Cetak Sejarah, Erick Thohir Tunjuk Solo Jadi Venue Semifinal dan Final Piala Dunia U-17

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menunjuk stadion Manahan Solo sebagai tempat digelarnya semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung 10 November sampai 2 Desember 2023 nanti.

oleh Defri Saefullah diperbarui 29 Jul 2023, 16:06 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2023, 14:20 WIB
FOTO Ketua PSSI, Erick Thohir kembali kunjungi Solo jelang Piala Dunia U-17 2023
Ketua Umum PSSI mengunjungi seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (23/7/2023). (Bola.com/Radifa Arsa)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir akhirnya menunjuk Solo sebagai tempat semifinal dan final Piala Dunia U-17. Ini menjadi sejarah bagi stadion Manahan Solo yang akan jadi saksi perebutan gelar juara Piala Dunia U-17 2023.

"Stadion untuk semifinal dan final Piala Dunia U-17 di Solo. FIFA akan hadir akhir bulan mengecek seluruh fasilitas stadion yang diusulkan," ujar Erick usai menyaksikan seleksi Timnas Indonesia U-17 Solo di Stadion Sriwedari, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2023).

Erick mengatakan pemilihan Solo sebagai tuan rumah babak semifinal dan final harus menjadi motivasi bagi para peserta seleksi untuk menampilkan hal terbaik agar terpilih menjadi bagian dari skuat timnas U-17.

"Sejarah diciptakan oleh kalian, masa depan bangsa yang ikut diseleksi. Ayo menjadi bagian dalam sejarah ini, buktikan diri kalian agar nanti masuk seleksi," ucap Erick.

Erick menyampaikan talenta muda Indonesia punya potensi besar. Erick menyebut hal ini sudah terbukti saat timnas U-23 berhasil merengkuh medali emas dan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dalam ajang SEA Games 2023.

"Anak muda Indonesia kalau dibimbing dan diberikan kesempatan, mereka akan bangkit, insyaaAllah ada jalan," lanjut Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PSSI Seleksi Stadion Untuk Pembukaan Piala Dunia U-17

Foto: Tour de Stadium Erick Thohir ke Stadion Manahan, Layak Jadi Venue Final dan Penutupan Piala Dunia U-20 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir kembali melakukan Tour de Stadium untuk melihat kesiapan venue ajang Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Setelah sebelumnya meninjau dua stadion sekaligus, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Si Jalak Harupat pada Sabtu (11/3/2023), maka pada Minggu (12/3/2023) giliran Stadion Manahan Solo yang dikunjungi. Didampingi Waketum PSSI, Zainudin Amali, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Essy Asiah, Erick Thohir menilai Stadion Manahan Solo layak diajukan sebagai venue menggelar partai final sekaligus upacara penutupan Piala Dunia U-20 2023 mendatang. (Bola.com/Radifa Arsa)

 

Untuk stadion pembukaan Piala Dunia U-17, Erick menyampaikan PSSI masih melakukan seleksi terhadap sejumlah stadion. Di sisi lain, Erick menyampaikan proses seleksi pemain yang sudah berlangsung di tujuh kota berjalan dengan baik.

"Seleksi berjalan lancar dan saya pastikan tidak ada pemain titipan, kita memberikan sebesar-sebesarnya kesempatan kepada talenta yang ada, kita serius mempersiapkan ini, tidak hanya untuk U-17 tahun ini, tapi juga untuk U-20 untuk 2025. Kita tidak mungkin membentuk tim yang tangguh dengan program jangka pendek saja," kata Erick.


Frank Wormuth Jadi Konsultan Timnas Indonesia U-17

PSSI mengumumkan Frank Wormuth sebagai konsultan untuk pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, di Piala Dunia U-17 2023.
PSSI mengumumkan Frank Wormuth sebagai konsultan untuk pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, di Piala Dunia U-17 2023. (Bola.com/Dok.Twitter Timnas Jerman).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menunjuk Frank Wormuth sebagai konsultan pelatih Timnas Indonesia U-17. Dia menyatakan pelatih asal Jerman itu akan mampu meningkatkan kualitas dan strategi permainan tim Merah Putih menuju Piala Dunia U-17 2023.

Frank Wormuth terakhir menukangi klub Belanda, FC Groningen, dan pernah menjadi manajer Timnas Jerman U-20 dari 2010-2016. Menurut Erick Thohir, hal itu akan menjadi awal keinginannya untuk membentuk sekaligus mendesain pola dan strategi karakter sepak bola Indonesia di masa depan.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kita akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda ini," kata Erick Thohir di Solo, Minggu (23/7/2023).

Dalam kontrak selama empat bulan, Frank akan melakukan pentahapan untuk membangun Timnas Indonesia U-17. Ini agar siap bersaing dengan 24 negara lainnya di Piala Dunia U-17 yang berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember.

Tahapan itu mulai dari analisis SWOT untuk membentuk tim kepelatihan dan staf yang solid. Selain itu, mempersiapkan modul-modul kepelatihan, pemaparan hingga implementasi program, serta mengawasi dan mengevaluasi atas modul yang dijalankan tim pelatih U-17.


4 Pemain Diaspora Dipulangkan dari Seleksi Timnas Indonesia U-17

Foto: Seleksi Ketat Pemain Timnas Indonesia U-17 untuk Berlaga di Piala Dunia
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, memimpin sesi latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Memasuki pekan kedua pemusatan latihan di Jakarta, Bima Sakti telah melakukan bongkar pasang skuad demi mendapatkan tim ideal yang mampu bersaing di Piala Dunia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Seleksi pemain timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023 sudah memakan korban. Tujuh pemain, termasuk empat diaspora, dicoret karena ketatnya persaingan.

"Ada tujuh nama yang dipulangkan coach Bima (Sakti) kemarin setelah internal game. Ada empat diaspora yang dipulangkan," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Mereka yang tersingkir adalah Muhammad Afazriel, Dimas Arya, dan Muhamad Gaoshirowi. Sementara empat diaspora yang gugur mencakup Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Aaron Nathan, dan Staffan Qabiel.

Masih ada enam diaspora yang bertahan, salah satunya Aaron Liam Suitela. Sementara Welberlieskott de Halim Jardim atau Welber Jardim belum ada kepastian karena masih bermain bersama Sao Paulo U-17 dan berhalangan mengikuti seleksi.

 


Gagal Masuk Skuad Timnas Indonesia U-17, Pemain Muda Direkomendasikan ke Klub Liga 1

Foto: Ketua PSSI Pantau Langsung Seleksi Pemain Timnas Indonesia U-17 di Markas Persija
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berbincang dengan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus dan pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri saat memantau langsung seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Depok, Sabtu (22/7/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyatakan pemain-pemain yang lolos seleksi dari 12 kota tapi gagal menembus skuad final Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 akan direkomendasikan ke klub-klub Tanah Air yang mempunyai tim kelompok umur di Elite Pro Academy (EPA).

“Lebih baik kita salurkan ke klub-klub Liga 1 yang di sana akademi-akademinya wajib membina para pemain U-14, U-16, U-18, U-20,” jelas Indra.

Indra menilai opsi itu merupakan sesuatu yang positif agar bakat para bibit-bibit muda tidak hilang dan terus berkembang di tempat yang tepat.

“Kalau dia kembali ke daerah kita takut nanti pembinaan di daerah kurang baik,” tutup Indra.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya