Lionel Messi Pastikan Qatar Jadi Piala Dunia Terakhirnya: Bakal Mati-matian di Babak Final

Lionel Messi berhasil membawa Argentina mengalahkan Kroasia 3-0 pada semifinal Piala Dunia 2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 15 Des 2022, 05:14 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 11:31 WIB
Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022 Usai Taklukkan Kroasia
Penyerang Argentina, Lionel Messi berselebrasi usai mencetak gol lewat penalti ke gawang Kroasia pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022). Argentina menang telak atas Kroasia dengan skor 3-0. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta Argentina melaju ke final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Kroasia 3-0 di Lusail Stadium, Rabu (14/12/2022). Dalam laga ini, Lionel Messi tampil memukau lewat 1 gol dan 1 asisstnya. 

La Pulga mengawali kemenangan Argentina pada menit ke-34 lewat penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah kiper Kroasia, Dominic Livacovic menjatuhkan Julio Alvarez di kotak terlarang.

Messi maju sebagai algojo dan dengan tenang berhasil menaklukkan Livacovic. Ini merupakan gol kelima Messi di Piala Dunia 2022 sekaligus menyamai torehan top skor sementara Kylian Mbappe. 

Julian Alaverez akhirnya ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-38. Aksi solo run pemain berusia 22 tahun itu berhasil mengecoh barisan pertahanan Kroasia sebelum kemudian melepaskan tembakan yang memaksa Livacovic memungut bola dari jaringnya untuk kali kedua. 

Messi benar-benar menjadi roh bagi permainan Argentina melawan Kroasia. Di babak kedua, sihir pemain Paris Saint Germain itu kembali membuat para pemain bertahan tim lawan kelimpungan. 

Setelah melewati Graviol, Messi segera melesat menembus kotak penalti. Matanya yang jeli kemudian menemukan Alvarez yang berdiri bebas dan langsung menyodorkan bola kepadanya. Tanpa kesulitan, Alvarez yang berada tepat di depan gawang berhasil mencetak gol keduanya. 

Kemenangan atas Kroasia mengantar Argentina ke ujian terakhir Piala Dunia 2022. Di partai puncak, Albiceleste bakal berhadapan dengan pemenangan Maroko melawan Prancis. Kedua tim akan bertarung pada babak semifinal di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12/2022) pukul 02.00. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Piala Dunia Terakhir

Timnas Argentina Vs Timnas Kroasia Semifinal Piala Dunia 2022
Pemain Argentina, Lionel Messi mencetak gol pertama timnya ke gawang Kroasia melalui tendangan penalti saat laga semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung Lusail Stadium, Qatar, Selasa (13/12/2022) waktu setempat. (AP Photo/Frank Augstein)

Messi sangat senang menyambut keberhasilan timnya ke final. Apalagi dia juga keluar sebagai man of the match pada pertandingan ini. Torehan Lionel Messi pada pertandingan melawan Kroasia juga sekaligus mengantar pria berusia 35 tahun itu kepada deretan rekor yang fantastis. 

Salah satunya menjadi menjadi pemain tersubur sepanjang masa Argentina di putaran final Piala Dunia. Total Messi membuat 11 gol selama bermain di Piala Dunia. Eks pemain Barcelona itu kini melewati rekor penyerang Gabriel Omar Batistuta dengan koleksi 10 gol di Piala Dunia.

Selain itu, kemenangan atas Krosia semakin mendekatkan Messi mewujudkan ambisinya dalam melengkapi lemari trofinya. Apalagi, Messi akhirnya memastikan kalau tahun ini merupakan Piala Dunia terakhir yang akan diikutinya. "Saya senang bisa meraih hasil ini," katanya dilansir Reuters. 

"Menyelesaikan perjalanan Piala Dunia saya dengan memainkan laga terakhir di final," bebernya.

"Ada banyak tahun untuk yang berikutnya dan saya pikir saya tidak akan mampu melakukannya. Dan finis seperti ini adalah yang terbaik," ujar kapten timnas Argentina tersebut.

 

 

 


Selangkah Lagi

Hingga saat ini, Messi telah tampil di lima Piala Dunia. Dia melewati torehan legenda Argentina, Diego Maradona yang sebelumnya tampil di empat Piala Dunia dan satu gelar juara 1986. 

Sebelas gol telah dicetak Messi di Piala Dunia yang diikutinya. Messi bahkan hampir pasti melewati rekor legenda Jerman Lothar Matthaus sebagai pemain yang paling sering main di Piala Dunia. Keduanya kini sama-sama mengantongi 25 penampilan dan Messi hampir pasti memecahkan rekor ini karena timnas Argentina masih akan tampil di final Piala Dunia 2022.

"Rekor-rekor ini memang baik, tapi yang paling penting adalah kemampuan tim mencapai tujuan, di mana itu yang paling indah dari semuanya," kata Messi. 

"Kami hanya selangkah lagi, setelah bertarung keras, dan kami akan melakukan apapun yang kami bisa untuk bisa membuatnya jadi kenyataan kali ini," beber La Pulga. 

 

Infografis Head to Head Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Head to Head Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya