Keluarga Ikhlaskan Kepergian Eril, Istri Ridwan Kamil Tulis Pesan Menyentuh di Media Sosial

Keluarga Ridwan Kamil telah mengikhlaskan kepergian putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz. Hal ini disampaikan oleh perwakilan keluarga, Erwin Muniruzaman, dalam keterangan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, pada Jumat (3/6/2022).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 03 Jun 2022, 18:22 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2022, 18:22 WIB
Putuskan Pulang ke Indonesia, Ini Tulisan Menyentuh Atalia Praratya untuk Eril
Ridwan Kamil dan keluarga putuskan pulang ke Indonesia. (Instagram/ataliapr)

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikhlaskan kepergian Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare Swiss pada Kamis (26/5/2022) siang hari waktu setempat.

Putra sulung Ridwan Kamil yang akrab disapa Eril berada di Swiss untuk mencari sekolah demi melanjutkan pendidikan jenjang S2. Namun, ia yang berenang di Sungai Aare bersama adik dan rekannya justru terseret arus ketika hendak naik ke permukaan.

Pihak Swiss telah berupaya melakukan pencarian selama sepekan terakhir. Sayang hasilnya masih nihil. Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman lantas memberi keterangan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, pada Jumat (3/6/2022).

Ia mengeklaim pihak keluarga, termasuk Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya, sudah mengikhlaskan Eril dan meyakini anak Ridwan Kamil telah wafat.

“Tadi disampaikan, otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang spesifik untuk mencari jenazah. Oleh karena itu, Kang Emil dan Bu Atalia sudah menyampaikan mereka ikhlas dan menyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Selaras dengan pernyataan tersebut, Atalia sempat menulis pesan menyentuh di media sosial pribadinya. Ibunda Eril pamit pulang kepada sang anak melalui cuitannya di Twitter pada Kamis (2/6/2022) sore WIB.

“Ril, mamah pulang dulu ke Indonesia, ya. Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah SWT, di mana pun kamu berada. Insyasllah kamu tidak akan kedinginan kelaparan, atau kekurangan apapun,” tulis Atalia sambil menyertakan foto keluarganya di tepi Sungai Aare.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pencarian Berlanjut

Menyusul Hilangnya Eril, Presiden Jokowi Telepon Ridwan Kamil Sampaikan Empati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau pencarian anak sulungnya di Sungai Aare Kota Bern, Swiss. (Dok. Kemenlu RI)

Kendati Ridwan Kamil dan sang istri kembali ke Indonesia, pencarian Eril di Sungai Aare masih terus berlanjut. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, dalam sesi jumpa pers virtual.

"Kami sampaikan ke keluarga, Kang Emil sangat ikhlas memang. Kita tetap melakukan pencarian," kata Elpi pada Jumat (3/6/2022).

Mengutip Liputan6.com, proses pencarian Eril telah memasuki babak baru. Pencarian yang semula berstatus sebagai orang hilang (missing person), kini berubah menjadi orang tenggelam (drowned person).

Perubahan status pencarian Eril juga sempat dibahas dalam surat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat pada Kamis 2 Juni 2022, yang ditandatangani Ketua Umum Prof. Dr. KH. Rachmat Syafei, Lc, MA. MUI Jawa Barat pun mengimbau umat Muslim Indonesia untuk melakukan salat gaib menyusul adanya kabar tersebut.


Tanggapan KBRI Bern

Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terbawa arus saat berenang di Sungai Aare. (Dok. KBRI Bern)
Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terbawa arus saat berenang di Sungai Aare. (Dok. KBRI Bern)

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss, juga memastikan proses pencarian Eril tetep berjalan. Namun untuk hari ini (3/6/2022), KBRI Bern menjelaskan Tim SAR setempat tidak mengerahkan pasukan selam akibat derasnya arus sungai. Adapun pencarian sementara difokuskan di area Marzili hingga pintu air Engehalde.

"Pencarian dilanjutkan dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, dan penerbangan drone," kata KBRI Bern melalui keterangan tertulis terkait pencarian putra sulung Ridwan Kamil, pada Jumat (3/6/2022).

"Penyelam tidak dapat dikerahkan karena pertimbangan derasnya arus Sungai Aare. Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee," ungkap KBRI Bern.

Pada hari sebelumnya, Ridwan Kamil, menyempatkan diri untuk terjun langsung dan menyusuri tepian Sungai Aare. Ia ingin memeriksa tempat-tempat potensial dalam proses pencarian Eril hingga ke beberapa rute perjalanan, baik darat maupun perairan, dapat ditempuh secara aman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya