Profil Timnas Fiji di Piala Dunia U-20 2023: Masih Muda, Pemainnya Temperamen

Timnas Fiji U-20 tampil di Piala Dunia U-20 2023 setelah lolos ke final Kejuaraan U-19 OFC 2022. Di usia yang masih muda, sejumlah pemain Timnas Fiji U-20 ternyata cukup temperamen.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 08 Mar 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2023, 20:30 WIB
Timnas Fiji U-20 ketika melawan Timnas Indonesia U-20.
Timnas Fiji U-20 menjadi salah satu wakil Oseania pada Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Fiji U-20 menjadi satu dari dua wakil Oseania di Piala Dunia U-20 2023. Fiji menemani Selandia Baru dalam turnamen yang akan berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei hingga 11 Juni.

Timnas Fiji lolos ke Piala Dunia U-20 2023 setelah mencapai final Kejuaraan U-19 OFC 2022. Namun, mereka kalah 0-3 dari Selandia Baru pada partai final.

Ini adalah kali kedua Timnas Fiji tampil dalam Piala Dunia U-20. Sebelumnya, mereka pernah berlaga di turnamen dua tahunan ini pada 2015 lalu.

Pada Piala Dunia U-20 2015, Fiji tergabung Grup F bersama Jerman, Uzbekistan, dan Honduras. Di laga perdana, Timnas Fiji dibantai Jerman dengan skor telak 1-8.

Timnas Fiji kemudian bangkit pada laga kedua dengan mengalahkan Honduras dengan skor 3-0. Namun, Fiji harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 0-3.

Hasil itu menempatkan Timnas Fiji di posisi juru kunci atau keempat dengan tiga poin. Sebenarnya jumlah poin Fiji sama dengan Honduras, namun kalah dalam produktivitas gol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Permainan keras dan kasar

Foto: Momen Baku Pukul Hokky Caraka dengan Pemain Fiji Setelah Frengky Missa Dihajar Hingga Terkapar
Pemain Timnas Indonesia, Hokky Caraka (kiri) bersitegang dengan pemain Timnas Fiji, Pawan Pratap Singh pada laga International Friendly Match U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (17/02/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di usia yang masih muda, sejumlah pemain Timnas Fiji U20 ternyata cukup temperamen. Mereka sering memeragakan permainan keras cenderung kasar.

Hal ini terlihat dalam laga Timnas Fiji melawan Timnas Indonesia U20 pada turnamen mini Piala Dunia U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Februari 2023. Di laga itu pemain Timnas menjadi sasaran tackling, dorongan, sikutan, hingga pukulan.

Empat kartu merah dikeluarkan Wasit Thoriq Alkatiri dalam laga itu. Tiga untuk pemain Fij, sedangkan satu lainnya buat pemain Indonesia.

Tiga pemain Fiji U20 yang mendapat kartu merah ialah Thomas Arthur Dunn, kapten Melvin Mani, dan Pawan Singh. Sementara kartu merah Indonesia didapat Hokky Caraka yang terpancing emosi lantaran Pawan Singh memukul Franky Misa.

 


Daftar pemain Timnas Fiji U-20

Foto: Momen Baku Pukul Hokky Caraka dengan Pemain Fiji Setelah Frengky Missa Dihajar Hingga Terkapar
Pemain Timnas Indonesia, Hokky Caraka bersitegang dengan pemain Timnas Fiji, Pawan Pratap Singh pada laga International Friendly Match U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (17/02/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Penjaga Gawang: Aydin Mustahib (Selandia Baru/Auckland United), Joji Vuakaca (Fiji/Labasa), Isikeli Sevenaia (Fiji/Nadroga)

Bek: Pawan Singh (Fiji/Labasa), Geary Kubu (Fiji/Nasinu), Mohammed Fataul (Fiji/Seaqaqa), Samuela Navoce (Fiji/Suva), Peniasi Rotidara (Fiji/Suva), Sailosi Tawake (Fiji/Labasa, Peter Ravai (Inggris/Maidstone United)

Gelandang: Sailasa Ratu (Fiji Tavua), Abdullah Aiyas (Australia/Bonnyrigg White Eagles), Lachlan Lal (Australia/Manly United), Mustafa Mohammed (Australia/Brisbane Roar FC U23), Caleb Aaron Prasad (Selandia Baru/Manukau United), Nabil Begg (Fiji/Ba FC), Oliver McFadyan (Inggris/Stockport County Youth, Clarence Hussain (Fiji/Nasinu), Gulam Razool (Fiji/Lautoka)

Penyerang: Marcus Lal (Australia Manly United, Zoheb Rahim (Fiji/Nadroga), Junior Dekedeke (Fiji/Lautoka), Sterling Vasconcellos (Fiji/Lautoka), Faazil Faizul Ali (Fiji/Ba FC), Melvin Mani (Fiji/Navua)

Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021
Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya