Pelatih yang Dipecat Usai Mempersembahkan Gelar Juara, yang Terhangat Maurizio Sarri
3. Louis Van Gaal (Bayern Munchen) - Pada 2010 sebenarnya Van Gaal cukup berprestasi. Ia berhasil menyabet gelar Bundesliga, DFB-Pokal dan DFL-Supercup. Namun, karena berselisih dengan petinggi klub, Van Gaal akhirnya dilengserkan. (AFP/Christof Stache)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Timnas Belanda, Louis Van Gaal menjelaskan bahwa dia sedang berjuang melawan kanker prostat. Pelatih yang sudah berusia 70 tahun ini berencana untuk tetap melanjutkan perannya sebagai manajer Belanda.  

Hal ini diungkap dalam sebuah acara televisi Belanda, Humberto. Kala itu, dia mengaku sedang berjuang untuk pulih dari kanker prostat

“Dalam setiap periode selama waktu saya sebagai manajer tim nasional saya harus pergi di malam hari untuk pergi ke rumah sakit tanpa para pemain mengetahui sampai sekarang. Sambil berpikir aku sehat. Tapi, saya tidak,” kata Van Gaal dilansir dari Reuters.com, Senin (4/4/2022). 

“Anda tidak meninggal karena kanker prostat, setidaknya tidak dalam sembilan puluh persen kasus. Biasanya penyakit lain yang mendasari yang membunuh anda. Tapi saya memiliki bentuk yang cukup agresif, dirawat 25 kali,” lanjut Van Gaal. 

Tak hanya itu, dia juga mengungkap bahwa mantan pelatih Manchester United dan Barcelona tersebut mendapatkan perlakukan khusus di rumah sakit. 

“Saya memang memiliki perlakukan istimewa di rumah sakit. Saya diizinkan masuk melalui pintu belakang ketika saya pergi ke janji dan segera didorong ke ruangan lain. Saya diperlakukan dengan luar biasa.” 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Didukung oleh 2 Mantan Klub yang Pernah Diasuh

Foto: 5 Pemain Top Belanda yang Tak Dipanggil Louis Van Gaal di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Pesta gol 6-1 Belanda ke gawang Turki pada Rabu (08/09/2021) dini hari WIB menjadi salah satu bukti catatan impresif pelatih Louis van Gaal. Ia mampu menerapkan gaya permainan dengan formasi 5-3-2 atau 5-2-3 secara baik. (Foto: ANP/AFP/Koen van Weel)

Dengan pernyataan yang mengejutkan tersebut, Manchester United dan Barcelona pun memberikan dukungan melalui akun media sosialnya. 

“Setiap orang di Manchester United mendukung penuh mantan manajer kami, Louis Van Gaal yang berjuang melawan kanker. Kami mengirimkan doa agar anda lebih kuat dan berani Louis,” tulis akun Twitter Manchester United, Senin (4/4/2022). 

Sementara itu, Barcelona juga ikut mendoakan Van Gaal akan bisa pulih dari kanker prostat.

“Doa dan dukungan kami layangkan untuk mantan manajer, Louis Van Gaal, yang terdiagnosis mengalami kanker prostat. Tetap kuat, Louis, dan semoga cepat sembuh,” tulis Barcelona pada akun Twitternya. 


Prestasi Gemilang Kepemimpinan Van Gaal

Dalam tahun ketiganya menjadi pelatih Timnas Belanda, Van Gaal telah membimbing negaranya ke Piala Dunia di Qatar. Tim Belanda akan menghadapi tuan rumah, Senegal dan Ekuador di babak grup akhir tahun ini. 

Dia menghabiskan dua musim di Manchester United dan berhasil memenangkan Piala FA pada tahun 2016. 

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya