Belanda Berjudi di Piala Eropa 2024, Bawa 2 Bintang yang Tengah Cedera

Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman mengambil langkah berani dengan memasukkan Frenkie de Jong dan Memphis Depay dalam skuad untuk Piala Eropa 2024 di Jerman. Kedua nama tersebut sedang dilanda cedera.

oleh Rossa Izza Amalia diperbarui 31 Mei 2024, 00:01 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 00:01 WIB
Frenkie de Jong - Barcelona - Manchester United - 14 Agusuts 2022
Gelandang Barcelona Frenkie de Jong  telah memberi tahu rekan setimnya di Barcelona bahwa dia bisa bergabung dengan Manchester United atau MU sebelum jendela transfer musim panas ditutup. (Pau BARRENA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman mengambil langkah berani dengan memasukkan Frenkie de Jong dan Memphis Depay dalam skuad untuk Piala Eropa 2024 di Jerman. Kedua nama tersebut sedang dilanda cedera. 

Namun, dengan anggota skuad kini bisa berjumlah 26 pemain dari sebelumnya 23, Koeman melihat ini sebagai risiko yang pantas diambil dalam usaha merebut gelar kedua sejak 1988.

Frenkie De Jong dan Depay, yang merupakan pemain kunci dalam tim, tetap dimasukkan dalam daftar pemain terakhir. Koeman optimis De Jong akan siap untuk pertandingan pembuka melawan Polandia pada 16 Juni 2024, meskipun masih ada keraguan tentang seberapa banyak waktu bermain yang bisa diberikan kepada gelandang andalan tersebut.

"Frenkie kemungkinan besar akan tersedia untuk pertandingan pertama kami," ujar Koeman dalam konferensi pers. "Namun, kami masih harus melihat berapa lama dia bisa bermain di lapangan."

Keputusan ini menunjukkan keyakinan Koeman pada kemampuan dan pengalaman dua pemain kunci tersebut. Walau De Jong dan Depay kemungkinan tidak bisa merumput saat turnamen dimulai, dia melihat pengalaman mereka bisa memberi kontribusi signifikan bagi tim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beberapa Pemain Absen Akibat Cedera

Liga Champions PSG vs Borussia Dortmund
Penyerang PSG #10 Ousmane Dembele (kiri) menembak ke arah gawang di depan bek Dortmund #22 Ian Maatsen (tengah) pada laga leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024 di Parc des Princes, Rabu dini hari WIB (8/5/2024). (Miguel MEDINA / AFP)

Di tengah hadirnya De Jong dan Depay, sejumlah pemain lain menghilang dari De Oranje. Salah satunya adalah bek kiri Ian Maatsen yang tampil gemilang dengan membawa Borussia Dortmund mencapai final Liga Champions.

Selain itu, Quinten Timber,  Nick Olij, dan Marten de Roon turut menghilang meski nama terakhir berhalangan karena cedera. Menghilangnya De Roon membuka peluang bagi pemain Liverpool, Ryan Gravenberch, untuk kembali ke timnas setelah lebih dari setahun absen.

 


Skuad Belanda untuk Euro 2024

Ilustrasi - Virgil van Dijk, Frenkie de Jong, Cody Gakpo Belanda
Ilustrasi - Virgil van Dijk, Frenkie de Jong, Cody Gakpo Belanda (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Kiper: Justin Bijlow (Feyenoord), Mark Flekken (Brentford, Inggris), Bart Verbruggen (Brighton)

Belakang: Nathan Ake (Manchester City, Inggris), Daley Blind (Girona FC, Spanyol), Stefan de Vrij (Inter Milan, Italia), Lutsharel Geertruida (Feyenoord), Denzel Dumfries (Inter Milan, Italia), Matthijs de Ligt (Bayern Munich, Jerman), Jeremy Frimpong (Bayer Leverkusen, Jerman), Micky van de Ven (Tottenham Hotspur, Inggris), Virgil van Dijk (Liverpool, Inggris)

Tengah: Frenkie de Jong (Barcelona), Ryan Gravenberch (Liverpool), Teun Koopmeiners (Atalanta), Tijjani Reijnders (AC Milan), Jerdy Schouten (PSV Eindhoven), Xavi Simons (RB Leipzig), Joey Veerman (PSV Eindhoven), Georginio Wijnaldum (Al Ettifaq)

Depan: Steven Bergwijn (Ajax), Brian Brobbey (Ajax), Memphis Depay (Atlético Madrid), Cody Gakpo (Liverpool), Donyell Malen (Borussia Dortmund), Wout Weghorst (TSG Hoffenheim, Jerman).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya