Perdana Digelar di Danau Toba, Aquabike World Championship 2023 Bakal Diikuti 128 Atlet Jetski Internasional

Total 128 atlet jetski dari berbagai negara bakal berpartisipasi dalam gelaran Aquabike World Championship 2023 yang perdana digelar di Danau Toba mulai 22 hingga 26 November mendatang.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 31 Okt 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2023, 18:00 WIB
Aquabike World Championship
Ajang Aquabike World Championship 2023 perdana dihelat di Danau Toba pada 22-26 November 2023 dan akan menghadirkan 128 riders dari 20 lebih negara. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Liputan6.com, Jakarta Total 128 atlet jetski dari berbagai negara bakal berpartisipasi dalam gelaran Aquabike World Championship 2023 yang perdana digelar di Danau Toba mulai 22 hingga 26 November mendatang.

Sebanyak 118 riders yang memanaskan persaingan akan berasal dari negara-negara di luar Indonesia, sementara 10 riders sisanya merupakan local heroes dari dalam negeri.

Direktur Marketing InJourney Maya Watono selaku penyelenggara Aquabike World Championship mengeklaim, perhelatan yang berlangsung akhir tahun ini bakal mengukir sejarah baru di Danau Toba.

Pasalnya, tak hanya menandai kali pertama terselenggaranya ajang di danau vulkanis terbesar dunia, Aquabike World Championship juga berhasil menciptakan kolaborasi perdana antara empat kabupaten di Danau Toba.

"Ini momen luar biasa, suatu momen yang pertama kali dalam sejarah. Tidak hanya pertama kali Aquabike Jetski World Championship diadakan di Danau Toba, tetapi kolaborasi yang luar biasa dari 4 kabupaten yang tidak pernah terjadi dalam sejarah," ujarnya dalam konferensi pers peluncuran Aquabike World Championship di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Harapan kami, ini bisa terus bertambah sampai akhirnya kita bisa seluruh kabupaten di Toba, 8 kabupaten kita bersatu dengan united spirit of Lake Toba sebagai danau vulkanis terbesar di dunia," tambah Maya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perebutkan 4 Cup dan 2 Championship

Aquabike World Championship 2023
Konferensi pers peluncuran Aquabike World Championship 2023 Danau Toba turut dihadiri oleh Menpora Dito Ariotedjo serta Menparekraf Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Secara spesifik, Maya Watono menjelaskan akan ada 4 cup dan 2 championship yang sepanjang 5 hari pelaksanaan kompetisi. Adapun ajang ini akan mengambil lokasi mulai dari Kabupaten Karo, Dairi, Samosir, hingga beranjak ke Balige.

"Untuk detail acaranya sendiri, kita akan ada 5 hari dengan 5 kategori: ada roundabout, ski GP, freestyle, parallel slalom, endurance, dan juga ada special ski ladies, dan evening slalom," papar Maya selaku Direktur Marketing InJourney.

"Terkait lokasi acara, ini memang luar biasa, dari utara ke selatan, mulai dari Karo Cup, Dairi Cup, Samosir Cup, dan Balige Cup. Jadi akan ada 4 cup yang diperebutkan dan 2 championship: endurance dan circuit championship di 4 daerah selama 5 hari," katanya lagi.


Jadwal Kedatangan Riders

Danau Toba
Pemandangan Danau Toba dari Bukit Holbung (Reza Efendi/Liputan6.com

Sementara itu terkait jadwal, para riders diagendakan mulai bertolak ke Tanah Air pada 18 November mendatang. Logistik akan lebih dulu dikirim dalam rentang dua minggu ke depan, sementara ajang baru bakal bergulir mulai 22 November 2023.

"Riders-nya tadi 118 riders internasional, 10 local heroes yang akan kami umumkan. Untuk 118 (riders asing) sudah dikonfirmasi dengan 77 untuk circuit, 41 untuk endurance, dari 22 negara," jelas Maya.

"Logistik akan mulai berdatangan dalam 2 minggu ke depan, terbang ke Samosir dan Balige, sementara para pembalap akan mulai berdatangan di tanggal 18 November, untuk memulai pertandingan di tanggal 22-26 November," tandasnya.


Acara Pendukung Aquabike World Championship

Tak hanya menggelar kompetisi resmi, InJourney selaku penyelenggara Aquabike World Championship juga telah menyiapkan acaara pendukung berupa dragon boat competition.

Agenda ini nantinya akan melibatkan perwakilan dari 8 kabupaten di Danau Toba serta mendatangkan selebritas untuk turut ambil bagian dalam tiap-tiap kapal.

"Untuk side event, kami akan menggelar dragon boat competition untuk 8 kabupaten. Ini juga pertama kali kita adakan, semoga ke depannya tidak hanya jadi side event tetapi juga regular event di Toba," ucap Maya.

"Kami juga akan mengundang beberapa selebritas, di mana nanti di setiap boat kabupaten ada selebritas riders-nya. Kemudian dari masing-masing kabupaten juga menyiapkan side event sendiri setelah bekerja sama dengan kami selama satu bulan terakhir untuk mengkurasi," tutup dia.

Sekadar informasi, Aquabike World Championship menjadi kali kedua Danau Toba menggelar ajang internasional tahun ini. Sebelumnya, danau vulkanik terbesar dunia itu juga sempat menggelar F1 Powerboat pada 25-26 Februari lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya