Manchester City Juara Liga Champions, Sejarah Baru Diukir Josep Guardiola

Josep Guardiola mengukir sejarah baru yang sulit diulangi pelatih manapun usai Manchester City juara Liga Champions

oleh Thomas diperbarui 11 Jun 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 06:00 WIB
Pep Guardiola bawa Manchester City juara Liga Champions 2022/2023.
Manajer Manchester City, Pep Guardiola bersama medali juara Liga Champions 2022/2023. (AFP/ Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta- Manchester City baru saja memastikan menjadi juara Liga Champions 2022/2023. The Citizens menang tipis 1-0 atas Inter Milan berkat gol tunggal Rodri pada laga yang berlangsung di Ataturk Olympic Stadium, Turki pada Minggu 11 Juni 2023 dini hari WIB.

Keberhasilan juara Liga Champions membuat Manchester City meraih treble di musim 2022/2023. Sebelumnya rival sekota Manchester United itu sudah juara Liga Inggris dan Piala FA. Ini menjadi kali pertama City menjadi juara Liga Champions. Mereka juga sebelumnya tak pernah bisa merebut treble.

Sukses City merebut treble di musim 2022/2023 membuat manajer Josep Guardiola mengukir sejarah baru. Pria Spanyol itu menjadi pelatih pertama yang bisa treble di kompetisi Eropa lebih dari satu kali. Guardiola juga menjadi pelatih pertama yang merebut treble dengan dua klub berbeda.

Pertama kali Guardiola merebut treble ketika melatih Barcelona di musim 2008/2009. Saat ini Barcelona yang diperkuat Lionel Messi menjuarai Liga Champions, LaLiga dan Copa del Rey.

Praktis di sepak bola Eropa cuma ada enam pelatih yang mampu meraih treble. Selain Josep Guardiola, ada Sir Alex Ferguson, Jose Mourinh, Jupp Heynckes, Luis Enrique dan Hansi Flick. Namun kelima pelatih tersebut baru sekali melakukannya.

Menjuarai Liga Champions 2022/2023 menjadi terasa spesial. City menjadi juara sejati. Mereka tak pernah kalah dalam 13 pertandingan di Liga Champions musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Guardiola Bisa Ciptakan Sejarah Baru Lain

Manchester City
Manchester City berhasil merebut juara Liga Champions untuk pertama kali dalam sejarah mereka usai menang 1-0 atas Inter Milan. Ini sekaligus jadi hattrick untuk Man City (AFP)

Usai meraih treble, Guardiola kini akan berusaha mengulangi kesuksesannya di tahun 2009 bersama Barcelona. Ketika itu Barca menyapu bersih enam trofi dalam satu tahun kalender. Mereka merebut Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa dan Piala Super Spanyol.

Piala Dunia Antarklub 2023 akan berlangsung di Arab Saudi pada 12 sampai 22 Desember 2023. Guardiola akan mengukir tinta emas lagi jika bisa dua kali merebut enam piala dalam setahun dengan dua klub berbeda.


Lawan Arsenal di Community Shield

Pada Piala Super Eropa, City akan berhadapan dengan Sevilla. Wakil Spanyol itu merupakan juara Liga Europa setelah mengalahkan AS Roma pada partai final awal Juni kemarin.

City juga akan bermain di Community Shield 2023 dengan melawan Arsenal. Karena City yang menjuarai Piala FA dan Liga Inggris maka Arsenal yang berhak menjadi lawan di Community Shield. Meriam London merupakan runner-up Liga Premier Inggris.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya