Walid Regragui: Maroko adalah Rocky Balboa di Piala Dunia

Pelatih Maroko Walid Regragui menyebut timnya seperti legenda tinju Rocky Balbo di Piala Dunia. Singa Atlas menjadi tim Afrika pertama dalam sejarah yang mencapai semifinal Piaal Dunia.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 11 Des 2022, 16:45 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 16:45 WIB
Walid Regragui - Maroko - Piala Dunia 2022 - 20 Desember 2022
Pelatih Maroko Walid Regragui merayakan kemenangan timnya atas Portugal pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022. Maroko menang 1-0 dan lolos ke semifinal. (AP Photo/Petr David Josek)

Liputan6.com, Jakarta - Maroko belum berhenti membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar. Singa Atlas menindaklanjuti kemenangan atas Spanyol dengan mengalahkan Portugal pada babak delapan besar.

Maroko menang 1-0 lewat gol Youssef En-Neysri dalam laga di Stadion Al Thumama, Sabtu (10/12) malam WIB. Hasil itu membuat Maroko sebagai tim Afrika pertama dalam sejarah yang mencapai semifinal Piala Dunia.

Tidak hanya itu, pasukan Walid Regragui baru kebobolan sekali dalam lima pertandingan Piala Dunia 2022. Gol itu pun merupakan gol bunuh diri saat menang 2-1 atas Kanada.

Padahal, Maroko menghadapi lawan-lawan yang tidak mudah. Mereka telah melawan Belgia, Spanyol, Portugal, dan runner up Piala Dunia 2018 Kroasia.

Walid Regragui percaya skuadnya mengirim 'pesan ke dunia', yang kini sepenuhnya berada di belakang cerita Maroko. "Kami menjadi tim yang disukai semua orang di Piala Dunia ini karena kami menunjukkan, jika Anda bekerja cukup keras, menunjukkan semangat dan keyakinan itu, Anda bisa mencapainya," katanya seperti dikutip Fot Mob.

"Ini bukan keajaiban. Banyak yang akan mengatakan itu keajaiban, terutama di Eropa, Tetapi, kami telah melawan Kroasia, Belgia, Spanyol, Portugal tanpa kebobolan."

"Itu bukan keajaiban, ini hasil kerja keras. Kami telah membuat rakyat kami bahagia dan bangga, benua ini bahagia dan bangga, begitu banyak orang di seluruh dunia bahagia," ucap Regragui menambahkan.

Dia bahkan menyamakan skuadnya dengan sosok petinju di film Hollywood Rocky Balboa. "Saat Anda menonton Rocky, Anda mendukungnya karena hati dan komitmennya. Kami adalah Rocky di Piala Dunia ini," ujar Regragui.

"Ketika Anda adalah tim kecil, Anda membutuhkan keyakinan ini. Saya memberi tahu para pemain bahwa Anda tidak pergi ke Piala Dunia untuk bermain tiga pertandingan. Siapa pun yang hanya datang untuk bermain tiga pertandingan tidak bisa ikut dengan saya."

"Sepak bola adalah olahraga terbaik di dunia - Anda bisa percaya, Anda bisa melakukannya. Ini adalah pesan kepada dunia dan saya pikir dunia sekarang bersama Maroko," tutur Regragui.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak mudah

Walid Reragui - Maroko - Piala Dunia 2022 - 10 Desember 2022
Pelatih Maroko Walid Regragui dilempar ke udara oleh para pemainnya setelah pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 menghadapi Portugal di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022. Maroko menang 1-0 dan lolos ke semfinal. (AP Photo/Martin Meissner)

Perjalanan Maroko menembus semifinal Piala Dunia 2022 tidak mudah. Pada laga pertama Grup F, Singa Atlas menahan imbang runner up Piala Dunia 2018 Kroasia 0-0.

Setelah itu, Hakim Ziyech cs mengalahkan membungkam Belgia 2-0 dan menang 2-1 atas Kanada untuk finis di puncak klasemen Grup F. Selanjutnya di babak 16 besar, Maroko menyingkirkan Spanyol lewat adu penalti 3-0 setelah bermain imbang 0-0 hingga babak perpanjangan waktu.

Lolos ke perempat final, Maroko mengubur ambisi Portugal lewat kemenangan 1-0. Tapi, kesuksesan itu harus dibayar dengan cederanya sejumlah pemain kunci seperti Noussair Mazraoui, Nayef Aguerd, dan kapten Romain Saiss cedera.

Meski demikian, Regragui sangat mempercayai skuatnya. Ahli taktik berusia 47 tahun itu menegaskan kembali impian Maroko adalah melaju sejauh mungkin di Qatar.

Maroko akan menghadapi Prancis pada laga semifinal di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12) pukul 02:00 WIB. "Sangat menyenangkan datang ke Piala Dunia untuk memainkan pertandingan penyisihan grup - para penggemar akan senang, tetapi sebelum putaran pertama semua orang mengira kami akan tersingkir," katanya.

"Tapi, kami memiliki pemain elit. Kami memiliki tim yang bisa memenangkan pertandingan di Piala Dunia. Kami harus percaya diri, keluar dan tidak menyesal. Para pemain mempercayai saya."

"Apa yang penting bagi generasi mendatang adalah kami telah menunjukkan bahwa tim Afrika bisa mencapai semifinal, dan mengapa tidak ke final? Mengapa tidak?" ucapnya Regragui.

"Kita harus bermimpi, bermimpi memenangkan Piala Dunia. Jika Anda tidak bermimpi, Anda tidak bisa kemana-mana, tidak ada biaya untuk memiliki mimpi."

"Siapa pun yang melawan kami akan takut pada kami, mereka harus berada di puncak permainan mereka. Itulah pesan yang akan saya kirimkan kepada mereka," pungkas Regragui.


Perjalanan Maroko di Piala Dunia 2022

Perempatfinal Piala Dunia 2022: Maroko vs Portugal
Pemain Timnas Portugal, Joao Felix (kanan) menguasai bola dibayangi pemain Timnas Maroko, Azzedine Ounahi dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. (AP/Ebrahim Noroozi)

Penyisihan Grup F

Maroko vs Kroasia 0-0

Maroko vs Belgia 2-0

Maroko vs Kanada 2-1

 

Babak 16 besar

Maroko vs Spanyol 3-0 (0-0)

 

Perempat final

Maroko vs Portugal 1-0

 

Semifinal

Maroko vs Prancis

Infografis Gebrakan Kuda Hitam Maroko di Piala Dunia 2022
Infografis Gebrakan Kuda Hitam Maroko di Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya