Ridwan Kamil Bakal Desain Medali untuk Pocari Sweat Run Indonesia 2023

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal menjadi desainer medali untuk ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2023 yang dihelat di Bandung, Jawa Barat, pada 30 Juli mendatang.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 05 Feb 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2023, 16:00 WIB
Pocari Sweat Run Indonesia 2023
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai menghadiri acara Press Conference Pocari Sweat Run Indonesia 2023 di The Langham Jakarta, pada Minggu (5/2/2023). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bakal menjadi desainer medali untuk ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2023 yang dihelat di Bandung, Jawa Barat, pada 30 Juli mendatang.

Sekadar informasi, Pocari Sweat Run merupakan salah satu ajang lari hybrid (offline dan virtual) terbesar di Indonesia. Perhelatan edisi ini menandai kali kesepuluh diselenggarakannya Pocari Sweat Run di Tanah Air.

Pihak penyelenggara hingga kini sudah menjual 11.000 slot lari offline. Mereka rencananya masih mengincar peserta virtual di berbagai kota, sehingga memenuhi kuota 30.000 pelari yang ditargetkan.

Ridwan Kamil menyatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Pocari Sweat Run 2023 di daerahnya. Menurut dia, ajang tersebut memberi dampak positif signifikan buat Jawa Barat, baik dari segi branding maupun ekonomi.

"Pemprov Jawa Barat selalu terdepan untuk mendukung acara ini karena benefit bagi kami: satu branding-nya luar biasa, dua ekonominya (bagus)," ujarnya saat menghadiri Press Conference Pocari Sweat Run Indonesia 2023 di The Langham Jakarta, Minggu (5/2/2023).

"Bayangkan, 11.000 orang datang ke Bandung. Katakanlah sebagian besar membawa keluarganya. Pasti dia akan menginap di hotel, wisata kuliner, dan lain-lain. (Selain itu), citra (Pocari Sweat Run) yang konsisten (diadakan sampai) 10 kali itu luar biasa," tambah Ridwan Kamil.

Karena itu, sebagai bentuk support lain, Kang Emil–sapaan akrab Ridwan Kamil–menyatakan bakal mendesain sendiri medali Pocari Sweat Run Indonesia 2023. Hal ini juga sekaligus menjadi bentuk kontribusi di tahun terakhirnya sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Karena saya punya hobi visual, hobi desain, khusus medali tahun ini saya akan desain sendiri karena (ini) tahun terakhir (saya) jadi gubernur," kata Ridwan Kamil kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Detail Unik

Pocari Sweat Run Indonesia 2023
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) usai menyelesaikan morning run jelang acara Press Conference Pocari Sweat Run Indonesia 2023 di Langham Jakarta, Minggu (5/2/2023). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengungkap desain medali yang disiapkan untuk Pocari Sweat Run 2023 terbilang unik. Ia memasukkan detail-detail khusus berbentuk wayang agar medali tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk tujuan dekorasi dan estetika.

"Jika dibandingkan dengan (medali ajang) yang lain, maaf ya, kadang-kadang cuma seperti lingkaran saja. (Kalau medali dalam ajang ini) di tengahnya ada wayang, sehingga itu nanti (bisa digunakan) finisher sebagai dekorasi rumah juga," paparnya.

"Dari perhatian terhadap detail-detail ini saja, menunjukkan (adanya) atensi yang luar biasa terhadap kesempurnaan penyelenggaraan (Pocari Sweat Run 2023)," imbuh tambah Ridwan Kamil.


Siapkan Inovasi

Pocari Sweat Run Indonesia 2023
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) dan Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati (kedua dari kanan) saat menghadiri acara Press Conference Pocari Sweat Run Indonesia 2023 di The Langham Jakarta, Minggu (5/2/2023). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Tak hanya desain medali spesial, Pocari Sweat Run Indonesia 2023 juga telah menyiapkan inovasi baru demi menambah semarak dan kemeriahan lari bagi peserta virtual.

Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Puspita Winawati Wina menjelaskan, pihaknya bakal bekerja sama dengan komunitas lari di 100 kota di Indonesia.

Para virtual runners nantinya dapat terkoneksi melalui mobile apps dan live streaming dengan event utama di Bandung, sambil turut merasakan suasana mini offline serta flag-off serentak bersama komunitas di masing-masing kota.

"Kalau secara virtual itu kan biasanya berlari masing-masing, dari mana pun, kota mana pun mereka bisa ikut dan join secara virtual. Jadi (peserta) terkoneksi dengan mobile apps, nanti juga bisa dilihat secara live streaming," papar Wina pada Minggu (5/2/2023).

"Di tahun ini, yang baru adalah kita bekerja sama dengan komunitas di 100 kota. Nanti di 100 kota itu, akan ada mini offline. Jadi Kang Emil dari Bandung akan flag-off utama, tetapi secara bersamaan, di 100 kota itu akan juga ada flag-off, sehingga yang ikut secara virtual juga bisa merasakan ambience-nya," tambah dia.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya