Fakta Memalukan Qatar Usai Tak Berdaya di Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Qatar tumbang 0-2 di tangan Ekuador pada laga pembuka Piala Dunia 2022.

oleh Anry Dhanniary diperbarui 21 Nov 2022, 16:30 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2022, 16:30 WIB
Gol Perdana Piala Dunia 2022 Qatar Tercetak Lewat Titik Penalti
Bek Qatar, Pedro Miguel berebut bola dengan bek Ekuador, Pervis Estupinan pada pertandingan grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022). Ekuador berhak memimpin klasemen sementara dengan koleksi tiga poin. (AP Photo/Darko Bandik)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 mulai bergulir Minggu (20/11/2022). Tuan rumah Qatar merasakan hasil yang sangat mengecewakan usai menelan kekalahan dengan statistik memalukan.

Genderang Piala Dunia Qatar telah dimulai di Stadion Al-Bayt yang mempertemukan pasukan Felix Sanchez dengan wakil Amerika Selatan, Ekuador, yang berkesudahan 2-0 untuk tim tamu.

Selain kekalahan, Qatar ternyata juga mencatat sebuah statistik yang sebelumnya belum pernah dirasakan oleh tuan rumah Piala Dunia lain di laga pembuka.

Menurut situs statistik Opta, Qatar adalah negara tuan rumah pertama yang merasakan kekalahan di penampilan pembukaan Piala Dunia.

Dalam 21 edisi sebelumnya, tak ada satu pun tuan rumah yang menelan kekalahan di laga pembuka mereka. 16 di antaranya berhasil menang dan 6 lainnya mendapat hasil imbang.

Tak hanya itu, Qatar bahkan sama sekali tidak mencatatkan shot on goal sepanjang 90 menit pertandingan dari lima tendangan yang mereka lepaskan.

Qatar pun hanya mendapatkan satu tendangan pojok, itu pun tercipta saat babak kedua sudah memasuki injury time.

Selain itu, dalam pertandingan kemarin secara keseluruhan hanya tercipta 11 tendangan saja oleh kedua negara. Angka tersebut adalah yang paling sedikit dalam sebuah laga sejak Piala Dunia 1966.

Hasil ini pun menempatkan Qatar di posisi juru kunci Grup A, sementara Ekuador saat ini berada di posisi puncak. Dua negara lain yaitu Senegal dan Belanda baru akan bertanding pada Senin (21/11/2022) malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Dicatat Enner Valencia

Foto: Aksi Ciamik Kapten Ekuador Enner Valencia saat Bungkam Tuan Rumah Qatar di Laga Pembuka Piala Dunia 2022, Banjir Rekor!
Hasilnya, Enner Valencia sukses menjaringkan dua gol ke gawang Qatar di awal babak pertama yang akhirnya tak mampu dibalas tuan rumah hingga laga usai. (AP/Manu Fernandez)

Dalam pertandingan kemarin, Qatar sudah tampak kesulitan sejak menit pertama. Ekuador sebenarnya sukses membobol gawang Qatar saat laga baru berjalan 3 menit lewat sundulan Enner Valencia. Namun, gol tersebut dianulir karena offside.

Barulah akhirnya Valencia memastikan namanya jadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2022 setelah dengan tenang mengeksekusi penalti di menit ke-15.

Menurut Opta, ini adalah kali pertama gol pembuka Piala Dunia tercipta lewat titik penalti. Sebelumnya, gol-gol pembuka tercipta lewat open play.

Tak berhenti sampai di situ, Valencia pun sukses menggandakan keunggulan Ekuador pada menit ke-31. Gol ini pun menciptakan statistik tersendiri bagi sang kapten La Tricolor.

Valencia diketahui selalu mencetak gol dalam lima pertandingan terakhir Ekuador di ajang Piala Dunia.

Tetapi angka tersebut masih kalah dari pencapaian Eusebio (Portugal, 1966), Paolo Rossi (Italia, 1982) dan Oleg Salenko (Rusia, 1994) yang berhasil mencetak enam gol beruntun bagi negara mereka.


Diterpa Isu Sogok

Foto: Aksi Ciamik Kapten Ekuador Enner Valencia saat Bungkam Tuan Rumah Qatar di Laga Pembuka Piala Dunia 2022, Banjir Rekor!
Sejak dimulainya laga, Ekuador yang dipimpin kapten tim Enner Valencia terus mengurung Qatar dengan serangan-serangan yang bervariasi. (AP/Natacha Pisarenko)

Sebelum laga kontra Ekuador digelar, Qatar sempat diterpa isu tak sedap setelah beredar rumor miring yang menyebutkan mereka mencoba memengaruhi pemain Ekuador dengan uang demi memperoleh hasil yang diharapkan.

Pelatih timnas Qatar, Felix Sanchez tak habis pikir dengan rumor yang beredar kalau negara petra dolar itu sudah menyogok pemain Ekuador saat duel pembukaan Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022). Sanchez menilai internet sangat berbahaya.

Meski begitu, Felix Sanchez menegaskan Qatar tak terpengaruh dengan spekulasi ini. Mereka sudah siap penuh menghadapi Ekuador, negara asal Amerika Latin yang finis di posisi 4 saat kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol.

"Saya pikir banyak sekali salah informasi. Internet alat yang bagus tapi juga sangat berbahaya menurut saya. Kami sudah mempersiapkan diri selama bertahun-tahun, latihan," katanya seperti dikutip ESPN.

"Kami bersama, kami kuat dan kompak. Tak akan ada yang bisa mendestabilisasi kami dengan kritik. Kami tak terpengaruh sama sekali."


Pembukaan Fantastis

Opening Ceremony Piala Dunia 2022
Maskot Piala Dunia 2022, La'eeb tampil saat upacara pembukaan di Stadion Al-Bayt, Qatar, Minggu (20/11/2022). (AFP/Manan Vatsyayana)

Anggota boygrup Korea Selatan BTS, Jungkook, mengguncang Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022), kala tampil pada pembukaan Piala Dunia 2022 bersama penyanyi Qatar Fahad Al-Kubaisi.

Jungkook BTS dan Al-Kubaisi membawakan nomor "Dreamers" salah satu lagu resmi Piala Dunia 2022 Qatar.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion Al Bayt mulai pukul 21.40 WIB. Aktor Hollywood Morgan Freeman dengan suara khasnya membawakan narasi serta berbincang dengan Ghanim Al Muftah, disabilitas tanpa kaki yang lahir dengan kondisi langka Caudal Regression Syndrome (CDS).

Al Muftah menginspirasi banyak orang dengan berbagai aktivitas di tengah keterbatasan yang dia alami. Bersama Dana, penyanyi Qatar, mereka menyampaikan pesan tentang pentingnya membuka dialog terkait inklusi dan keragaman.

Pembukaan Piala Dunia 2022 menyajikan tujuh program yang menampilkan atraksi tradisional Qatar maupun budaya dunia, termasuk mewakili 32 negara yang bakal berlaga di pesta sepak bola sejagat ini.

FIFA menuturkan bahwa tema pembukaan Piala Dunia 2022 adalah menyatukan umat manusia, menjembatani perbedaan lewat kemanusiaan, penghormatan, dan inklusi.

Menurut FIFA, sepak bola memberi kesempatan seluruh dunia melebur menjadi satu suku dan hidup berdampingan di tenda bernama bumi.

Narasi tentang tenda tentu tidak lepas dari fakta bahwa pembukaan Piala Dunia Qatar dilangsungkan di Stadion Al Bayt, yang atapnya didesain menyerupai tenda tradisional Suku Badawi.


Bikin Heboh Jagat Twitter

Morgan Freeman
Morgan Freeman saat tampil di pembukaan Piala Dunia 2022 (AFP)

Kemeriahan Piala Dunia 2022 pun ikut terbawa ke media sosial Twitter. Hal ini seperti terlihat dengan trending-nya beberapa tagar yang terkait dengan kompetisi sepak bola terbesar di dunia itu.

Hashtag atau tagar (#) PialaDunia2022 misalnya, menempati trending dengan lebih dari 13,4 ribu cuitan hingga artikel ini ditulis.

Tak cuma ditunggu para pecinta bola, upacara pembukaan dari Piala Dunia 2022 Qatar juga ditunggu-tunggu oleh para penggemar BTS.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, #DreamersbyJungkook juga sempat menjadi trending dan dicuitkan oleh akun-akun penggemar K-Pop dan para penggemar BTS dengan lebih dari 919 ribu cuitan saat artikel ini ditulis.

Tweet #DreamersbyJungkook sendiri diunggah dalam rangka menyambut lagu baru berjudul "Dreamers" yang dirilis oleh Jungkook khusus untuk gelaran Piala Dunia tahun ini.

Sebagai informasi, Jungkook juga menjadi penampil dalam upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. Usai penampilannya, kata kunci "Jungkook" pun dicuitkan dalam 1,65 juta tweet.

Selain itu, #OpeningCeremonyWorldCup2022 juga menjadi trending topic di media sosial Twitter, bersama dengan kata kunci "Piala Dunia."

Penampilan aktor Morgan Freeman yang menyampaikan pesan soal keberagaman dalam pembukaan Piala Dunia 2022 pun, juga tak luput dari komentar positif oleh warganet di Twitter.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya