Manchester United Akui Sudah Paham Kelemahan Andre Onana Sehingga Selalu Jadi Target Tim Lawan

Salah satu klub mengatakan para pemain diinstruksikan untuk menembak lebih awal karena kiper Manchester United itu berada jauh di dalam area penalti sehingga secara efektif gawang mereka lebih besar.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 06 Okt 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2023, 13:00 WIB
Foto: Momen Blunder Andre Onana yang Jadi Awal Petaka MU Takluk dari Bayern Munchen dalam drama 7 Gol di Liga Champions
Bek Manchester United, Sergio Reguilon berusaha mengangkat dan menyemangati Andre Onana setelah kebobolan gol pertama melalui tendangan gelandang Bayern Munchen, Leroy Sane pada laga matchday pertama Grup A Liga Champions 2023/2024 di Allianz Arena, Munich, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB. (AFP/Tobias Schwarz)

Liputan6.com, Jakarta Manajemen Manchester United sudah mengidentifikasi kelemahan Andre Onana, sehingga kekurangannya tersebut selalu jadi target tim lawan. Karenanya kiper MU itu mengalami terus kesulitan.

Pemain internasional Kamerun berusia 27 tahun ini, bergabung dengan tim Erik ten Hag dari Ajax pada musim panas dengan harga 47,2 juta pounds. Onana telah menerima banyak kritik dalam beberapa pekan terakhir menyusul sejumlah kesalahan besar.

Rata-rata, Onana kebobolan hampir dua gol per pertandingan selama berseragam United. Dan, pada Selasa malam, dia kembali tampil jauh dari meyakinkan saat melawan Galatasaray.

Posisinya saat Mauro Icardi mencetak gol kemenangan patut dipertanyakan. Sementara umpan buruknya kepada Dries Mertens mengakibatkan Casemiro dikeluarkan dari lapangan karena melakukan tekel terakhir.

Onana kini telah kebobolan tujuh gol dalam dua pertandingan Liga Champions – sebuah rekor yang membuat tim lawan tergiur memanfaatkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Onana Kini Selalu Jadi Incaran Tim Lawan

Foto: Momen Blunder Andre Onana yang Jadi Awal Petaka MU Takluk dari Bayern Munchen dalam drama 7 Gol di Liga Champions
Kiper baru Manchester United, Andre Onana kembali jadi sorotan. Perannya untuk menggantikan posisi David De Gea tak berjalan mulus. Blunder demi blunder dibuatnya pada awal musim 2023/2024. Teranyar, kiper asal Kamerun tersebut harus kebobolan empat gol hingga akhirnya takluk 3-4 dari Bayern Munchen pada laga matchday pertama Grup A Liga Champions 2023/2024 di Allianz Arena, Munich, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB. Dari empat gol yang bersarang, gol pertama yang dilesakkan Leroy Sane pada menit ke-28 mutlak menjadi blunder Onana. Bola yang mengarah tepat ke arahnya tak mampu ditangkap dengan sempurna, hingga akhirnya lepas dan masuk ke dalam gawang. (AFP/Tobias Schwarz)

Faktanya, laporan dari The Telegraph menunjukkan bahwa tim lawan mengincar posisi Onana – sebuah sikap yang telah membuat "fokus analis lawan" saat mempersiapkan pertandingan.

Penjaga gawang yang sedang tidak dalam performa terbaiknya sering kali terjebak jauh di areanya sendiri ketika tim asuhan Erik ten Hag kehilangan penguasaan bola.

Dan sumber dari salah satu klub mengatakan para pemain diinstruksikan untuk menembak lebih awal karena mantan kiper Ajax itu berada jauh di dalam area penalti sehingga secara efektif gawang mereka lebih besar.


MU Kontrak Onana dengan Alasan Berbeda

Andrea Onana, Manchester United
Reaksi kiper Manchester United, Andre Onana, setelah gawangnya empat kali dibobol Bayern Munchen pada laga Grup A Liga Champions 2023/2024 di Allianz Arena, Munich, Jerman, Kamis (21/9/2023). (AFP/Tobias Schwartz)

Ten Hag mengatakan dia mengontrak Onana karena sejumlah alasan berbeda, termasuk kemampuannya bermain dari belakang.

Namun sejumlah umpan nyasar membuat United berada dalam situasi sulit akhir-akhir ini. Meski begitu, Ten Hag mendukung Onana untuk menjadi "salah satu penjaga gawang terbaik di dunia" menyusul penampilan terbarunya melawan Galatasaray.


Ten Hag Masih Percaya Onana Masih Kiper Terbaik

Foto: Andre Onana Buat Ulah Casemiro yang Kena Kartu Merah, MU pun Kalah
Wasit Ivan Kruzliak (tengah), memberikan kartu merah kepada pemain MU, Casemiro (tiga kiri), setelah melanggar pemain Galatasaray dalam pertandingan lanjutan Grup A Liga Champions 2023/2024 yang berlangsung di Old Trafford, Manchester, Rabu (4/10/2023) dini hari WIB. (AFP/Darren Staples)

Berbicara setelah kekalahan 2-3 di Old Trafford, manajer asal Belanda itu mengatakan: "Kami senang dengan tim penjaga gawang kami. Andre berada di satu semifinal, musim lalu di final Liga Champions.

“[Dia] bisa menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Kita telah melihat kemampuannya yang luar biasa dan juga kepribadiannya. Dia akan bangkit kembali.

"Saya harus berbicara dengan lebih banyak pemain, dan Andre tentu saja. Saya akan menyemangati dan mendukungnya. Dia kiper hebat. Kami harus tenang dan menatap ke depan."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya