Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022: Inggris vs Amerika Serikat

Inggris berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar hingga 18 Desember nanti.

oleh Anry Dhanniary diperbarui 25 Nov 2022, 21:19 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2022, 12:15 WIB
Grup B Piala Dunia 2022: Inggris vs Iran
Pemain Timnas Inggris, Jude Bellingham (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Mason Mount usai mencetak gol pertama ke gawang Timnas Iran dalam laga matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (AP/Alessandra Tarantino)

Liputan6.com, Jakarta Inggris akan berusaha untuk mengamankan tiket lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 saat menghadapi Amerika Serikat dalam laga kedua Grup B hari Jumat waktu setempat, atau Sabtu dini hari WIB.

Pertandingan antara Timnas Inggris melawan Amerika Serikat ini akan digelar di Al-Bayt Stadium pada pukul 02.00 dini hari WIB, dan akan disiarkan secara langsung oleh SCTV, Vidio dan Moji TV.

Timnas Inggris sudah pasti ingin melanjutkan tren positifnya di awal Piala Dunia Qatar ini, setelah sebelumnya menang telak 6-2 atas Iran di partai pembuka.

Tambahan tiga poin dari tangan Amerika Serikat akan memastikan satu tempat bagi tim asuhan Gareth Southgate ini di babak 16 besar Piala Dunia. Hal ini adalah target utama "The Three Lions".

"Kami ingin secepatnya lolos. Itu tujuan utama kami, lolos dari grup. Kami ingin mencapainya pada hari Jumat, tapi pertandingan nanti akan berbeda dengan Senin lalu," ujar Southgate.

"Kami harus bisa kembalikan kondisi psikologis kami karena Amerika adalah tim yang atletis, bisa menekan dengan baik dan organisasinya sangat bagus," tambahnya.


Pemain Andalan Pulih Tepat Waktu

Foto: Aksi Berkelas Timnas Inggris Sukses Hancurkan Iran di Laga Pembuka Grup B Piala Dunia 2022
Sejak kick off, Timnas Inggris langsung mengambil inisiatif menyerang. Harry Kane dkk mampu mengurung pertahanan Iran yang membuat salah satu wakil Asia tersebut harus bertahan total di awal laga. (AP/Frank Augstein)

Inggris bisa bernafas lega karena sejumlah pemain andalannya kini sudah dipastikan fit untuk tampil melawan Amerika Serikat. Termasuk Harry Kane, kapten sekaligus penyerang andalan mereka.

Sebelumnya, Kane harus menjalani latihan terpisah dengan rekan-rekannya setelah mengalami masalah pada engkelnya usai ditekel pemain Iran.

Begitu juga Harry Maguire yang sempat mengalami gangguan penglihatan usai alami benturan dengan lawan. Namun, keduanya sudah dinyatakan tak lagi bermasalah dan bisa diturunkan.

Di lain sisi, dalam skuad Amerika Serikat terdapat sejumlah pemain yang merumput di Liga Inggris. Baik pada level Premier League maupun Championship Division.

Karena itu, Southgate meminta pasukannya untuk melupakan "pesta gol" pada laga pertama kemarin.

"Mereka punya beberapa pemain yang kami kenal dari Premier league dan mereka menunjukkan permainan bagus di babak pertama melawan Wales. Hari Senin kemarin adalah awal luar biasa tapi kami harus kembali bersiap untuk laga hari Jumat," tambah Southgate.


Pelatih AS Irit Bicara

Timothy Weah, Putra Presiden Liberia yang Cetak Gol Perdana AS di Piala Dunia Qatar 2022
Penyerang Timnas Amerika Serikat Timothy Weah melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya pada pertandingan sepak bola Grup B Piala Dunia Qatar 2022 antara Amerika Serikat dan Wales di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022). Pemilik nomor punggung 21 ini berhasil mencetak gol perdana bagi Amerika Serikat pada menit 36. (Jewel SAMAD/AFP)

Pelatih Amerika Serikat, Gregg Berhalter, tidak bicara banyak terkait kondisi pemainnya yang sempat cedera di laga pertama kontra Wales: Weston McKennie dan Sergino Dest.

Mckennie dan Dest masih dalam pemulihan cedera paha saat memasuki Piala Dunia 2022. Keduanya pun terlihat mengalami kram saat dipercaya tampil kontra Wales di laga pembuka kemarin.

Berhalter tidak mengatakan dengan jelas apakah kedua pemain itu akan bermain lawan Inggris. Namun memastikan keduanya siap untuk main.

"Keduanya dalam kondisi baik-baik saja," ujar Berhalter singkat.

Menarik untuk dinantikan siapa saja pemain yang akan dipercaya Berhalter untuk meredam performa Inggris yang sedang tajam-tajamnya.


Statistik Inggris dan Amerika

Grup B Piala Dunia 2022: Inggris vs Iran
Pemain Timnas Inggris, Jack Grealish melakukan selebrasi usai mencetak gol keenam ke gawang Timnas Iran dalam laga matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin(21/11/2022) malam WIB. (AP/Abbie Parr)

Head 2 Head:

Rekor Pertemuan di Piala Dunia:

29 Juni 1950: Amerika Serikat 1-0 Inggris

12 Juni 2010: Inggris 1-1 Amerika Serikat

5 Pertemuan Terakhir:

7 September 1994: Inggris 2-0 Amerika Serikat (persahabatan)

28 Mei 2005: Amerika Serikat 1-2 Inggris (Persahabatan)

28 Mei 2008: Inggris 2-0 Amerika Serikat (Persahabatan)

12 Juni 2010: Inggris 1-1 Amerika Serikat (Piala Dunia)

15 November 2018: Inggris 3-0 Amerika Serikat (Persahabatan)

5 Laga Terakhir Inggris:

  • Inggris 0-0 Italia
  • Inggris 0-4 Hungaria
  • Italia 1-0 Inggris
  • Inggris 3-3 Jerman
  • Inggris 6-2 Iran

5 Laga Terakhir Amerika Serikat:

  • Amerika Serikat 5-0 Grenada
  • El Savador 1-1 Amerika Serikat
  • Jepang 2-0 Amerika Serikat
  • Arab Saudi 0-0 Amerika Serikat
  • Amerika Serikat 1-1 Wales

Prediksi Skuad Inggris vs Amerika

Grup B Piala Dunia 2022: Amerika Serikat vs Wales
Timnas Amerika Serikat berfoto sebelum dimulainya laga matchday pertama Grup B Piala Dunia 2022 menghadapi Timnas Wales di Ahmad Bin Ali Stadium, Doha, Qatar, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB. (AP/Francisco Seco)

Prediksi Susunan Pemain:

Inggris: Jordan Pickford, Kierran Trippier, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw, Jude Bellingham, Mason Mount, Declan Rice, Bukayo Saka, Harry Kane, Raheem Sterling

Pelatih: Gareth Southgate

Amerika Serikat: Matt Turner, Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson, Tyler Adams, Weston McKennie, Giovanni Reyna, Timothy Weah, Haji Wright, Christian Pulisic

Pelatih: Gregg Berhalter

Infografis Grup B Piala Dunia 2022
Infografis Grup B Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya